Thursday, August 30, 2018

Iman Kepada Rasul (Pengertian, Beda Nabi & Rasul, Hukum, Dalil)

 pada kesempaan ini aku menawarkan bahan agama yaitu Iman kepada Rasul Iman Kepada Rasul (Pengertian, Beda Nabi & Rasul, Hukum, Dalil)
Iman kepada rasul Allah. Halo sobat, pada kesempaan ini aku menawarkan bahan agama yaitu Iman kepada Rasul. Adapun yang akan aku jelaskan mengenai bahan akidah terhadap rasul yaitu mengenai pengertian, hukum, & juga ayat yang membahas mengenai keimanan terhadap rasul di dalam Al-qur'an. Langsung saja mari anda simak bahan nya berikut ini.

Pengertian Iman Kepada Rasul

Pengertian akidah kepada rasul berarti mempercayai ataupun meyakini bahwa rasul itu ialah utusan Allah Swt. Rasul ialah seorang yang diutus & ditugaskan Allah swt, memberi tau anutan Allah Swt melalui wahyu yang diterimanya dan disampaikan kepada umatnya semoga dijadikan pedoman hidup.
Sebagian ulama & umat islam ada yang menganggap bahwa setiap rasul sudah niscaya nabi, tapi seorang nabi belum niscaya menjadi seorang rasul.

Perbedaan Nabi & Rasul

Apa perbedaan nabi dan rasul? Secara praktis untuk membedakan arti antara nabi & rasul ialah sebagai berikut.
  1. Nabi, ialah orang pria yang mendapatkan wahyu dari Allah swt untuk ia sendiri & tidak berkewajiban memberi tau kepada orang lain (umatnya).
  2. Rasul, ialah orang pria yang mendapatkan wahyu dari Allah swt untuk ia sendiri & memiliki kiprah rasul yaitu berkewajiban memberi tau wahtu kepada orang lain (umatnya).

Hukum Beriman Kepada Rasul

Hukum beriman terhadap rasul ialah wajib (fadu 'ain). Para rasul merupakan utusan Allah swt. yang mengemban kiprah memberi tau risalah (wahyu ataupun anutan Allah) yang diterimanya terhadap umatnya untuk dijadikan pedoman hidup semoga sanggup meraih kebahagiaan dunia akhirat. Jadi beriman kepada rasul allah sangat diwajibkan oleh orang Islam, alasannya beriman kepada rasul Allah merupakan rukun akidah ke 4.

Makna Beriman kepada Rasul

Adapun pesan yang tersirat beriman kepada rasul yaitu:

  1. Memperoleh kebahagiaan dunia akhirat.
  2. Selalu bersikap penyabar layaknya seorang rasul.
  3. Selalu bersikap penyayang layaknya seorang rasul.
  4. Selalu bersikap jujur dan terbuka layaknya seorang rasul.
  5. Selalu bersikap bijaksana dalam mengambil keputusan layaknya seorang rasul.
  6. dll

Ayat Al-Qur'an yang Membahas Iman Kepada Rasul

Dalil akidah kepada rasul, beriktu ialah ayat-ayat al-qur'an yang membahas mengenai keimanan terhadap rasul ialah sebagai berikut.
  1. Surah Al-Mukmin, 40:78.
  2. Surah An-Nahl, 16:43.
  3. Surah Al-Baqarah, 2:285.
  4. Surah Al-Furqan, 25:20.
  5. Surah Saba', 34:28.
  6. Surah At-Taubah, 9:128.
  7. Surah Al-Maidah, 5:15.
  8. Surah An-Nisa, 4:165.
Baca Juga:
Nah itulah artikel beriman kepada rasul Allah yang akan mendatangkan hikmah kepada manusia.

Terima kasih telah membaca artikel pengertian akidah kepada rasul, perbedaan nabi dan rasul, aturan beriman kepada rasul dan dalil yang membahas beriman kepada rasul.

Sumber http://www.faktakah.com