Wednesday, July 4, 2018

√ Menampilkan Script Atau Source Code Pada Posting Di Wordpress

WordPress merupakan CMS yang sudah lazim dipakai para blogger. Baik yang self hosted ataupun di wordpress.com. Dalam menciptakan artikel pun sudah sangat dimanjakan dengan fitur visual editingnya yang cukup lumayan.


Ketika kita menciptakan artikel perihal pemrograman, kita tentu perlu menampilkan script. Terutama script html, css, php, dan sejenisnya. Namun, bila kita tulis dengan editor visual wordpress, maka script tersebut akan tertampil dan terformat menyerupai text biasa. Untuk itu dibutuhkan sedikit pengeditan dengan beralih dari mode editor visual ke mode pengeditan text.


WordPress merupakan CMS yang sudah lazim dipakai para blogger √ Menampilkan Script Atau Source Code Pada Posting Di WordPress


Sebagai catatan sebelum masuk ke caranya, beberapa huruf dalam mode visual akan terconvert menjadi kombinasi huruf lain dalam mode text. Tapi jangan khawatir, anda cukup menambahkan kodenya saja, huruf yang terconvert biarkan saja.


Admin mencontohkan dengan 1 script code sederhana berikut.


<meta name=”description” content=”DESKRIPSI BLOG ANDA” />


dalam mode text akan tertampil menjadi:


&lt;meta name=”description” content=”DESKRIPSI BLOG ANDA” /&gt;


Script diatas belum dilakukan pengeditan sehingga masih tertampil menyerupai text biasa. Lalu bagaimana caranya biar sanggup tertampil beda? terdapat beberapa cara, namun disini admin hanya memperlihatkan 2 cara.


Cara Pertama


Yaitu dengan memakai arahan textarea, kodenya adalah:


<textarea rows=”2″ cols=”60″>
SCRIPT KODE ATAU TEXT ANDA DISINI
</textarea>

Anda sanggup memasukkan input “rows” dan “cols” sesuai kebutuhan anda. Rows memperlihatkan jumlah barisnya, dan Cols memperlihatkan lebarnya. Lalu kita masukkan script dari pola dalam arahan tersebut:


<textarea rows=”2″ cols=”60″>
&lt;meta name="description" content="DESKRIPSI BLOG ANDA" /&gt;
</textarea>

maka kesudahannya adalah:



Cara Kedua


Dengan memakai arahan <pre>, kodenya adalah:


<pre>SCRIPT KODE ATAU TEXT ANDA DISINI</pre>

Langsung kita masukkan pola script pada kode


<pre>&lt;meta name="description" content="DESKRIPSI BLOG ANDA" /&gt;</pre>

maka kesudahannya adalah:


<meta name="description" content="DESKRIPSI BLOG ANDA" />

Bagaimana? berbeda bukan? Tinggal pilih arahan mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Saran dari admin, bila scriptnya pendek gunakanlah cara kedua, namun bila scriptnya panjang silahkan gunakan cara pertama dengan area yang diubahsuaikan biar tidak terlalu panjang posting anda.






WordPress merupakan CMS yang sudah lazim dipakai para blogger √ Menampilkan Script Atau Source Code Pada Posting Di WordPress

Related Posts:


Sumber aciknadzirah.blogspot.com