Wednesday, May 2, 2018

√ Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Susah Makan – Setiap Ibu niscaya ingin melihat buah hatinya sehat dan terpenuhi gizinya. Untuk mencapai ini tentu dengan memberi mereka makan yang kaya akan nutrisi. Apalagi jikalau mengalami kasus ‘kegagalan’ dalam menawarkan nutrisi ketika anaknya masih bayi 0 – 2 tahun lewat ASI dikarenakan sedikit, meskipun sudah berikhtiar memakai obat pelancar ASI, tapi tetap saja.


Alhasil … bagaimana bila anak mengalami susah makan? tentu ini menjadi persoalan serius lantaran dapat menyebabkan anak praktis sakit.


Saat umur 2-5 tahun, banyak anak yang mengalami ini. Mereka sangat susah sekali diajak makan, meskipun para ibu sudah menawarkan makanan paling lezat sekalipun.


Sebagai seorang ibu yang baik, tentu akan mencari solusi untuk mengatasi persoalan tersebut. Tapi sebelumnya harus tahu dulu apa saja sih penyebab anak susah makan..


Yuk simak klarifikasi berikut ini:





1. Kehilangan Selera Makan




Berdasarkan penelitian, faktor ini banyak dialami oleh anak khususnya yang masih bayi. Bayi cenderung akan menyemburkan makanan yang diberikan atau hanya mengemut saja. Hal ini disebabkan lantaran bayi kehilangan selera makan.


Namun tidak semua bayi mengalami ini, hanya bersifat relatif saja. Solusi untuk mengatasi ini yaitu dengan cara menawarkan makanan pendamping semoga asupan gizi si bayi tetap terpenuhi.




2. Sedang Tumbuh Gigi




Faktor kemungkinan yang kedua yaitu si anak sedang mengalami tumbuh gigi, sehingga harus diberikan makanan yang teksturnya agak kasar.




3. Rasa Ingin Tahu yang Besar




Kita semua tahu bahwa ketika bawah umur rasa ingin tahu mereka perihal dunia luar begitu besar. Rasa ingin tahu mereka mengalahkan rasa lapar mereka, sehingga bila sudah masuk waktunya makan mereka malah lebih asik bermain.


Untuk mengatasi ini dapat dengan menawarkan kebebasan kepada mereka untuk makan dengan caranya sendiri, maksudnya tanpa disuapi.




4. Bosan dengan Tekstur Makanan yang Itu-itu Saja




Bisa jadi anak susah makan lantaran mereka bosan dengan bentuk dan tekstur makanan mereka. Maka dari itu orang renta harus kreatif dalam menciptakan sajian untuk mereka. Sajikan juga pada daerah yang berbeda semoga mereka semakin tertarik dan meningkatkan nafsu makan.




5. Tak Pernah Benar-benar Lapar




Yang kelima yaitu mereka tidak merasa lapar. Ini disebabkan lantaran ketika sudah makan kemudian diselingi dengan makana kecil lain. Misalnya cemilan dan susu, sehingga ketika waktu makan berikutnya tiba, perut mereka masih kenyang.


***


Nah itulah faktor penyebab anak susah makan, semoga dapat membantu bunda ya…



Sumber https://satriabajahitam.com