Thursday, August 30, 2018

√ Mengacak 20 Data Angka Di Excel Tanpa Ada Yang Ganda

Hai, sahabat excel-ID, di awal tahun 2017 ini supaya masih tetap semangat untuk berguru Excel, Hmmm ini yaitu posting perdana di tahun 2017. Materi yang akan aku bahas yaitu bagaimana cara mengacak data angka di Ms. Excel dengan memakai rumus. Tentunya banyak di internet dikala Anda browsing yang membahas hal yang sama tidakapalah.



Mengacak data tentunya memakai rumus yang sederhana yaitu random (=RAND) rumus standar tersebut akan aku pake untuk menciptakan acak dan tentunya tanpa adanya data yang ganda. Artinya data yang akan aku acak tidak akan muncul kedua kali pada cell berikutnya. Dengan sedikit otak-atik rumus tentunya Anda juga dapat menciptakan random angka yang berurutan.

Untuk mengacak angka (Random) pernah aku ulas pada bog ini berupa aplikasi yang berdasarkan aku cukup keren sebab dapat dipakai sebagain Un**an. Karena sudah berupa aplikasi yang didesain untuk mengacak data jadi sedikit ada tampilan interface yang harus didesain lebih keren. Langsung saja neh aku kasih link nya yang belum baca silakan simak di

Aplikasi Acak data Angka dengan VBA

Nah, kali ini aku akan mencoba bagaiman mengacak angka pada Ms. Excel dengan memakai rumus. Perhatikan tutorial singkat dibawah ini

Langkah pertama silakan Anda buat rumus untuk mengacak angka memakai fungsi RAND() contohnya aku akan mengacak data angka pada kolom A maka Anda tuliskan rumus =RAND() pada kolom A



Nah, sehabis Anda menciptakan rumus ibarat gambar diatas, kini langkah berikutnya yaitu Anda taris rumus diatas sampai ke baris 20. Kenapa ke baris 20 sebab aku akan menciptakan data acak angka sebanyak 20 angka tanpa ada angka yang ganda.


Langkah berikutnya kini kita akan menjumlahkan berapa data pada kolom A yang terisi data angka. Kita coba gunakan rumus =COUNTA(A:A) pada cell B1 maka jadinya yaitu angka 20.


Ok, sehabis itu kini tuliskan rumus di cell D1

=IF(ROW()-ROW(D$1)+1>$B$1/2,"",RANK(OFFSET($A$1,ROW()-ROW(D$1)+(COLUMN()-COLUMN($D1))*($B$1/2),),$A$1:INDEX($A$1:$A$1000,$B$1)))

Tekan enter kemudian lihat jadinya jikalau sudah ketemu silakan copykan rumus diatas kebawah sampai sesuai kebutuhan dan jadinya data akan muncul pada baris ke 10 tepatnya di cell D10 selanjutnya buat rumus yang sama di kolom E ibarat diatas kemudian tarik juga ke bawah dan lihat hasilnya


Nah, diatas merupakan hasil dari penulisan rumus pada laptop saya, tentunya hasil acaknya akan berbeda beda untuk setiap worksheet di refresh. coba saja Anda double klik pada cell secara sembarang maka jadinya akan berubah rubah dan lihat hasil pengacakan data angka pada kolom D dan E jadinya tidak ada yang ganda atau duplikat untuk setiap angka yang muncul hasil acak.

Jika anda akan merubah menjadi lebih dari 20 data angka acak silakan tambahkan atau tarik rumus pada kolom A sebanyak jumlah yang ditentukan lebih dari 20 angka maka jadinya akan berubah pula.

Demikian bagaimana cara mengacak data angka tanpa menemui data ganda atau duplikat supaya bermanfaat dan selamat mencoba.
Sumber http://www.excel-id.com/