Monday, August 27, 2018

√ 6 Teladan Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Benar

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris – Di dalam kehidupan keseharian, tentu tanggal tidak akan pernah dapat dilepaskan. Fungsi dari tanggal yang utama tentu sebagai penunjuk hari, bulan sampai tahun. Di Indonesia sendiri penulisan tanggal umumnya memakai satu format yakni tanggal, bulan kemudian diikuti tahun, contohnya saja 17 Agustus 1945. Namun, perlu diketahui jikalau penulisan tanggal dalam bahasa Inggris mempunyai formatnya sendiri. Format ini pun ternyata juga bukan hanya satu.


Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar


Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di ratusan negara dunia. Tidak heran jikalau pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia sendiri sudah dimulai semenjak tingkatan awal sekolah. Tak hanya mencar ilmu cara berbicara, tapi cara menulis termasuk juga cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris juga harus diketahui.










































Contoh FormatBritish: Day – Month – YearAmerican: Month – Day – Year
Format 1the Sixteenth of July, 2020July the Sixteenth, 2020
Format 221th July 202021th July 2020
Format 321 July 2020July 21, 2020
Format 421/7/20207/21/2020
Format 521/7/207/21/20
Format 621/07/2007/21/20

Dalam bahasa Inggris, gotong royong ada dua format utama untuk penulisan tanggal yakni format Bristish dan American. Namun, kedua format itu pun terbagi lagi menjadi beberapa format dimana diubahsuaikan dengan tujuan penulisan tanggal tersebut yaitu:


 tentu tanggal tidak akan pernah dapat dilepaskan √ 6 Contoh Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar




  1. Format penulisan untuk kebutuhan formal




Format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang pertama ini biasa ditujukan untuk digunakan di aneka macam surat resmi contohnya surat undangan, surat dinas dan masih banyak lagi. Contohnya:


British: The Eleven of November, 2018


American: November the Eleven, 2018




  1. Format penulisan secara umum lengkap




Cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris yang satu ini ialah yang paling sering digunakan untuk kehidupan keseharian. Berikut ini pola cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris untuk keseharian:


British: 15th February, 2018


American: February 15th, 2018




  1. Format penulisan secara umum biasa




Selanjutnya ialah cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dengan format keseharian biasa. Cara ini seolah-olah dengan cara kedua tadi, namun tidak begitu lengkap alasannya tanpa imbuhan st, nd dan th. Format ini pun seolah-olah yang banyak digunakan di Indonesia. Penulisan tanggal lahir dalam bahasa Inggris juga dapat dilakukan dengan format ini. Contohnya:


British: 10 April 2018


American: April 10, 2018




  1. Format penulisan untuk surat tidak formal dan dokumen tertentu




Berbeda dengan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris pada surat formal undangan, biasanya penulisan ini digunakan untuk memo sampai surat yang bekerjasama dengan surat pribadi dan surat pemberitahuan yang sifatnya tidak begitu formal. Selain itu format yang satu ini juga banyak digunakan untuk penulisan tanggal di sebuah dokumen baik dokumen resmi ataupun tidak. Berikut ini contohnya:


British: 10/5/2018


American: 5/10/2018




  1. Format penulisan untuk dokumen khusus




Selanjutnya ialah format untuk penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan untuk dokumen secara khusus. Banyak juga yang memakai format ini untuk penulisan tanggal di surat seruan pernikahan, rapat dan lainnya. Bisa dibilang format ini ialah format tambahan sehingga memang agak jarang untuk digunakan. Contohnya:


British: Monday, Sep 10th 2018


American: Monday, September 10th 2018




  1. Format khusus




Ada juga penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang khusus digunakan dalam momen tertentu. Di setiap tahun, tentu ada tanggal penting dan hari khusus. Misalnya ketika hari Natal dan Tahun Baru. Format terakhir ialah dengan pribadi menyebutkan pada nama harinya saja contohnya Valentine Day, Christmas Day, Eid Mubarak Day dan hari Istimewa lainnya.


Baca juga : Translate bahasa jawa


Itulah beberapa cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui. Kini Anda sudah dapat menulis tanggal dalam bahasa Inggris sesuai dengan tujuannya secara tepat. Semoga dengan adanya artikel mengenai penulisan tanggal dalam bahasa inggris diatas dapat memperlihatkan nilai positif untuk sobat sahabat semuanya. Selamat belajar!


Hasil Pencarian:

penulisan tanggal dalam bahasa inggris,cara penulisan tanggal dalam bahasa inggris,Contoh cara menulis tanggal jadian,penulisan har tanggal bulan dan tahun,penulisan hr tgl dlm bhs ingg,penulisan tanggal surat dalam bahasa inggris


Sumber aciknadzirah.blogspot.com