Wednesday, May 2, 2018

√ Tumpuan Teks Eksplanasi Singkat Padat Terang Terlengkap

Contoh Teks Eksplanasi – Teks eksplanasi yakni media / teks yang berisi proses ihwal “Kenapa?” dan “Bagaimana” suatu insiden bisa terjadi.


Teks eksplanasi biasanya menjadi materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan pada siswa kelas VII pada kurikulum 2013. Apa yang dibahas macam-macam, biasanya menjelaskan mengenai fenomena alam ataupun fenomena sosial.


Eksplanasi sendiri berasal dari bahasa Inggris Explanation yang mempunyai arti tindakan menjelaskan atau menerangkan sebuah pernyataan atau fakta.


Maka jikalau didasarkan pada segi bahasa, pengertian Teks Eksplanasi (Explanation Text) yakni sebuah teks yang memuat proses-proses yang berkaitan dengan fenomena-fenomena sosial, alam, budaya, ilmu pengetahuan, dan lainnya.





Struktur Teks Eksplanasi (Explanation Text)




Teks eksplanasi mempunyai struktur-struktur yang menjadi pembangun, yang saat struktur itu dipenuhi, teks ekplanasi kita akan menjadi informatif; menawarkan info yang menyeluruh.


1. Pernyataan umum


Pernyataan umum memuat ihwal klarifikasi umum mengenai insiden atau fenomena (sosial, alam, dll.) yang akan dibahas di dalam teks; penjelasannya bisa berupa pengenalan fenomena tersebut secara umum (gambaran umum peristiwa).


Dalam pernyataan umum juga memuat hal-hal yang menjawab pertanyaan khalayak ihwal insiden tersebut, khususnya pertanyaan “Apa?”, “Kenapa?”, dan “Bagaimana?”


2. Deretan Penjelas


Deretan Penjelas, memuat klasifikasi proses kenapa insiden tersebut bisa terjadi. Biasanya gugusan penjelas bisa terdiri beberapa paragraf. Pada paragraph inilah dirincikan lantaran dan jawaban dari sebuah fenomena yang terjadi.


3. Interpretasi


Interpretasi (Opsional) merupakan teks epilog ekplanasi yang sifatnya pilihan; boleh ditulis, boleh juga tidak.


Teks epilog yang dimaksud di sini yakni teks yang menjadi kesimpulan atau intisari dari pernyataan umum dan gugusan penjelas yang sudah ditulis di paragraf-paragraf sebelumnya. Tetapi sangat dianjurkan untuk menuliskan teks penutup, sebagai penegasan apa yang bersama-sama kita tulis dalam teks ekplanasi tersebut.


Baca juga: Contoh Teks Anekdot Singkat Beserta Strukturnya [Lucu]


Opsionalnya bisa berupa tanggapan ataupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks ekplanasi tersebut (Mahsun, 2013).




Contoh Teks Ekplanasi Singkat Tentang Bencana Alam Beserta Strukturnya





Teks eksplanasi biasanya menjadi materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan pada sisw √ Contoh Teks Eksplanasi Singkat Padat Jelas TERLENGKAP


Tsunami


Pernyataan Umum:


Tsunami berasal dari bahasa jepang yakni tsu yang berarti pelabuhan; dan nami yang berarti gelombang, yang kemudian diartikan sebagai ombak besar di pelabuhan.


Secara istilah, tsunami yakni perpindahan tubuh air yang dipicu oleh perubahan permukaan maritim secara vertikal secara tiba-tiba.


Banyak sekali penyebab tsunami, menyerupai gempa bumi yang episentrumnya di bawah laut, letusan gunung api bawah laut, longsor bawah laut, atau bahkan disebabkan hantaman meteor ke laut.


Gelombang tsunami ini bisa merambat ke segala arah dengan kecepatan 500 – 1000 km/jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang.


Deretan Penjelas Sebab Akibat


Gelombang tsunami sanggup terjadi lantaran beberapa faktor,



  1. Gempa Bumi yang Berpusat di Bawah Laut


Gempa bumi di dasar lautan ini yakni penyebab utama terjadinya gelombang tsunami. Begitu pun yang menghancurkan Banda Aceh tahun 2004 silam; dan tsunami yang memporak-porandakan Pulau Mentawai pada tahun 2010.


