Wednesday, May 9, 2018

√ Proses Pengambilan Keputusan


Agar individu mencapai hasil yang maksimal  maka proses pengambilan keputusan harus  rasional.  Model  pengambilan  keputusan  rasional  melalui  enam  langkah,  yaitu  (1) menetapkan masalah, (2) mengidentifikasi kriteria keputusan, (3) mengalokasikan bobot pada kriteria, (4) megembangkan alternatif, (5) mengevaluasi alternatif, dan (6) menentukan alternatif yang terbaik.

 Menurut Robbins, model  pengambilan keputusan rasional di  atas didasarkan atas beberapa asumsi, yaitu (1) kejelasan dilema dan masalahnya tidak mendua, (2) pilihan- pilihan diketahui, yaitu semua kriteria sanggup diidentifikasi dan disadari konsekuensinya, (3) pilihan yang jelas, yaitu kriteria dan alternatif sanggup diperingkatkan dan dipertimbangkan, (4) tidak ada batasan waktu dan biaya, dan (6) mengambil keputusan secara maksimal yang menghasilkan nilai yang dirasakan paling tinggi.

Agar keputusan yang diambil dalam kerangka MBS memberi hasil yang maksimal, proses pengambilan keputusan harus didasari pada adanya info selengkap mungkin. Bagaimana keputusan dibentuk pada tingkat sekolah dalam kerangka MBS ini? terdapat empat langkah dalam proses pengambilan keputusan, yaitu pertama, mula-mula sekolah membentuk Dewan Sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, perwakilan guru, orang bau tanah siswa, anggota masyarakat,  staf  sekolah  dan  siswa. Kedua, Dewan  Sekolah  melakukan  pengukuran kebutuhan (need assesment) sekolah. Ketiga, Dewan Sekolah berbagi perencanaan tindakan yang meliputi tujuan dan target yang terukur. Keempat,     langkah selanjutnya yakni mengambil keputusan yang bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu (a) Dewan Sekolah memberi saran kepada kepala sekolah, yang selanjutnya kepala sekolah memutuskannya, dan (b) Dewan Sekolah mengambil keputusan sendiri. Kepala sekolah mempunyai tugas yang besar dalam proses pengambilan keputusan menyerupai ini.

Pengambilan  keputusan  rasional  membutuhkan  kreativitas  yaitu  kemampuan menggabungkan gagasan dalam satu cara yang unik, atau untuk menciptakan asosiasi yang luar biasa diantara gagasan-gagasan. Untuk merangsang kreativitas dalam pengambilan keputusan ada beberapa metode. Pertama, metode isyarat eksklusif yang didasarkan pada bukti bahwa orang  cenderung  menerima  penyelesaian  yang  jelas  dan  mendorong  individu  untuk mewujudkan  kemampuannya.     Kedua, metode  penyusun-an  atribut  dimana  pengambil keputusan mengisolasikan karakteristik dari alternatif tradisional. Setiap atribut utama dari alternatif dipertimbangkan. Ketiga, metode fatwa lateral atau     zig-zag yang merupakan pengganti  pemikiran  vertikal  (linear)  yang  lebih  tradisional.  Dengan  pemikiran  lateral, individu memakai fatwa yang menyimpang, yang tidak mngembangkan suatu contoh tetapi  penstrukturan  pola  yang  tidak  berurutan. Keempat, metode syntetik,     yaitu memakai analogi dan dasar fatwa yang dibalikkan untuk menciptakan keakraban yang asing. Synetik dioperasikan menurut pada anggapan bahwa kebanyakan dilema itu tidak baru. Tantangannya  adalah  memandang  masalah  secara  baru  sehingga  individu  harus mencoba cara yang dekat atau rutin, yang kita tempuh dalam melihat masalah.


Sumber https://www.asikbelajar.com