Thursday, May 3, 2018

√ 5 Referensi Paragraf Eksposisi Berita

Contoh Paragraf Eksposisi Berita - Eksposisi informasi ialah salah satu bentuk pengembangan paragraf eksposisi yang menyajikan, atau memaparkan informasi wacana suatu kejadian yang telah terjadi atau hasil dari sebuah penelitian.

Sama menyerupai paragraf eksposisi lainnya, eksposisi ini menyajikan topiknya dengan memperlihatkan data – data yang lengkap baik berupa fakta, contoh, table, grafik, atau bentuk data – data lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan alasan yang berpengaruh pada topik yang disampaikan.

Contoh – pola paragraf eksposisi berita

Contoh 1

Bencana longsor yang terjadi di kampung Cibitung, Kecamatan Panggelangan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada hari selasa, 12 April 2015, pukul 14.00 wib menjadikan kerusakan yang sangat parah. Longsor tersebut telah menimbun ratusan rumah dan perkebunan yang ada di sana. Longsor ini terjadi akhir dari hujan deras yang terjadi selama 4 hari sebelumnya. Hujan deras itu mengakibatkan tanah di perbukitan ikut tergerus dan longsor. Nahasnya, ribuan kubik tanah yang longsor itu meluncur menghantam pipa geothermal Star Energi Geothermal sehingga menjadikan ledakan yang sangat keras. Akibatnya, 4 korban meninggal dunia, 14 orang menghilang dan diperkirakan masih tertimbun di dalam tanah, dan ratusan orang mengalami luka ringan dan berat. Korban luka tersebut telah dirawat di rumah sakit setempat. Hingga ketika ini team penyelamatan sedang mencari korban yang masih hilang dengan cara menggali tempat-tempat yang diyakini masih terdapat korban. Sebenarnya, tragedi ini sudah diperkirakan sebelumnya. Pemerintah pun telah merencanakan untuk merelokasi warga sekitar. Namun, planning ini batal akhir dari ketiadaan tempat untuk menampung warga sekitar sehingga terjadilah tragedi yang sangat mengerikan ini.

Contoh 2

Penyu (Chelonia Mydass) akan selalu kembali ke tempat asalnya dimana beliau dilahirkan untuk bertelur. Perilaku asing ini telah diteliti oleh beberapa ilmuan. Mereka menghabisakan waktu beberapa tahun untuk menemukan alasan yang berpengaruh dari sikap asing ini. Setelah diteliti, sikap bertelur penyu ini ternyata merupakan sebuah tradisi yang telah mereka lakukan selama beberapa ribu tahun yang lalu. Penyu – penyu itu selalu kembali ke tempat asalnya sebab mereka merasa tempat itu sebagi tempat yang sangat kondusif untuk menaruh telur - telurnya. Setelah menetas, anak - anak penyu akan eksklusif menuju lautan dan ketika akan berenang mereka akan selalu menoleh ke belakang untuk mengingat tempat mereka dilahirkan tersebut. Hal inilah yang menciptakan mereka akan selau kembali ke tempat mereka dilahirkan untuk bertelur.
Advertisement

Contoh 3

Tahun ini pemerintah akan mengganti materi bakar premium dengan pertalite per bulan maret 2015. Penggantian ini telah disetujui oleh menteri SDM dan pihak pertamina. Mereka beralasan bahwa penggunaan pertalite jauh lebih efisien dan ramah lingkungan jikalau dibandingkan dengan penggunaan premium. Hal ini dikarenakan pertalite mengandung kadar Ron yang lebih baik. Tak hanya itu, pertalite juga mempunyai kadar oktan yang berkisar antara 90 hingga 91, atau berada diantara produk premium yang mempunyai kadar oktan 88 dan pertamax di level 92. Hal ini akan menghasilkan pembakaran yang tepat pada kinerja mesin mobil, sehingga mesin akan menjadi optimal dan awet. Sayangnya, pemerintah hingga sekarang masih gundah dalam memilih margin laba dalam penjualan pertalite ini. Diperkirakan margin manfaatnya akan mendekati margin laba pada pertamax, yaitu di kisaran Rp 375 per liter. Rencananya pemerintah akan mengganti semua premium dengan cara bertahap, ketika ini mereka telah melaksanakan uji coba di wilayah Jawa, 
Madura, dan Bali. Direncanakan tahun depan pertalite telah dipakai oleh konsumen di seluruh wilayah Indonesia.    

Contoh 4

Tumbuhan kunyit sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tumbuhan ini sering dipakai sebagai bumbu atau rempah yang dipakai sebagai penyedap rasa alami dalam masakan. Selain itu, kunyit juga sanggup dipakai sebagai flora obat. Tumbuhan ini telah terbukti sanggup dipakai untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti, kanker, gangguan pencernaan, dan lain – lain. Bahkan kunyit, sanggup juga dipakai untuk mengurangi resiko penyakit diabetes, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk orang – orang yang mempunyai gen diabetes. Selain sebagai penyedap dan obat, kunyit juga sanggup dipakai sebagai materi pewarna kuning alami, sehingga kunyit sering dipakai sebagai pewarna makanan – makanan sebab tidak menyebabakan imbas samping yang berbahaya.  

Contoh 5

Warga Negara Indonesia yang hilang di Nepal akhir gempa pada tanggal 1 April 2015 belum ditemukan. Mereka ialah para pendaki anggota Taruna Hiking Club atau THC Bandung, yaitu Jeroen Hehuwat, 39 tahun; Kadek Andana, 26 tahun; dan Alma Parahita, 31 tahun. Saat gempa berlangsung, mereka kehilangan kontak dengan teman – teman mereka yang ada di sana. Namun, diperkirakan para pendaki ini berada di kawasan Langtang. Berbekal informasi itu, pemerintah segera mengutus BASARNAS dan Tentara Nasional Indonesia untuk melaksanakan evakuasi. 

Sumber http://www.kelasindonesia.com