Saturday, January 14, 2017

Perbedaan Xampp 5 Vs Xampp 7 Secara Detail

Assalamu’alaikum.


Hari ini, saya memposting perihal XAMPP. Siapa yang gak tahu perihal XAMPP? Apalagi kalau anda seorang Web Developer atau anda yang sedang berguru pemrograman Web, niscaya mengenal Perangkat Lunak satu ini.


Tak heran, bahwa XAMPP selalu menjadi primadona bagi Web Developer baik dari Orang yang gres berguru hingga “Master” sekalipun, terutama mereka yang memakai Windows. XAMPP ini seringkali di gunakan untuk menguji Aplikasi Web dan Database yang mereka buat, hingga sekedar tukar kirim file.


Bukan hanya itu, XAMPP juga telah di gunakan di hampir seluruh Sekolah yang berbau Informatika, khususnya kalau di ajarkan perihal Pemrograman Web.


Namun, dikala anda ingin mend0wnl0ad XAMPP (terutama untuk pertama kalinya), niscaya kebingungan dengan angka yang ada di sehabis goresan pena XAMPP pada Websitenya. Terutama disitu ada goresan pena XAMPP 5 dan XAMPP 7, kemudian apa itu dan apa beda nya? Silahkan anda simak di artikel ini :)






I. Apa itu XAMPP?


Sebelum masuk ke perbedaan nya, maka saya bahas Apa itu XAMPP? terlebih dahulu. XAMPP sebenarnya merupakan sebuah Perangkat Lunak Tumpukkan atau Bundel dari beberapa Perangkat Lunak untuk kebutuhan Web dan Database RDBMS.


Perangkat Lunak yang di Bundel oleh XAMPP yaitu Apache2, MariaDB, FileZilla Server, PHP, Tomcat Server, dan masih banyak lagi. Jika anda menginstall XAMPP, maka itu sama saja anda menginstall Perangkat Lunak yang di bundel tersebut. Sehingga, anda tidak perlu menginstall satu-per-satu Perangkat Lunak yang merepotkan, hanya untuk menguji Aplikasi Web yang anda buat.


Cuplikan Layar


Sebelum masuk ke segmen lain, mungkin anda perlu melihat cuplikan nya terlebih dahulu:


 Apalagi kalau anda seorang Web Developer atau anda yang sedang berguru pemrograman Web Perbedaan XAMPP 5 vs XAMPP 7 secara Detail
Ini yaitu cuplikan layar mengenai XAMPP Control Panel, yang akan anda temui nanti ketika membuka XAMPP. Tolong abaikan Error yang tampil disitu, hehe :D

Meski begitu, XAMPP mempunyai 2 versi, yakni XAMPP 5 dan XAMPP 7, lantas apa bedanya? Simak berikut di bawah ini:




II. Beda XAMPP 5 dan XAMPP 7


Sebenarnya, perbedaan antara XAMPP 5 dan XAMPP 7 itu sederhana, bedanya yaitu pada Versi PHP yang di gunakannya.


Seperti yang kita ketahui, bahwa XAMPP membundle PHP juga, yang artinya anda sanggup membuka dan menguji Aplikasi Web berbasis PHP yang anda buat, dengan syarat harus aktifkan Webserver nya terlebih dahulu, yakni Apache2.


XAMPP 5 memakai PHP versi 5, sedangkan XAMPP 7 memakai PHP versi 7. Setelah membaca pembahasan ini, saya duga, Anda niscaya ganti pertanyaan nya menjadi “Lalu, apa bedanya PHP 5 dan PHP7?“. Maka saya jelaskan lagi perbedaan nya, meskipun mungkin saya tidak memberinya secara detail.




III. Beda PHP 5 dan PHP 7


Sederhana, PHP 5 merupakan versi usang dari PHP, sedangkan PHP 7 merupakan versi terbaru nya. Masih bingung?


Bedanya antara PHP 5 dan PHP 7 adalah, bahwa PHP 5 ini masih mempunyai fungsi-fungsi PHP yang mana sudah di anggap ‘deprecated’ oleh PHP 7. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi website PHP nya atau cari di Google.


Karena PHP 5 ini merupakan versi lamanya, maka PHP 5 di nyatakan EOL (End Of Life) alias di tinggalkan atau tidak di dukung lagi oleh pihak PHP nya. Bahkan, XAMPP sendiri memfokuskan terhadap PHP 7 nya ketimbang PHP 5 nya.


PHP 5 ini lebih cocok kalau anda ingin membuka sebuah Aplikasi Web, yang mana tidak sanggup anda buka dengan PHP 7 lantaran fungsi-fungsi yang mungkin sudah terhapus atau dinyatakan ‘deprecated’. Atau, kalau anda ingin menciptakan Aplikasi yang sanggup dijalankan pada 2 versi PHP yang berbeda.


Sedangkan, PHP 7 masih di support oleh pihak PHP hingga dikala ini (terutama untuk PHP 7.1 keatas), sanksi kegiatan nya yang lebih cepat, perbaikan sejumlah bug, dan ada sejumlah fungsi gres pada PHP 7. Untuk detail nya, silahkan anda cari saja lewat Google.




