Friday, May 4, 2018

√ Monitoring Dan Penilaian Dalam Supervisi Manajerial



Metode utama yang  harus  dilakukan oleh pengawas Sekolah dalam supervisi manajerial yakni monitoring dan evaluasi.




1)    Monitoring 


Monitoring yakni suatu kegiatan untuk mengetahui perkembangan pelak-sanaan penyelenggaraan Sekolah, apakah sudah sesuai dengan rencana, program, dan/atau standar yang telah ditetapkan, serta menemukan hambatan-hambatan yang harus diatasi dalam pelaksanaan aktivitas (Rochiat, 2008: 115). Monitoring lebih berpusat pada pengontrolan selama aktivitas berjalan dan lebih bersifat klinis. Melalui monitoring, sanggup diperoleh umpan balik bagi Sekolah atau pihak lain yang terkait untuk menyukseskan ketercapaian tujuan. Aspek-aspek yang dicermati dalam monitoring yakni hal-hal yang dikembangan dan dijalankan dalam Rencana Pengembangan Sekolah (RPS). Dalam melaksanakan monitoring ini tentunya pengawas harus melengkapi diri dengan parangkat atau daftar isian yang memuat seluruh indikator Sekolah yang harus diamati dan dinilai.




2)    Evaluasi 


Kegiatan penilaian untuk mengetahui sejauhmana kesuksesan pelaksanaan pe-nyelenggaraan Sekolah atau sejauhmana keberhasilan yang telah dicapai dalam kala waktu tertentu. Tujuan penilaian utamanya yakni untuk (a) mengetahui tingkat keterlaksanaan program, (b) mengetahui keberhasilan program, (c) mendapat bahan/masukan dalam perencanaan tahun berikutnya, dan (d) memperlihatkan penilaian (judgement) terhadap Sekolah.



Sumber https://www.asikbelajar.com