Sunday, May 6, 2018

√ Pengertian Supervisi Manajerial




Supervisi ialah aktivitas professional yang dilakukan oleh pengawas Sekolah dalam rangka membantu kepala Sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Supervisi ditujukan pada dua aspek  yakni: manajerial dan akademik. Supervisi manajerial menitik beratkan pada pengamatan pada aspek-aspek pengelolaan dan manajemen Sekolah yang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran.

Dalam Panduan Pelaksanaan Tugas Pengawas Sekolah/Madrasah (Direktorat Tenaga Kependidikan, 2009:20) dinyatakan bahwa supervisi manajerial ialah supervisi yang berkenaan dengan aspek pengelolaan Sekolah yang terkait pribadi dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas Sekolah yang meliputi perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, penilaian, pengembangan kompetensi sumberdaya insan (SDM) kependidikan dan sumberdaya lainnya. 


Supervisi ialah aktivitas professional yang dilakukan oleh pengawas Sekolah dalam rangka m √ Pengertian Supervisi Manajerial





Dalam melakukan fungsi supervisi manajerial, pengawas Sekolah/madrasah berperan sebagai: 


  1. Kolaborator dan negosiator dalam proses perencanaan, koordinasi, pengembangan manajemen Sekolah,

  2. Asesor dalam mengidentifikasi kelemahan dan menganalisis potensi Sekolah, 

  3. Pusat gosip pengembangan mutu Sekolah, dan 

  4. Evaluator terhadap pemaknaan hasil pengawasan.




Sumber https://www.asikbelajar.com