Sebagai Negara yang diliputi oleh ring of fire dan Negara kepulauan yang dikelilingi oleh samudera, Indonesia sangat berpotensi terkena tsunami. Meskipun begitu, tidak semua gempat bumi yang episentrumnya di bawah maritim berpotensi menimbulkan tsunami.



  1. Letusan Gunung Berapi


Letusan gunung berapi bisa menimbulkan terjadinya gempa vulkanik. Tsunami besar yang terjadi di tahun 1883 juga jawaban dari meletusnya Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda; meletusnya Gunung Tambora di NTT pada tahun 1815.



  1. Longsor Bawah Laut


Longsor bawah maritim ini terjadi jawaban adanya tubrukan antara lempeng benua dan lempeng samudera. Proses tersebut menimbulkan terjadinya pegunungan dan palung laut. Tsunami yang diakibatkan longsoran bawah maritim ini dikenal juga dengan nama tsunamic submarine landslide.



  1. Hantaman Meteor di Laut


Jatuhnya sebuah meteor ke maritim juga bisa menimbulkan tsunami lantaran daya hantamnya yang besar sanggup memicu gelombang yang juga besar.


Interpretasi atau Simpulan


Tsunami sanggup dengan gampang memporak-porandakan daratan. Untuk itu penting bagi kita untuk semenjak dini mengenal tanda-tanda tsunami biar kerugian yang ditimbulkan dari bencara tersebut sanggup dikurangi.




Teks eksplanasi biasanya menjadi materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan pada sisw √ Contoh Teks Eksplanasi Singkat Padat Jelas TERLENGKAP


Banjir Bandang


Pernyataan Umum


Banjir termasuk ke dalam satu dari sekian tanda-tanda alam yang secara eksklusif mempegaruhi kehidupan manusia, baik itu menimbulkan kerusakan secara fisik maupun mental.


Dalam pengertiannya, banjir yakni luapan air dengan debit besar yang menggenangi dan menerjang suatu daerah. Peristiwa meluapnya air tersebut kemudian masuk ke daerah pemukiman yang dihuni oleh insan jawaban sungai sudah tidak bisa lagi menampung air tersebut.


Deretan Penjelas Sebab Akibat


Terjadinya banjir sedikitnya disebabkan oleh dua faktor; yaitu faktor alam dan faktor manusia.


Faktor alam yakni curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, adanya pasang naik air laut, dan mungkin lantaran wilayahnya terletak pada cekungan yang dikelilingi perbukitan di mana jalan keluar air menjadi sempit.


Sedangkan faktor insan yakni acara penebangan hutan, buang sampah tidak pada tempatnya, sehingga terusan air tersumbat dan kemudian air meluap.


Banjir sanggup menimbulkan kerugian besar bagi manusia. Banyak barang-barang berharga yang ter-rendam banjir. Sarana public porak-poranda, bahkan tidak sedikit nyawa insan melayang sia-sia


Interpretasi


Banjir sanggup menimbulkan kerugian bagi ummat manusia, oleh lantaran itu harus mempelajari dengan menyeluruh mengenai sebab-sebab banjir biar bisa dilakukan pencegahan sebelum petaka itu terjadi.





Contoh Teks Ekplanasi Singkat Sosial Beserta Strukturnya





Teks eksplanasi biasanya menjadi materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan pada sisw √ Contoh Teks Eksplanasi Singkat Padat Jelas TERLENGKAP


Pengangguran


Pernyataan Umum


Pengangguran yakni salah satu fenomena sosial yang berafiliasi dengan aspek ketenaga kerjaan yang telah menjadi permasalahan semenjak dahulu dan muncul di masyarakat.


Layaknya sebuah penyakit kronis, pengangguran telah menyerang sisi kehidupan dalam kehidupan bermasyarakah. Entah sudah berapa banyak penanggulangan yang sudah dilakukan, tetapi permasalahan tersebut tidak serta merta menghilang.


Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi problem pengangguran ini ada di semua Negara di dunia. Pada setiap rezim, agenda pemberantasan pengangguran selalu menjadi prioritas utama.


Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Deretan Penjelas dan Sebab Akibat


Secara umum, fenomena sosial pengangguran ini diartikan sebagai orang cukup umur yang tidak mempunyai pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau tidak mendapat suatu penghasilan.


Ada beberapa faktor fundamental yang memang menjadi lantaran munculnya pengangguran. Hematnya, pengangguran tercipta lantaran adanya kesenjangan antara kesempatan bekerja dan pencari kerja. Pengangguran juga sanggup disebabkan lantaran terjadinya perubahan strukturan pada tenaga kerja pada tingkat keterampilan yang berbeda-beda.


