Wednesday, May 9, 2018

√ Tipe Dan Ciri Umum Komentar Spam Pada Website Dan Blog

Popularitas internet cukup umur ini semakin tinggi. Angka pengguna internet dari waktu ke waktu selalu mengalami pertumbuhan. Tak sanggup dipungkiri bahwa perkembangan jumlah website dan blog sejalan dengan perkembangan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat. Makin terkenal dan banyaknya website dan blog menjadikannya sebagai salah satu sasaran tindakan spamm1ng. Salah satunya ialah melalui kolom isian komentar.


Mudahnya pengguna untuk “submit” komentar disalah gunakan untuk melaksanakan spam. Penggunaan bot-spam atau spambot juga memperparah aktifitas spamm1ng sebab sanggup memasukkan komentar pada beberapa website sekaligus. Spam pada kolom komentar dilakukan untuk tujuan yang bermacam-macam. Backlink, iklan, dan promosi ialah tujuan paling banyak pada komentar spam. Lalu apa saja tipe dan ciri-ciri komentar yang sanggup dikategorikan sebagai spam pada website atau blog?.


Popularitas internet cukup umur ini semakin tinggi √ Tipe dan Ciri Umum Komentar Spam pada Website dan Blog


1. Komentar tidak Sesuai Topik Bahasan / Artikel


Kolom komentar disediakan oleh webmaster atau blogger tentunya sebagai wadah diskusi biar pengunjung sanggup menanggapi topik atau tema artikel yang sedang dibahas. Dengan demikian sanggup terjadi komunikasi 2 arah yang berkesinambungan. Webmaster maupun blogger juga bisa menanggapi kembali komentar yang muncul, bahkan pengunjung lain bisa juga ikut menanggapi.


Namun kalau komentar sudah keluar dari topik atau tema atau banyak yang menyebut dengan istilah OOT (Out Of Topic) maka tidak ada hubungan atau kesinambungan antara isi posting dengan komentar. Webmaster ataupun pemilik blog juga akan gundah dalam mengatakan respon. Misalnya topik bahasan perihal kesehatan bayi, namun komentar malah perihal permasalahan Handphone, tentunya akan jauh sekali kolerasinya.


Biasanya banyak sekali pengunjung yang berkomentar hanya basa-basi atau membahas topik lain atau bahkan hanya menyapa webmaster atau pemilik blog melalui kolom komentar pada artikel. Harusnya kalau ingin melaksanakan hal tersebut bukan pada komentar mengenai posting suatu topik, namun biasanya blogger atau webmaster yang baik akan menyediakan halaman khusus biar sanggup menghubungi dirinya, nhah, halaman itulah yang harusnya sanggup dimanfaatkan untuk menghubungi webmaster atau pemilik blog dan membahas topik lain atau sekedar menyapa dan basa-basi, bukan pada artikel mengenai tema tertentu. Hal ini mengapa komentar menyerupai ini sanggup dikategorikan sebagai spam.


2. Berisi Promosi atau Iklan


Target promosi atau iklan biasanya ialah spot-spot yang banyak dilihat orang, internet dalam hal ini webpage dan blog salah satunya. Komentar kesudahannya menjadi salah satu sasaran empuk untuk tukang iklan. Iklan yang ditawarkan bahkan banyak yang tidak bekerjasama dengan topik artikel yang dibahas. Penjual obat atau pakaian misalnya, banyak sekali yang mengatakan produknya lewat komentar pada artikel yang bekerjasama dengan komputer atau internet yang sangat tidak relevan.


Komentar promosi atau iklan yang muncul tentu akan dibaca oleh pengunjung lain. Para pengiklan juga tidak segan untuk membayar jasa orang lain untuk mengatakan produknya leawat komentar pada blog ini. Tak jarang komentar promosi atau iklan ini dilakukan secara berkali-kali pada web/blog dan artikel yang sama. Hal ini yang menyebabkab sebagian besar komentar yang berisi iklan atau promosi tergolong sebagai spam.


3. Posting Komentar yang Sama Berkali-Kali


Jelas sekali ciri ini masuk dalam kategori spam. Tipe spam ini banyak dilakukan dengan memakai bot, dan biasanya hanya berkomentar basa-basi saja menyerupai “posting yang bagus”, “nice post”, dan tipe-tipe komentar sejenisnya, biasanya tipe komentar menyerupai ini hanya bertujuan untuk mencari backlink saja, tentunya banyak menyerang blog-blog yang menerapkan sistem link dofollow.


