Wednesday, July 4, 2018

√ Teks Rujukan Pidato Wacana Hari Sumpah Cowok Singkat

Teks Contoh Pidato Tentang Hari Sumpah Pemuda Singkat - Sumpah perjaka merupakan salah satu tonggak sejarah bangsa Indonesia. Pidato berikut ini akan memberikan bagaimana euforia sumpah perjaka tersebut sebaiknya bangun kembali pada perjaka dan pemudi di zaman ini.

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi
Kepada yang terhormat Bapak Andi Saputra selaku walikota beserta seluruh jajarannya,
Yang terhormat seluruh dewan guru,
Dan siswa-siswi yang saya banggakan

Puji dan syukur  tak henti-hentinya kita haturkan kepada Allah SWT, tuhan semesta alam alasannya atas berkah dan nikmatnya kita sanggup berkumpul di lapangan meredeka ini dalam keadaan sehat dan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Tak lupa shalawat serta salam selau tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw semoga dia menunjukkan syafaatnya kepada kita semua aminnn.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan sebuah pidato yang bertemakan “marilah kembali kepada semangat persatuan nasional” biar kita semua kembali sadar akan kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai penerus bangsa ini.

Wahai Pemuda-pemudi Indonesia

33 tahun yang kemudian tepatnya hari ini pada tanggal 28 otober 1982. Seluruh perwakilan pemuda-pemudi Indonesia dari banyak sekali tempat menyerupai jawa , sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan seluruh tempat lainnya berkumpul di dalam satu ruangan dengan semangat nasionalisme yang tinggi yaitu untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Pertemuan yang diadakan di Jakarta waktu itu merupakan hasil dari kongres ke 11 yang dilaksanankan sebelumnya. Pertemuan ini kemudian menghasilkan sebuah sumpah sebagai tali pengikat persatuan seluruh pemuda-pemudi Indonesia pada waktu itu. Sumpah tersebut dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Adapun isinya ialah sebagai berikut:

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia,berbahasa satu bahasa Indonesia

Kini 33 tahun sudah sumpah tersebut mempersatukan seluruh pemuda-pemudi di tanah air ini. Mereka telah berjuang dengan mempertaruhkan seluruh jiwa dan raga mereka untuk merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia,

Kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia hendaknya bersyukur dengan keadaan kita kini ini alasannya kita hanya tinggal menikmati kemerdekaan ini saja berkat usaha para pendahulu kita. Namun, tolong-menolong usaha kita juga cukup berat alasannya intinya mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan. Oleh alasannya itu, Sebagai pemuda-pemudi Indonesia dikala ini kita harus melanjutkan usaha para pendahulu kita tapi kita berjuang bukanlah dengan mengangkat senjata, melainkan dengan berpresatasi dan menunjukkan donasi yang aktual kepada bangsa yang kita cintai ini.


Advertisement

Ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini, diantaranya adalah:

Berprestasi

Jadilah pemuda-pemudi yang berprestasi. Dengan berpresatai, kita sanggup mengharumkan bangsa ini dan menerangkan kepada dunia bahwa bangsa kita ini ialah bangsa yang harus diperhitungkan. Beprestasilah sesuai dengan bidang kita masing-masing.

Menjauhi narkoba

Pemuda yang baik ialah perjaka yang sehat baik rohani maupun jasmani. Oleh alasannya itu dengan menjauhi narkoba saja kita sudah ikut berjuang dalam mengisi kemerdekaan ini alasannya bangsa yang besar lengan berkuasa ialah bangsa yang pemuda-pemudinya sehat dan jauh dari narkoba. Sesungguhnya narkoba ialah perenggut masa depan kita dan jikalau masa depan para perjaka Indonesia telah terenggut oleh narkoba, maka sanggup dipastikan masa depan bangsa ini juga ikut terenggut.

Aktif dalam bermasyarakat

Sebagai pemuda, kita harus aktif dalam bermasyarakat maupun berpolitik. Pemuda seharusnya menjadi agent of change alasannya perjaka mempunyai konsep-konsep pemikiran yang masih segar sehingga biasanya perjaka banyak mempunyai pandangan gres yang brilliant untuk membangun bangsa ini bukannya hanya membisu melihat apa yang dilakukan para golongan renta di dingklik jabatannya.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia, apa yang telah saya sampaikan diatas ialah sebagian cara untuk berjuang dalam mengisi kemerdekaan kita dikala ini. Jangan hingga apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita yang telah rela mengorbankan nyawa dan hartanya hilang begitu saja.

Wahai pemuda-pemudi Indonesia

Marilah kita jadikan momentum pringatan sumpah perjaka ini untuk kembali mempersatukan seluruh pemuda-pemudi di Indonesia dan kembali kepada semangat persatuan, jadilah perjaka yang kreatif dalam pembangunan jangka panjang tahap dua ini,  Dan yang teraakhir jadilah perjaka yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang mengabdikan diri kepada nusa bangsa tanpa pamrih apapun.

Demikianlah pidato singkat yang sanggup saya sampaikan kali ini. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini sanggup bermanfaat untuk kita semua. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Selamat pagi.

Sumber http://www.kelasindonesia.com