AsikBelajar.Com – Taksonomi ialah penjabaran atau pengelompokan benda berdasarkan ciri-ciri tertentu. Taksonomi dalam bidang pendidikan, dipakai untuk penjabaran tujuan instruksional; ada yang menamakannya tujuan pembelajaran, tujuan penampilan, atau target belajar, yang digolongkan dalam tiga penjabaran umum atau ranah (domain), yaitu: (1) ranah kognitif, berkaitan dengan tujuan berguru yang berorientasi pada kemampuan berpikir; (2) ranah afektif berafiliasi dengan perasaan, emosi, sistem nilai, dan perilaku hati); dan (3) ranah psikomotor (berorientasi pada keterampilan motorik atau penggunaan otot kerangka). Saat ini dikenal banyak sekali macam taksonomi tujuan instruksional yang diberi nama berdasarkan penciptanya, misalnya: Bloom; Merill dan Gagne (kognitif); Krathwohl, Martin & Briggs, dan Gagne (afektif); dan Dave, Simpson dan Gagne (psikomotor).
Taksonomi Bloom ranah kognitif merupakan salah satu kerangka dasar untuk pengkategorian tujuan-tujuan pendidikan, penyusunan tes, dan kurikulum. Tingkatan taksonomi Bloom yakni: (1) pengetahuan (knowledge); (2) pemahaman (comprehension); (3) penerapan (application); (4) analisis (analysis); (5) sintesis (synthesis); dan (6) penilaian (evaluation). Tingkatan-tingkatan dalam taksonomi tersebut telah dipakai hampir setengah kurun sebagai dasar untuk penyusunan tujuan-tujuan pendidikan, penyusunan tes dan kurikulum. Revisi dilakukan terhadap Taksonomi Bloom, yakni perubahan dari kata benda (dalam Taksonomi Bloom) menjadi kata kerja (dalam taksonomi revisi). Perubahan ini dibentuk supaya sesuai dengan tujuan-tujuan pendidikan. Tujuan-tujuan pendidikan mengindikasikan bahwa siswa akan sanggup melaksanakan sesuatu (kata kerja) dengan sesuatu (kata benda). Revisi dilakukan oleh Kratwohl dan Anderson, taksonomi menjadi: (1) mengingat (remember); (2) memahami (understand); (3) mengaplikasikan (apply); (4) menganalisis (analyze); (5) mengevaluasi (evaluate); dan (6) mencipta (create).
Bahan dari artikel jurnal yang berjudul: Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian.
Oleh: Imam Gunawan ialah Dosen Program Studi PGSD FIP IKIP PGRI Madiun dan Anggarini Retno Palupi ialah Mahasiswa Program Studi PGSD FIP IKIP PGRI Madiun
Bahan jurnal lengkap silakan d0wnl0ad klik disini
Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi yang membutuhkan. Silakan menawarkan komentarnya untuk berkomentar dan saran, trims.
Keyword terkait: revisi taxonomi Bloom, revisi taksonomi Bloom ranah kognitif, revisi taksonomi Bloom Krathwohl, revisi taksonomi Bloom berdasarkan Anderson
Sumber https://www.asikbelajar.com