Friday, July 6, 2018

√ Pengertian Dan Pola Majas Repetisi Lengkap

Pengertian dan Contoh Majas Repetisi Lengkap - Repetisi berasal dari bahasa latin, repetitio yang berarti, re: kembali, lagi; dan petere: mengarahkan, sehingga arti dari kata repetisi ialah pengulangan kembali. Majas repetisi merupakan kelompok majas perulangan, bila ditinjau dari bentuknya. Dan jikalau dilihat dari maknanya, majas repetisi digolongkan menjadi majas penegasan. Majas repetisi merupakan gaya bahasa yang mengungkapkan pengulangan kata, frasa, atau klausa yang sama untuk mempertegas makna dari kalimat atau wacana.

Dalam repetisi, pengulangan seluruh kata atau bentuk lain yang diulang mempunyai arti kata yang sama. Dengan demikian, makna dan contoh yang terkandung pada kata pengulangan tersebut pun sama, yang juga menunjukan bahwa keseluruhan makna yang terbentuk pada kalimat pertama, kedua, ketiga, dst, sama. Tetapi, bentuk pengulangan kata yang disajikan sanggup dipakai untuk mengatakan kuantitas, dan penegasan gagasan, atau mungkin pula sekedar menambah nilai estetika. Sehingga, meski keseluruhan makna dari kata – kaya yang diulang sama, namun akan mempunyai kesan pada final pengulangan.

CONTOH KALIMAT DENGAN MAJAS REPETISI


1. Ia akan terus bekerja, bekerja, dan bekerja untuk melunasi hutang keluarganya pada rentenir.
2. Aku akan selalu bersamamu, selalu bersamamu, selalu bersamamu, dan akan terus  selalu bersamamu disetiap kehidupan yang Tuhan ciptakan.
3. Ditengah malam adik berteriak ,” Ibu, Ibu, Ibu” lantas akupun memanggil Ibu untuk menolongnya
4. Salah lagi, salah lagi, dan salah lagi, kenapa sulit sekali menemukan penyelesaian dari soal kalkulus ini sungguh membuatku gelisah.
5. Aku sudah mengingatkanmu untuk menjauh dari alkohol, tapi kamu tak pernah mau mendengarkanku, kamu meminumnya, meminumnya, meminumnya, dan meminumnya lagi sepanjang waktu. Itu akan menciptakan kesehatanmu menurun.

Advertisement
6.  Padahal gandi telah dihentikan ibunya untuk menemui perempuan itu, namun gandi memang keras kepala, dia tetap menemuinya, menemuinya, dan menemuinya seolah – olah gandi telah terhipnotis oleh perempuan itu hingga mengabaikan pesan tersirat ibunya.
7. Meski sudah tau konsekuensinya, Ibunya terus berdoa dan berusaha, berdoa dan berusaha, dan berdoa dan berusaha, apa saja yang sanggup dilakukan untuk kesembuhan andi dari penyakit keturunan yang menimpanya.
8. Meski telah diberi peringatan berulang kali, siska tetap memakai rok mini ke sekolah, siska tetap memakai rok mini ke sekolah, siska tetap memakai rok mini ke sekolah, hingga hasilnya guru memotong roknya itu.
9.  Dikala bahagia ataupun susah, sebaiknya kita sebagai seorang hamba harus senantiasa bersyukur, bersyukur, dan senantiasa bersyukur pada Tuhan, alasannya yakni semua ini hanya bersifat sementara.
10. Selamat menikmati sajian makan malam di rumah kami, selamat menikmati hidangan masakan tradisional khas budaya kami,selamat menikmati biar kalian menikmati.
11. Aroma  bunga mawar ini merebak ke seluruh ruangan, aroma bunga mawar memberi kesan pegunungan, aroma bunga mawar membawaku  terbang.
12. Semoga mereka sadar, biar mereka sadar, biar mereka sadar atas tindak kejahatan yang telah dilakukan dengan menyakiti akad kepada rakyat.
13. Akhir –akhir ini sedang marak terjadi pembegalan di sejumlah wilayah, pembegalan bekerjsama kejahatan usang yang belum terpecahkan, bahkan pembegalan pun dilakukan oleh oknum –oknum penegak hukum.
14. Meski ditolak saya akan terus mencoba, mencoba, dan mencoba hingga kamu lelah menolakku.
15. Operasi zebra rutin dilakukan setiap hari, namun masih saja banyak pengguna jalan yang melanggar, dan jikalau diselidiki banyak dari mereka yang melanggar lebih dari satu kali. Seharusnya mereka yang melanggar aturan itu sanggup mencar ilmu dari pengalaman atau dari cerita para pelanggar lainnya. 

Sumber http://www.kelasindonesia.com