Friday, May 4, 2018

√ Diskusi Kelompok Terfokus (Focused Group Discussion)


Hasil monitoring yang dilakukan pengawas hendaknya disampaikan secara terbuka kepada pihak Sekolah, terutama kepala Sekolah, komite Sekolah dan guru. Secara bahu-membahu pihak Sekolah sanggup melaksanakan refleksi terhadap data yang ada, dan menemukan sendiri faktor-faktor penghambat serta pendukung yang selama ini mereka rasakan. Forum untuk ini sanggup berbentuk  Focused Group Discussion (FGD), yang melibatkan unsur-unsur stakeholder Sekolah. Diskusi kelompok terfokus ini sanggup dilakukan dalam beberapa putaran sesuai dengan kebutuhan. Tujuan FGD ialah untuk menyatukan pibu/bapangan stakeholder mengenai realitas kondisi (kekuatan dan kelemahan) Sekolah, serta menentukan  langkah-langkah strategis maupun operasional yang akan diambil untuk memajukan Sekolah. Peran pengawas dalam hal ini ialah sebagai fasilitator sekaligus menjadi narasumber apabila diperlukan, untuk menunjukkan masukan menurut penge-tahuan dan pengalamannya.
Agar FGD (Focused Group Discussion) sanggup berjalan efektif, maka diharapkan langkah-langkah sebagai berikut:
1)    Sebelum FGD dilaksanakan, semua akseptor sudah mengetahui maksud diskusi serta permasalahan yang akan dibahas.
2)    Peserta FGD hendaknya mewakili banyak sekali unsur, sehingga diperoleh pandangan yang bermacam-macam dan komprehensif.
3)    Pimpinan FGD hendaknya akomodatif dan berusaha menggali pikiran/pandangan akseptor dari sudut pandangan masing-masing unsur.
4)    Notulen hendaknya benar-benar teliti dalam mendokumentasikan anjuran atau pandangan semua pihak.
5)    Pimpinan FGD hendaknya bisa mengontrol waktu secara efektif, dan mengarahkan pembicaraan semoga tetap fokus  pada permasalahan.
6)    Apabila dalam satu pertemuan belum diperoleh kesimpulan atau kesepakatan, maka sanggup dilanjutkan pada putaran berikutnya. Untuk ini diharapkan catatan mengenai hal-hal yang telah dan belum disepakati.


Sumber https://www.asikbelajar.com