Friday, March 9, 2018

√ Skala Rasio (Skala Nisbah)


Skala rasio yaitu skala pengukuran yang mempunyai semua sifat skala interval ditambah satu sifat lain yaitu menawarkan keterangan ihwal nilai sewenang-wenang dari objek yang diukur.  Skala rasio merupakan skala pengukuran yang ditujukan kepada hasil pngukuran yang sanggup dibedakan, diurutkan, mempunyai jarak tertentu dan sanggup dibandingkan.


Skala rasio memakai titik baku mutlak (titik nol mutlak). Angka pada skala rasio memperlihatkan nilai yang sesungguhnya dari objek yang diukur, sedangkan besar satu satuan ukur ditetapkan dengan suatu perjanjian tertentu. Pada skala rasio, jarak dan waktu pengukuran mempunyai titik nol yang sejati dan rasio antara dua titik skala tidak tergantung pada unit pengukuran.

 

Contoh: jika kita ingin membandingkan berat dua benda. Berat benda A 50 gram dan benda B 100 gram. Disini kita tahu bahwa benda B dua kali lebih berat daripada benda A, alasannya yaitu nilai variabel numerik berat mengungkapkan rasio dengan nilai 0 sebagai titik bakunya.


Atau dengan kata lain bahwa skala rasio merupakan penggabungan dari ketiga sifat skala sebelumnya. Skala rasio mempunyai nilai nol mutlak dan datanya sanggup dikalikan atau dibagi. Akan tetapi, jarak antar kategorinya tidak sama alasannya yaitu bukan dibentuk dalam rentang interval. Misalnya, tinggi tubuh sampel terdiri dari 143, 145, 153, 156, 175, dst.





Sumber https://www.asikbelajar.com