Monday, August 27, 2018

√ Teladan Penggunaan Rumus Sum, Sumif Dan Sumifs Untuk Penjumlahan Multiple Kriteria

Rumus SUMIFS, rumus SUMIF, dan SUM memang berbeda dalam hal penggunaan di Ms. Excel namun tentunya dalam berlogika ketiga rumus diatas tidaklah jauh berbeda dan mempunyai kesamaan yaitu untuk menjumlahkan. Penjumlahan disini tentunya akan berbeda diantara penggunaan rumus SUM, SUMIF dan SUMIFS.

Oke mari kita coba untuk rumus SUM. Rumus ini sering dipake dalam acara sehari-hari tentunya yang berafiliasi dengan Excel  bagaimana fungsi rumus SUM untuk menjumlahkan sudah perah aku bahas dan untuk contohnya aku kira banyak dan rumus dasar ini juga pernah kita pelajari pada ketika duduk di dingklik Sekolah Menengah Pertama atau bahkan mungkin SMA. Karena rumus ini sangat fundamental tentunya Anda harus sudah bisa menciptakan dan menuntaskan tanpa mengikuti panduan.



Untuk rumus SUMIF dipakai untuk menjumlahkan data sesuai dengan kriteria. Artinya sistem atau rumus excel tersebut hanya akan menjumlahkan dengan kriteria tertentu yang kita masukan ke dalam rumus tersebut. Mari kita coba contohnya menyerupai berikut

=SUMIF(F4:F9;"Kumplit";E4:E9) maka karenanya 190 coba Anda hitung dan jumlahkan secara manual untuk status order Kumplit. Untuk mengecek kebenaranya silakan jumlahkan 90+50+50 dan ketiga data tersebut mempunyai status kumplit maka karenanya ialah 190. Lalu bagaimana kalau Anda akan menjumlahkan berapa jumlah seluruh data yang mempunyai status pending? Silakan Anda tuliskan rumus =SUMIF(F4:F9;"Pending";E4:E9) maka karenanya ialah 100.

Bagaimana memakai rumus SUMIFS

Nah, ini yang aku kira rumusnya aga sedikit rumit namun, kalau Anda sudah menguasai logikanya aku kira tidak masalah. Seperti telah aku uraikan diatas bahwa rumus SUMIFS dipakai untuk menghitung data dengan multiple kriteria (kriteria lebih dari 1) dan pada kasus ini contohnya aku akan memilih 2 buah kriteria yaitu Pending dan Dibatalkan. Makara Anda akan mencari berapa jumlah total order untuk data yang mempunyai kriteria "Pending" dan "Dibatalkan"

Setelah Anda memilih kriteria sekarang saatnya Anda menuliskan rumus maka silakan tuliskan di status pending dan dibatalkan =SUM(SUMIFS(E4:E9;F4:F9;{"Pending";"Dibatalkan"})) maka karenanya ialah 130

Jika kita logikakan bahawa rumus diatas akan menjumlahkan dengan fungsi SUM dan penjumlahan tersebut mempunyai syarat kriteria yaitu Pending serta DIbatalkan. dan silakan jumlahkan secara manual untuk mengecek kebenaran rumus yang Anda tuliskan diatas.

Oke, demikian tutorial penggunakan rumus SUM, SUMIF dan SUMIFS untuk memilih jumlah menurut multiple kriteria. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/