Wednesday, August 29, 2018

√ Rumus Menghitung Jumlah Data Bersyarat Dengan Countif

Selamat malam sahabat Excel-ID, Di dalam pelajaran matematika tentu pernah Anda mendengar berapa jumlah data yang mempunyai kriteria tertentu dalam sebuah kelompok data. Nah di Excel juga sanggup dikerjakan artinya data kelompok tersebut merupakan data range dan maksudnya bersyarat disini yaitu mempunyai kriteria tertentu dimana user sanggup memilih sendiri.

Baca:
Rumus Countif untuk menghitung jumlah data pria dan wanita

Rumus COUNTIF sanggup Anda gunakan unruk problem ini. Misalnya aku mempunyai beberapa urutan data yaitu sebagai berikut 20, 78, 48, 50, 51, 55. Dari data diatas akan aku entrikan kedalam masing masing cell dimulai dari A1 hingga dengan A6 atau dengan kata lain range A1:A6. Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel berupa gambar excel berikut ini.


Nah, kita telah mempunyai tabel data angka menyerupai terlihat pada gambar diatas, Kita akan mencari berapa jumlah data yang kurang dari 50.

Untuk memilih atau menuntaskan problem diatas kita mempunyai syarat yaitu kurang dari 50 jadi untuk menghitung nya kita gunakan rumus COUNTIF bersyarat.

=COUNTIF(A1:A6,"<50")
Hasilnya yaitu 2


Kenapa karenanya 2? Rumus ini menghasilkan angka 2 alasannya yaitu dari rangkaian data diatas yang kurang dari 50 sebanyak 2 yaitu angka 20, dan angka 48 sedangkan angka 50 bukan termasuk kurang dari 50 secara logika. Angka 50 merupakan angka yang sama dengan ketentuan atau syarat diatas. bagaimana bila rumusnya aku rubah menjadi kurang dari atau sama dengan?

Silakan ketikan rumusnya menjadi
=COUNTIF(A1:A6,"<=50")
Maka karenanya yaitu 3

Ketentuan atau syarat diatas tidak sanggup memakai alamat cell alasannya yaitu syarat yang dimaksud disini yaitu mempunyai type text. Tidak percaya? silakan buktikan sendiri.

Simak juga:
Rumus COUNTIF untuk Mencari Duplikasi Data

Misalnya aku akan memasukan rumus =COUNTIF(A1:A6,"<D1") dan data bersyarat akan aku tuliskan pada cell D1 dan karenanya yaitu 0 alasannya yaitu alamat cell D1 akan dibaca sebagai text.

Oke, itulah bagaimana cara menghitung jumlah data bersyarat dengan memakai rumus fungsi COUNTIF. Semoag bermanfaat dan selama mencoba.
Sumber http://www.excel-id.com/