Tuesday, August 28, 2018

√ Cara Menjumlahkan Menurut Kelompok Data (Group) Dengan Rumus Sumif

Masih membahas mengenai rumus-rumus sederhana di Ms. Excel namun sangat bermanfaat bagi aku dan mudah-mudahan bagi Anda juga sebagai pembaca setiap Blog Excel-ID. Berbicara duduk perkara pengolahan data tak terlepas dari penjumalahan dan pemjumlahanpun dapat banyak sekali jenis contohnya pemjulahan total pemjulahan berdasarkan kelompok data (group) ada juga yang berdasarkan kriteria, dan atau mungkin ada jenis penjumlahan lain berdasarkan Anda?

Nah, yang akan aku bahas pada goresan pena kali ini bagaimana cara menuntaskan penjumlahan dengan pengelompokan data artinya rumus akan menjumlahkan sesuai kelompok data secara berurut dengan hasil akan diubahsuaikan dengan data Excel Anda.

Agar Mempermudah untuk mempelajari bahan kali ini aku akan mencoba sreen shoot dari Excel secara langsung.



Untuk syntax penulisannya :
=IF(A2=A1;"";SUMIF(A:A;A2;B:B))

Kaprikornus kalau Anda akan menuntaskan tabel ibarat gambar diatas maka Anda tuliskan rumus pada alamat cell D3 dengan formula =IF(B3=B2;"";SUMIF(B:B;B3;C:C))

Baca:
Cara Menghitung jumlah data Bersyarat

Contoh dalam tabel diatas yakni mempunyai 3 type atau group yaitu Standar, Ekonomi, dan Executive maka alhasil pun penjumlahan akan terdiri dari 3 angka dan akan ditempatkan pada bab atas group unik type paketnya.

Oek, biar dapat dipahami dan selamat mencoba.
Sumber http://www.excel-id.com/