Cuplikan Layar


Berikut di bawah ini merupakan Cuplikan Layar mengenai perbedaan XAMPP 5 dan XAMPP 7 berdasarkan versi PHP yang mereka gunakan dengan memanfaatkan fungsi phpinfo():


 Apalagi kalau anda seorang Web Developer atau anda yang sedang berguru pemrograman Web Perbedaan XAMPP 5 vs XAMPP 7 secara Detail
Ini yaitu cuplikan layar mengenai perbedaan dan Informasi PHP pada kedua XAMPP dengan phpinfo(). XAMPP 5 yang saya gunakan itu memakai PHP versi 5.6.30 (kiri), sedangkan XAMPP 7 memakai PHP versi 7.2.10 (kanan)



IV. Mana yang harus saya pakai? Dan, mana yang lebih baik?


Itu tergantung kebutuhan kamu, mau pakai apanya.


Kalau kau mau mempelajari fungsi gres menyerupai penggunaan Argon2 dan lainnya, mengikuti tren, menikmati perbaikan bug, menikmati kecepatan intepretasi/eksekusi atau ingin mengikuti versi terbaru dari PHP, maka PHP versi 7 cocok untuk anda.


Atau, kalau kau ingin terus memakai fungsi PHP yang lama, menjalankan aplikasi web yang lama, tuntutan perusahaan, atau mengikuti guru Anda yang memakai versi lama, maka PHP versi 5 cocok untuk Anda.


Sedangkan, kalau kau mau menciptakan aplikasi web yang ingin sanggup di jalankan di versi PHP yang berbeda, mungkin kau perlu memakai dua-dua nya.


Kalau saran saya, usahakan untuk memakai PHP versi terbaru, lantaran disitu juga ada sejumlah pembaruan keamanan yang penting bagi PHP dan Aplikasi Web nya. Bukan hanya itu, Anda akan menikmati kecepatan intepretasi dan juga mempelajari fungsi yang baru, serta sebagian server di Internet sudah mulai mendukung dan memakai PHP 7.


Namun, kalau kau mempunyai sebuah tuntutan dari orang lain menyerupai dari Guru Anda, Perusahaan daerah kau bekerja, dll. Maka kau perlu menuruti nya, dan mungkin kau sanggup memakai versi terbaru nya nanti kalau anda menciptakan aplikasi web yang sanggup berjalan di 2 versi PHP sekaligus.


Saya disini tidak mengharuskan Anda untuk memakai nya, saya hanya menyarankannya saja. Tidak ada yang lebih baik, lantaran mereka mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, selebihnya Anda yang menentukan. Tinggal pikirkan saja :)




V. Download XAMPP


Klik disini mend0wnl0ad XAMPP terbaru. Disitu akan tersedia XAMPP dengan PHP versi berbeda, kau tinggal memilihnya saja.


Pastikan juga sesuai dengan Platform yang kau gunakan, jangan hingga salah Download, yah, hehe :D


Untuk menginstallnya, gampang sekali, ikuti saja petunjuknya. Mungkin akan berbeda kalau kau memakai Distribusi GNU/Linux atau macOS.


Kalau kau merupakan pengguna Windows XP atau Windows Server 2003, mungkin kau perlu mend0wnl0ad nya dari sini.


Versi PHP nya lama? Tentu saja, lantaran versi XAMPP yang hanya sanggup dipakai oleh Windows XP, yah, versi 1.8.2. Lama kan? Iyalah, lantaran Windows XP sudah di tinggalkan oleh konsumen (walau banyak yang kangen) lantaran Microsoft mengakhiri masa dukungannya pada tahun 2014 yang lalu. Hari gini, masih ada aja yang pake Windows XP buat rumahan atau pribadi?




VI. Kesimpulan


Jadi, beda XAMPP 5 dan XAMPP 7 bekerjsama itu yaitu versi PHP yang di gunakannya.


XAMPP 5 itu menggunakan/membundle PHP versi 5, sedangkan XAMPP 7 itu membundle PHP versi 7. Walaupun XAMPP 5 itu masih ada, tapi kalau di lihat dari Website nya, tampaknya mereka berfokus untuk menyebarkan XAMPP dengan PHP versi 7 bila di bandingkan dengan versi 5 nya.


Hal ini wajar, lantaran pihak PHP sendiri mengakhiri pertolongan nya terhadap PHP versi 5 semenjak lama. Sehingga, PHP 5 (harusnya) sudah tidak sanggup update nya kembali.


Mana yang lebih baik? Tidak ada yang lebih baik, lantaran mereka mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung kebutuhan dan keinginan, selebihnya Anda yang menentukan :)




VII. Penutup


Terima kasih bagi anda yang membaca artikel mengenai Perbedaan antara XAMPP 5 dan XAMPP 7 ini. Mohon maaf kalau di artikel ini banyak salah ketik, salah dalam pemilihan kata/kalimat, kurang jelas/nyambung hingga menciptakan Anda tersinggung. Saya tidak bermaksud untuk menyinggung Anda melalui artikel ini.


Kalau adanya kesalahan/memberikan kritik dan saran pada artikel ini, ada pertanyaan bahkan sekedar mau bilang “Hi” dan “Nyimak”, sanggup anda lakukan itu di kolom komentar. Anda tinggal ikuti saja aturan sebelum berkomentar, kemudian komentar anda akan di terima dengan baik.


Sudah sekian untuk artikel yang saya bagikan ini, dan supaya bermanfaat untuk anda. Terima Kasih ^_^



Sumber aciknadzirah.blogspot.com