Thursday, May 3, 2018

√ Penyebab Umum Loading Website/Blog Lambat Dan Berat


Performa sebuah website atau blog sangat gampang dilihat dari seberapa ringan dan cepat website atau blog tersebut dikala diakses. Web yang ringan biasanya sangat cepat bila dibuka, web atau blog yang sederhana harusnya sanggup dibuka secara lengkap dalam hitungan detik saja, kalau web atau blog biasa saja loadingnya memakan waktu sampai beberapa menit, maka ada hal-hal yang menjadikan web atau blog tersebut usang dan berat dikala diakses. Untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap seberapa cepat loading website atau blog sanggup menggunakaan tools Online yaitu Google PageSpeed Insight.


Performa sebuah website atau blog sangat gampang dilihat dari seberapa ringan dan cepat webs √ Penyebab Umum Loading Website/Blog Lambat dan Berat

Contoh Hasil Analisa Loading Website di PageSpeed Insight


Webmaster atau blogger yang baik dan peduli akan website atau blog yang dimilikinya tentu tidak akan tinggal membisu saja dikala loading website atau blognya berat dan lamban dikala diakses. Webmaster atau blogger perlu mengidentifikasi penyebab dari berat atau lambannya web atau blog dikala diakses. Penyebab umum loading website atau blog yang berat dan lamban sanggup dibagi menjadi faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal merupakan penyebab yang tidak berafiliasi dengan pemrograman atau script yang dipakai website atau blog, sedangkan faktor internal berkaitan dengan pemrograman atau script serta komponen / file-file yang dipakai untuk membangun website atau blog.


Faktor Eksternal: Koneksi dan Hosting


Jaringan internet merupakan faktor utama bagi penggunanya untuk mengakses suatu website. Jika jaringan internet yang dipakai pengguna kurang baik ataupun terusan internetnya lambat, maka untuk membuka blog atau website juga akan memakan waktu yang lama. Dalam hal ini tentu saja kalau ada komplain mengenai loading web/blog yang usang tentu bukanlah kesalahan dari pemilik blog atau webmaster.


Bukan hanya koneksi atau jaringan pengguna saja, namun koneksi atau jaringan yang dipakai hosting atau platform blogging juga menghipnotis kecepatan loading website atau blog. Bagi anda yang memakai layanan blog menyerupai Blogger atau WordPress maka anda bisa cukup lega sebab mempunyai reputasi dan memakai jaringan serta koneksi yang sangat baik. Namun apabila memakai hosting atau platform web / blog lain, maka perlu jeli dalam menentukan sebab belum tentu jaringan yang dipakai baik.



Dari faktor hosting juga demikian. Kualitas server yang dipakai penyedia hosting berkaitan dengan kemampuan server tersebut untuk menangani pemrosesan dan pembacaan file-file yang tersimpan pada server tersebut. Semakin tinggi spesifikasi komputer server, maka semakin baik loading nya. Terutama untuk “Shared Hosting” dimana sebuah komputer server dipakai untuk beberapa web sekaligus. Semakin banyak website yang dikelola dalam sebuah server, maka semakin tinggi pula kinerja server yang bisa menghambat pemrosesan. Lain halnya dengan “Dedicated Server” atau penggunaan VPS untuk hosting, akan sangat jarang sekali terjadi penggunaan performa yang tinggi kecuali memang terjadi kelebihan beban (Peak) sebab tingginya pengunjung yang mengakses sebuah website / blog. Jika terjadi demikian, mau tidak mau pemilik blog atau webmaster harus segera melaksanakan upgrade server hostingnya. Beberapa hosting di Indonesia bahkan tidak terhubung atau sangat lambat kalau diakses dari luar negeri.


Faktor Internal: Web/Blog


Banyak sekali hal-hal dalam internal blog atau website yang perlu diperhatikan oleh Blogger atau Webmaster semoga blog atau websitenya tidak berat dan lamban dikala diakses oleh pengunjung. Hal yang paling utama ialah template atau tema yang digunakan, kalau template atau tema tampilan yang dipakai terlalu mengandung banyak baris script atau perintah, maka pembacaan oleh browser juga akan lambat.


Javascript dan file flash meskipun memperlihatkan sisi estetika yang sangat baik dalam tampilan blog atau website, namun juga sangat menghipnotis loading website atau blog kalau j4vascript yang dipakai terlalu banyak atau file animasi flash yang besar. Selain boros bandwidth, flash dan j4vascript juga membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup untuk loading lebih cepat, Dalam beberapa kasus bahkan loading j4vascript yang gagal sanggup menjadikan crash atau hang pada komputer pengakses.


Hal-lain yang sanggup menjadikan loading blog atau website menjadi lambat ialah penggunaan file gambar serta multimedia. Penggunaan file image atau gambar yang tidak dikompres akan mempunyai ukuran file yang besar dan kalau penggunaannya terlalu banyak tentu loading menjadi lama. Apalagi pada file multimedia menyerupai file audio dan video yang pada umumnya memang berukuran besar, Encoding file audio dan video juga memerlukan plugin komplemen yang makin memperberat kinerja bromser untuk loading.


Lambatnya terusan atau loading sebuah blog atau website juga bisa dikarenakan penuhnya atau banjir pengunjung yang memenuhi bandwidth atau menciptakan server overload. Akses terhadap file yang diperlukan untuk loading web atau blog juga berpengaruh, dalam artian dikala ada file yang diperlukan web atau blog hilang, maka juga akan menghambat loading dan menciptakan durasi loading menjadi lebih lama.










Performa sebuah website atau blog sangat gampang dilihat dari seberapa ringan dan cepat webs √ Penyebab Umum Loading Website/Blog Lambat dan Berat


Related Posts:


Sumber aciknadzirah.blogspot.com