Monday, May 7, 2018

√ Mengatasi Dan Mencegah Komentar Spam Pada Website Dan Blog


Aspek-aspek dalam managemen blog dan webite yang perlu diperhatikan sangat banyak sekali. Bukan hanya perihal posting dan monitoring traffic saja, visual atau desain sampai SEO sampai komentar serta aspek-aspek lain juga tidak kalah penting dalam membangun sebuah blog atau website. Fungsi pengelolaan blog yang baik tentunya biar blog dan website selalu dalam kondisi optimal serta jauh dari hal-hal yang sanggup mengancam kondisi blog menyerupai h4ck1ng dan terutama dalam bahasan kali ini komentar spam.


aspek dalam managemen blog dan webite yang perlu diperhatikan sangat banyak sekali √ Mengatasi dan Mencegah Komentar Spam pada Website dan Blog


Komentar pada web atau blog juga perlu diperhatikan. Kolom komentar pada website dan blog sangat rawan dan menjadi salah satu sasaran utama untuk aktifitas spam yang menyerang blog dan website. Kebanyakan komentar spam dilakukan untuk menanam backlink yang sangat berkhasiat dalam hal SEO. Bot-spam juga banyak sekali dipakai untuk mengirimkan komentar pada web atau blog dengan sistem pencegahan yang lemah. Sebagai webmaster ataupun blogger yang peduli pada website dan blog maka wajib mempunyai seni administrasi dalam pengelolaan komentar biar komentar spam tidak sembarangan muncul. Berikut merupakan beberapa pola cara yang sanggup dilakukan untuk mencegah dan mengatasi komentar spam:


Menghapus Secara Manual


Komentar spam yang muncul ada baiknya dihapus. Jika tidak dihapus maka akan mengurangi estetika atau sisi keindahan pada desain web atau blog. Menghapus sanggup dilakukan secara manual satu per satu komentar spam yang muncul. Platform blog juga biasanya menyediakan fitur bulk action dimana beberapa komentar sanggup dihapus sekaligus dengan menentukan atau memperlihatkan tanda centang pada komentar yang akan dihapus. Meskipun cara ini tidak efektif dan efisien, namun cukup sanggup membantu mengurangi komentar spam yang muncul.


Moderasi Komentar


Moderasi komentar berarti menahan komentar biar disetujui oleh webmaster atau pemilik blog sebelum komentar tersebut dimunculkan. Webmaster atau blogger harus menentukan dan menyetujui mana komentar yang layak untuk ditampilkan. Dengan fitur ini, maka komentar tentunya tidak akan sembarangan tampil. Webmaster atau blogger sanggup menyisihkan komentar-komentar spam yang mengganggu sehingga tidak muncul. Namun cara ini juga kurang efektif alasannya pemilik website atau blog perlu memoderasi komentar satu per satu. Jika blog sudah populer maka akan cukup kerepotan dalam moderasi komentar spam alasannya komentar yang muncul akan sangat banyak.


Mengaktifkan Filter atau Plugin Pencegah Spam


Hampir semua platform blogging dan web mempunyai fitur penyaring atau filter spam. Fitur ini berfungsi mengenali komentar spam dan memisahkan komentar tersebut pada daerah tersendiri dan tidak menayangkan komentar tersebut. Tentunya fitur ini sudah otomatis berjalan sehingga pengguna hanya cukup melaksanakan pengawasan saja. Bukan tanpa celah, terkadang beberapa komentar spam masih sanggup lolos sehingga perlu moderasi atau pembatalan manual. Pada platform WordPress fitur atau plugin filter spam ini sangat populer sekali dengan nama akismet.



Menggunakan CAPTCHA


Banyak sekali penerapan CAPTCHA dalam mencegah aneka macam serangan spam. CAPTCHA merupakan test yang harus dilewati dimana tes ini didesain hanya insan yang hanya sanggup menjawab. Dengan menerapkan CAPTCHA ini, sangat efektif untuk mencegah bot-spam untuk mengirim komentar. Komentar yang muncul hanya akan berasal dari manusia. Penggunaan CAPTCHA juga akan menciptakan pengguna berpikir 2 kali untuk melaksanakan komentar yang hanya berisi basa-basi saja.


Membatasi Jumlah Karakter Minimal dan Maksimal


Salah satu ciri komentar spam yakni terlalu banyak atau terlalu sedikit huruf yang digunakan. Biasanya komentar hanya untuk basa-basi atau menanam banyak link sekaligus. Nhah, dengan membatasi jumlah minimal dan maksimal huruf maka komentar yang terlalu sedikit dan terlalu panjang tidak akan muncul. Tidka akan ada komentar sebaris atau komentar yang menyisipkan banyak link sekaligus yang muncul bila pembatasan jumlah huruf ini diterapkan. Sayangnya fitur ini belum banyak diterapkan di platform-platform blog yang tersedia.


Registrasi untuk Bekomentar


Menyediakan fitur pendaftaran atau pendaftaran member sanggup dipakai untuk membatasi siapa-siapa saja yang diperbolehkan berkomentar. Hanya anggota yang sudah mendaftar yang sanggup berkomentar, pengguna yang gres tiba tidak akan sanggup berkomentar alasannya perlu login anggota dahulu. Hal ini akan mencegah bot-spam melaksanakan agresi komentar spam. Para komentator yang hanya basa-basi dalam berkomentar juga akan berpikir 2 kali untuk berkomentar alasannya harus melaksanakan pendaftaran terlebih dahulu dimana memerlukan langkah dan waktu ekstra untuk melakukannya.


Penggunaan Akun dan Integrasi Social Media untuk Komentar


Penerapan akun dan integrasi social media untuk kolom komentar hampir sama halnya dengan perlunya pendaftaran untuk berkomentar. Pengguna harus memakai dan login terlebih dahulu memakai akun social media mereka untuk berkomentar. Social Media menyerupai Facebook juga mempunyai plugin social untuk komentar yang sanggup diintegrasikan pada blog. Dengan penerapan ini, maka menanam backlink hampur susah dilakukan alasannya yang tertampil yakni link menuju profil social media komentator.


Blok IP


Komentar spam sanggup banyak berasal dari beberapa IP tertentu saja. Kebanyakan alasannya penggunaan bot-spam yang terus menerus menyerang. Dengan mem-blok IP maka jalan masuk bot menuju website atau blog akan terhalang dan tidak sanggup melaksanakan serangan spam. Fitur ini banyak tersedia pada platform web atau blog yang berbayar ataupun yang memakai hosting. Layanan blog dan web gratis masih sangat sedikit yang sanggup menerapkan sistem blok IP ini.


Menutup / Meniadakan Fitur Komentar


Langkah paling gampang dan simpel dalam mengatasi dan mencegah komentar spam yang menyerang yakni menonaktifkan fitur komentar. Dengan meniadakan fitur komentar tentu tidak akan ada komentar yang masuk. Webmaster maupun pemilik blog tidak perlu repot-repot lagi memikirkan dan mengelola komentar-komentar yang masuk alasannya memang tidak akan ada komentar yang masuk. Namun disisi lain, komunikasi hanya akan terjadi satu arah saja, pengunjung tidak sanggup memperlihatkan feedback atau menanggapi artikel yang dikunjungi dan dibaca.










aspek dalam managemen blog dan webite yang perlu diperhatikan sangat banyak sekali √ Mengatasi dan Mencegah Komentar Spam pada Website dan Blog


Related Posts:


Sumber aciknadzirah.blogspot.com