Friday, August 31, 2018

√ Urutan Pangkat Polisi Dari Terendah Hingga Tertinggi Dan Lambangnya

Pangkat Polisi – Seperti yang kita tahu Polisi menjadi salah satu profesi yang banyak diminati. Polisi sendiri dalam kaitannya dengan pemerintahan Indonesia mempunyai fungsi dalam hal pemeliharaan keamanan, penegakan dalam hal hukum, pemberian warga hingga mengayomi dan juga melayani masyarakat. Perlu diketahui kalau urutan pangkat polisi berbeda-beda. Tentunya setiap pangkat ini mempunyai kiprah dan tanggung jawab yang berbeda.


Tugas polisi sendiri ialah demi dapat mewujudkan keamanan di dalam negeri dimana mencakup keamanan dan ketertiban masyarakat yang terpelihara. Selain itu, polisi juga ditujukan untuk dapat menegakkan aturan dan terselenggaranya pelayanan dan pemberian sehingga dapat menjunjung tinggi hak setiap manusia. Meskipun pangkat polisi berbeda-beda, tapi kiprah pokoknya tetap sama.


Sebelum mengetahui pangkat polisi dari terendah hingga tertinggi, Anda harus tahu kalau wilayah kepolisian sendiri terbagi berjenjang. Untuk urutan pangkat polisi  tertinggi yakni Markas Besar Polisi Republik Indonesia dimana wilayah kerjanya di semua wilayah NKRI dengan pimpinan yang disebut Kapolri. Untuk wilayah Provinsi dipimpin Kapolda. Sedangkan wilayah Kabupaten disebut Kepolisian Resot dan dipimpin Kapolres.


 Seperti yang kita tahu Polisi menjadi salah satu profesi yang banyak diminati √ Urutan Pangkat Polisi dari Terendah Sampai Tertinggi Dan Lambangnya


Ada juga Kepolisian Sektor untuk tingkat kecamatan dan dipimpin Kapolsek. Terakhir ialah di tingkat desa dan kelurahan yang dipimpin Brigadir Polisi. Untuk dapat lebih mengetahui susunan pangkat polisi Indonesia, maka berikut ini urutan pangkat polisi dari yang terendah hingga tertinggi.


Urutan Pangkat Polisi dari Terendah Sampai Tertinggi :



  1. Pangkat Polisi Tingkat Tamtama


Tamtama ialah jenjang karir terbawah yang ada di kepolisian. Pangkat polisi dan gajinya di tingkatan Tamtama ini masih sangat kecil yakni mulai dari 2,5 juta saja. Untuk urutannya yakni Bharada dengan lambang satu balok merah miring, Bharatu berlambang balok merah miring dua, dan Baraka dengan tiga balok merah miring.


Selanjutnya masih di Tamtama, ada Abripda, Abriptu dan Abrip dimana lambangnya ialah balok merah bentuk V berjumlah satu, dua dan tiga.



  1. Pangkat Polisi Tingkat Bintara


Tingkatan pangkat polisi Bintara ialah yang terbanyak di Indonesia. Urutan pangkat polisi di tingkat ini yakni Bripda, Briptu, Brigpol dan juga Bripka. Lambangnya ialah balok berbentuk V tapi dengan warna perak. Jumlahnya garisnya diadaptasi dengan tingkatan pangkatnya yakni mulai dari satu hingga empat.



  1. Pangkat Polisi Tingkat Bintara Tinggi


Tugas dari tingkat ini biasanya ialah menjadi komandan regu dari Bintara dan Tamtama dikala di lapangan. Lambang pangkat polisi Bintara Tinggi ialah dengan dua balok bergelombang warna perak. Jika pangkatnya Aipda maka lambangnya berjumlah satu. Sedangkan untuk Aiptu lambangnya ada dua.



  1. Pangkat Polisi Tingkat Perwira Pertama


Pada sisi manajerial yakni tingkat Perwira Pertama, tanda pangkat polisi yang dipakai yakni balok emas. Urutannya yakni Ipda, Iptu dan AKP dimana jumlah baloknya yakni satu hingga tiga.



  1. Pangkat Polisi Tingkat Perwira Menengah


Lambang untuk pangkat polisi di tingkatan ini sudah bermetamorfosis bunga melati warna emas. Tingkatannya ialah Kompol dengan jumlah lambang satu, AKBP lambang dua dan Komisaris Besar Pol dengan lambang tiga melati emas.



  1. Pangkat Polisi Tingkat Perwira Tinggi


Posisi teratas yakni di pangkat polisi perwira tinggi. simbol di tingkat ini ialah dengan bintang emas. Bintang satu ialah untuk Brigjen Pol dan bintang dua ialah Irjen Pol. Berlanjut ke pangkat bintang emas tiga yakni Komjen Pol dan bintang empat dan tertinggi yakni Jenderal Pol.


Baca juga : Pendiri Google


Itulah urutan dan simbol pangkat polisi yang ada di Indonesia. Semoga dapat menjadi rujukan untuk sahabat sahabat yang kebetulan berminat untuk mendaftar polisi dan membutuhkan isu urutan pangkat polisi di Indonesia. Dengan mengetahui urutannya, maka isu Anda tentu bertambah bukan?


Hasil Pencarian:

pangkat polisi,tugas polisi pangkat ipda,pangkat di kepolisian dan lambangnya,pangkat polisi indonesia,Pakat polisi bintang satu,oangkat polisi dari terendah,lambang polisi,lambang pangkat polisi,gambar pangkat kepolisian dari yang terendah,urutan pangkat di kepolisian mulai dari briptu hingga jenderal


Sumber aciknadzirah.blogspot.com