Jika komentar yang menyerupai muncul 2 atau 3 kali mungkin masih belum sanggup dikategorikan spam, kemungkinan dikala mengirim komentar koneksi mengalami gangguan sehingga komentar terkirim 2 kali. Namun kalau spam, komentar yang menyerupai akan banyak dan biasanya dilakukan secara membabi buta, dan link yang ditanamkan sanggup seragam maupun berbeda-beda untuk tiap komentar.


4. Menyisipkan Beberapa Link dalam 1 Komentar


Ini yang sering dan banyak ditemui dan muncul dalam komentar. Tujuannya terang ialah menanamkan backlink untuk beberapa halaman web sekaligus. Kemampuan komentar untuk menampilkan isyarat HTML dimanfaatkan pelaku spam untuk menanamkan banyak link sekaligus dalam sekali komentar. Para webmaster dan blogger terutama platform wordpress yang tidak memakai plugin filter spam menyerupai akismet tentu akan cukup kerepotan dalam mengelola komentar spam tipe ini.


5. Menggunakan Keyword dalam Isian Nama


Kata kunci merupakan hal penting dalam SEO terutama dikala bersangkutan dengan backlink yang berkualitas. Kolom nama yang seharusnya diisi nama komentator justru diisi dengan keyword atau kata kunci. Hal ini dikarenakan dalam display komentar, kolom nama akan dihubungkan (link) dengan isian kolom webpage atau situs sehingga sanggup menjadi sebuah backlink.


6. Hanya Mengisi Link dan Kata Kunci sebagai Komentar


Kembali lagi, fitur HTML pada komentar banyak dimanfaatkan untuk mmembuat backlink. Jika disertai komentar yang relevan dan sesuai dengan topik serta juga link yang disertakan juga berhubungan, maka akan menjadi backlink yang baik. Namun, banyak yang menyalahgunakan komentar dengan hanya berkomentar dengan kata kunci kemudian diberikan link tanpa komentar yang relevan sehingga hanya menjadi spam saja. Tipe komentar menyerupai ini bekerjsama tidak ada salahnya, namun alangkah baiknya kalau disertakan pula pendapat atau komentar mengenai topik bahasan artikel atau posting, bukan hanya keyword saja.


7. Isi Komentar Mengandung Karakter Terlalu Sedikit atau Terlalu Banyak


Komentar spam biasanya yang diisikan user insan biasanya hanya berisi kata-kata basa-basi saja sehingga hanya terdapat beberapa abjad saja menyerupai teladan “nice artikel” atau “Keep Posting”. Tentunya hal demikian hanya mengindikasikan bahwa komentator hanya ingin menanam baclink saja dan bukan membaca atau memahami serta menanggapi isi artikel.


Ciri lain ialah memakai terlalu banyak abjad sehingga komentar yang tampil menjadi komentar yang sangat panjang. Komentar menyerupai ini biasanya disertai dengan menyisipkan beberapa link sekaligus dalam komentar tersebut sehingga abjad dan tampilan menjadi banyak dan memakan tempat. Tipe komentar menyerupai ini biasanya dikirim oleh bot-spam biar sanggup dengan cepar menanam backlink sehingga tidak repot-repot lagi. Komentar spam menyerupai ini juga tentunya memanfaatkan dan memakai isyarat HTML biar sanggup menampilkan link. Platform blog wordpress sangat banyak sekali diserang dengan komentar-komentar spam tipe ini.


8. Lain-Lain


Tipe lain komentar spam masih mungkin ditemukan. Perkembangan platform blog dan website serta teknologi algoritma mesin pencari menciptakan tipe-tipe gres komentar pada blog dan website akan terus bermunculan. Bagi para webmaster dan blogger hendaknya mempunyai taktik sendiri dalam management komentar biar dalam website atau blognya tidak dijadikan sarang ataupun sasaran komentar spam.


Target komentar spam bukan hanya satu atau dua platform blog saja, namun juga hampir semua blog dan website yang menyediakan kolom isian komentar. WordPress, blogger, drupal, maupun platform web lain gampang sekali diserang spam. Apalagi kalau blog atau web tersebut menerapkan sistem link dofollow, komentar spam akan sering muncul. Perlu adanya penanganan dan management komentar yang baik biar spam pada komentar tidak mengganggu.






Popularitas internet cukup umur ini semakin tinggi √ Tipe dan Ciri Umum Komentar Spam pada Website dan Blog

Related Posts:


Sumber aciknadzirah.blogspot.com