Monday, August 27, 2018

√ Cara Menghitung Data Dengan 2 Kriteria Yang Sesuai Dengan Memakai Rumus Countifs

Excel-ID | Kembali dengan artikel gres saya dan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghitung data yang mempunyai 2 kriteria memakai rumus fungsi COUNTIFS. Rumus ini akan menghitung lebih dari 1 kriteria sedangkan kalau Anda akan menghitung hanya satu kriteria saja maka silakan gunakan rumus COUNTIF dan apabila Anda akan menghitung jumlah data silakan gunakan rumus COUNTA.

Rumus-rumus COUNTIF dan COUNTA sudah pernah saya bahas sebelumnya silakan Anda baca-baca goresan pena saya yang lain di blog excel ini. Pembahasan kali yaitu penggunaan rumus COUNTIF untuk memilih jumlah dengan kriteria yang cocok.

Bagaimana penggunaan rumus COUNTIFS dalam Ms. Excel?

Baiklah berikut saya coba skrinsut referensi penggunaannya dalam bentuk Excel worksheet.


Coba Anda perhatikan referensi diatas saya mempunyai data yang terdiri dari nama-nama kota anggap saja kota-kota tersebut sedang melaksanakan update data dan update data tersebut dilakukan beberapa kali sehingga ada saya tampilkan data bulan berikut dengan jumlah data yang masuk untuk setiap kali kota tersebut update entri datanya.

Baca:
Cara menciptakan rumus untuk mencari/menghitung nilai unik

Untuk memilih jumlah item (kota) Anda sanggup gunakan rumus COUNTA sehingga akan menghasilkan angka 5 alasannya yaitu jumlah data untuk terdiri dari 5, sedangkan untuk memilih jumlah total untuk kota Majalengka terjadi 3 kali update maka Anda gunakan rumus CONUTIF silakan tuliskan rumusnya =COUNTIF(D3:D7;"Majalengka")

Dan untuk memilih berapa jumlah total majalengka yang telah melaksanakan update lebih dari 60 data? Maka Anda gunakan rumus CONUTIFS nam bagaimana penulisan rumus COUNTIFS tersebut?

Syntax penulisan rumus COUNTIFS adalah
=COUNTIFS(range1,critera1,range2,critera2)

Maka dengan mengetahui format penulisan rumus diatas kita sanggup menerapkan pada kondisi referensi soal adalah

=COUNTIFS(D3:D7;"Majalengka";F3:F7;">60")

Hasilnya : 1
Karena untuk kota Majalengka yang melaksanakan entri data yang lebih dari 60 yaitu 1 yaitu pada bulan Maret 2017.

Simak:
Bagaimana cara menjumlahkan data menurut kelompok data
Sumber http://www.excel-id.com/