Teori Belajar Bruner – AsikBelajar.Com. Bruner berkarya secara intensif hampir sepanjang kurun keduapuluhan dalam berbagi teori-teori psikologi dan pendidikan. Menurut Bruner, pembelajaran sebagai proses sosial yang aktif. Salah satu tema pokok dari Bruner ialah bahwa mencar ilmu merupakan suatu proses aktif dimana pebelajar mengkonstruksikan gagasan atau konsep gres atas dasar pengetahuan masa lampau dan masa sekarang. Pebelajar menentukan dan mentransformasikan informasi, mengkonstruksikan hipotesis dan menciptakan keputusan yang merujuk dan tergntung pada struktur kognitif dalam (internal cognitive structure). Struktur kognitif ini ialah jaringan sketsa yang memperlihatkan makna dan struktur pada pengalaman dan memberi kesempatan pada individu untuk membangun apa yang sudah diketahui, dan melangkah lebih jauh lagi.

Dalam kaitannya dengan pembelajaran, Bruner memandang bahwa guru harus berupaya untuk mendorong siswa untuk menemukan prinsip-prinsip sendiri; dan gurudan siswa harus terlibat dalam obrolan aktif dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Disini tugas guru ialah untuk membantu proses transformasi segala gosip yang dipelajari dalam bentuk suatu format yang sempurna sesuai dengan keadaan pemahaman siswa sekarang. Bruner menyatakan bahwa kurikulum harus diorganisasikan “secara spiral” biar siswa sanggup melacak kembali gagasan dan fakta secara berkelanjutan, sehingga siswa sanggup membangun konsep-konsep menurut apa yang dipelajari sebelumnya. Bagi Bruner, mencar ilmu ialah suatu proses sosial yang aktif di mana pebelajar sanggup mengkonstruksikan gagasan dan konsep yang diperoleh dari pengetahuan yang sekarang, dengan catatan dalam kontak sosial dengan orang lain, guru dalam banyak konteks formal merupakan elemen kunci dari proses pembelajaran tersebut.
Artikel lain yang bekerjasama dengan teori Bruner KLIK DISINI.
Sumber:
Sohandji, Ahmad. 2012. Manusia, Teknologi, Dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: Universitas Negeri Malang. (hal. 24).
Sumber https://www.asikbelajar.com