Friday, August 31, 2018

√ Menciptakan Kotak Pesan (Messagebox) Lebih Dari 1 Baris Dengan Vba Excel

Excel-ID | Di penghujung tahun 2016 tampaknya saja jarang untuk update artikel tutorial mengenai excel, bukan alasannya tidak mau menyebarkan atau bahan sudah habis, yang terang aku juga sebagai kepala rumah tangga harus mencari nafkah untuk anak dan istri aku hehe...

Baiklah aku tidak akan membahas mengenai keseharian aku sendiri namun aku akan menciptakan goresan pena yang mungkin cukup bermanfaat bagi Anda yakni bagaimana seh cara menciptakan pesan (MesssageBox) yang panjang lebih dari 1 baris dan bagaimana caranya menciptakan pesan yang sanggup dilanjutkan pada baris berikutnya.

Sebelum aku menjelaskan dan menciptakan coding pesan panjang terlebih dahulu Anda harus bisa bagaimana cara menciptakan pesan (MessageBox) yang panjang dan bisa dilanjutkan pada baris berikutnya semoga terlihat rapi serta indah dipandang mata.

Baca:
Belajar Cara Membuat Pesan pada VBA Excel

Pada link artikel diatas Anda akan mencar ilmu bagaimana menciptakan pesan memakai VBA atau lebih dikenal dengan macro. Anda akan mencar ilmu bagaimana menambahkan modul yang dilanjutkan dengan coding pesan secara standar yang wajib dipelajari untuk mencar ilmu pemrograman VBA.

Setelah Anda bisa mempelajari bagaimana cara menciptakan pesan kemudian bagaimana cara menciptakan pesan yang panjang pada VBA atau Macro Excel? Sebenarnya tidaklah sulit Anda cukup menambahkan sedikit coding jikalau Anda sudah pernah mempelajari serta menciptakan pesan secara umum. Baiklah Langkah pertama silakan menciptakan file gres dan simpan terlebih dahulu dengan type file XLSM atau XLSB terserah keduanya akan berfungsi dengan tepat jikalau Anda menentukan salah satu type file yang akan dibentuk untuk latihan kali ini.

Setelah itu silakan anda buat satu buah UserForm kemudian coba ViewCode dan buat coding ibarat dibawah ini:

Sub PesanPindahBaris()
MsgBox "1. Anda mencar ilmu VBA dimulai sekarang" _
& vbCrLf & "2. Ini merupakan pola pesan dengan VBA" _
& vbCrLf & "3. Membuat MessageBox dengan coding VBA mudah"
End Sub


Perhatikan coding diatas untuk menciptakan pesan perintahnya cukup dengan MsgBox dan untuk berpindah baris silakan tambahkan coding vbCrLf untuk berpindah baris berikutnya dan untuk penulisan coding / kegiatan sanggup berpindah baris supaya gampang dibaca dan tidak terlalu panjang maka gunakan under skor " _ " Anda bisa melihat contohnya ibarat coding diatas.

Setelah Anda menuliskan coding diatas contohnya aku akan memanggil perintah diatas dengan memakai userform dan objek CommandButton sehingga perintah akan menjadi ibarat berikut ini

Private Sub CommandButton1_Click()
Call PesanPindahBaris
End Sub


Sekarang coba Anda jalankan dengan cara menekan Run dan lihat alhasil akan tampak ibarat gambar dibawah ini


Yes, jadi deh. sebuah kotak pesan yang ditampilkan dengan mengklik tombol Tampilkan Pesan akan muncul secara otomatis ibarat pola diatas.

Selamat mencoba

Simak:
Cara Membuat Pesan YES dan NO dengan VBA
Sumber http://www.excel-id.com/