Sehingga kualifikasi kompetensi yang dimiliki pencari kerja tidak up to date; tidak sesuai lagi dengan tuntutan baru. Dan bisa juga pengangguran ini terjadi lantaran adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).


Berawal dari pengangguran, problem sanggup berlanjut ke permasalahan ekonomi. Bila jumlah penganggur terus meningkat, maka akan timbul kekacauan sosial; menyerupai misalkan menjadi gelandangan dan melaksanakan tindakan criminal.


Interpretasi


Berdasarkan uraian di atas, maka sudah barang tentu fenomena sosial pengangguran ini yakni problem yang sangat besar dan berefek domino. Oleh lantaran itu harus segera dicari solusinya; salah satunya yakni dengan memperbanyak lowongan kerja atau diadakan training menjadi pengusaha.





Contoh Teks Ekplanasi Kompleks Beserta Strukturnya





Teks eksplanasi biasanya menjadi materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan pada sisw √ Contoh Teks Eksplanasi Singkat Padat Jelas TERLENGKAP


Bahaya Rokok


Pernyataan Umum


Rokok yakni kertas yang berbentuk silinder dengan ukuarn sekira 70 – 120 mm (bervariasi tergantung Negara) dengan diameter 10 mm yang di dalamnya diisi daun-daun tembakau yang sebelumnya telah dicacah.


Rokok dibakar di salah satu ujungnya dan dinikmati oleh perokok dengan cara dihisap; dihirup lewat lisan di ujung lainnya.


Deretan Penjelas dan Sebab Akibat


Rokok biasa dijual dalam bungkusan berbentuk kemasan kertas atau kotak yang muat dalam saku. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkus rokok tersebut disertai pesan-pesan kesehatan yang memperingati para perokok biar tidak merokok dan menjaga kesehatannya.


Bahaya itu antara lain kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin. Tetapi kemudian peringatan itu hanya menjadi hiasan saja; tidak dipatuhi sama sekali.


Sudah banyak riset yang menunjukan bahwa rokok memang menimbulkan ketergantungan, disamping juga menimbulkan penyakit-penyakit berat menyerupai kanker, jantung, pernapasan, pencernaan, dll. Juga sanggup menciptakan impotensi.


Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok adalah:



  1. Nikotin


Nikotin ini mengandung candu yang bisa menimbulkan seseorang ketagihan untuk terus-terusan menghisap rokok. Pengaruh lainnya yaitu sanggup merusak jaringan otak secara perlahan.



  1. Tar


Bahan dasar pembuat aspal. Bahan ini sanggup melekat pada paru-paru untuk kemudian menimbulkan iritasi bahkan kanker; meningkatkan produksi lender di paru-paru, membuhuh sel dalam terusan darah, dan menimbulkan kanker paru-paru.



  1. Karbon Monoksida


Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung lantaran gas ini sifatnya mengikat oksigen di dalam tubuh yang bertugas mengikat hemoglobin dan memperlancar peredaran darah.



  1. Zat Karsinogen


Dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.



  1. Zat Iritan


Zat ini mengotori terusan udara dan kantung udara di paru-paru. Dapat menimbulkan batuk.


Interpretasi


Secara terang kita sudah sanggup melihat bagaimana paru-paru perokok mengalami perubahan warna. Paru-paru sehat itu berwarna merah muda; sementara paru-parunya para perokok berwarna kuning kecoklatan.


Selain itu pada penggalan trakea atau pipa udara paru menjelma agak kecoklatan dan tersumbat. Itu semua yakni ancaman rokok. Oleh lantaran itu, mulai dari kini kita harus menjaga kesehatan dengan berhenti merokok dan menghindari asap rokok.





Itulah beberapa pola teks ekplanasi singkat (fenomena sosial, ihwal tragedi alam, kompleks, dll). In syaa Allah akan diupdate listnya di waktu mendatang. Dan pembahasannya akan lebih lengkap.



  • Teks Eksplanasi Gempa Bumi

  • Teks Eksplanasi Gunung Meletus

  • Teks Eksplanasi Pelangi

  • Teks Eksplanasi Tanah Longsor

  • Teks Eksplanasi Hujan Asam

  • Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

  • Teks Eksplanasi Kekeringan

  • Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan


 


Contoh Teks Eksplanasi



Sumber https://satriabajahitam.com