Thursday, May 3, 2018

5 Agama Yang Membolehkan Poligami, Tidak Hanya Islam!

 Nyatanya bukan hanya Islam yang membolehkan poligami 5 Agama Yang Membolehkan Poligami, Tidak Hanya Islam!


5 Agama Yang Membolehkan Poligami, Tidak Hanya Islam!. Nyatanya bukan hanya Islam yang membolehkan poligami, ada beberapa agama lain yang memperbolehkan menikah dan mempuyai 2 orang istri.

Hal ini niscaya bakal menciptakan para penggemar ingin tau sekaligus bimbang mengenai persoalanan ini. Sebab sepengetahuan Islam yang jelas-jelas memperbolehkan seorang suami untuk memiliki istri lebih dari 1, tetapi dengan beberapa pengecualian tertentu. Nah niscaya ada alasan poligami diperbolehkan.

Apa itu Poligami

Poligami sendiri ialah suatu sistem perkawinan dimana seorang lelaki ataupun suami bisa memperistri perempuan lebih dari 1, dalam waktu yang bersamaan. Beberapa agama terperinci melarang poligami misalnya Kristen Katolik, tetapi nyatanya ada juga beberapa agama yang memperbolehkan pengikutnya untuk memperistri lebih dari 1, ada beberapa agama yang membolehkan syarat tertentu poligami dan ada juga yang tidak membolehkannya.

Kenapa islam membolehkan poligami

Alasan diperbolehkannya poligami? Pada dasarnya islam hanya memperbolehkan seorang suami hanya memiliki 1 orang istri. Tetapi ada beberapa peraturan diterapkan mengenai diperbolehkannya seorang suami memiliki istri lebih dari 1. Adapun beberapa tujuan dan aturan untuk poligami ialah untuk memperoleh keturunan, bisa memberi nafkah dengan cara adil untuk setiap istri-istrinya, bisa membagikan keperluan baik fisik maupun psikis untuk para istri-istrinya.

Pada prakteknya tidak setiap negara Islam memperolehkan poligami. Beberapa contoh poligami di negara Tunisia, Turki, dan beberapa negara lainnya melarang aliran ini. Ada juga beberapa negara yang memperbolehkan adanya praktek poligami ini, dan Indonesia ialah salah satunya, dengan beberapa persyaratan tertentu.

Ada 3 jenis poligami yang ada di dunia ini, yaitu :

#1. Poligini

Ini merupakan ijab kabul yang umum terjadi, dimana seorang laki-laki bisa memiliki lebih dari 1 orang istri dalam waktu yang bersamaan.

#2. Poliandri

Ini ialah suatu ijab kabul yang sangat jarang terjadi, dimana seorang istri bisa memiliki beberapa orang suami dalam waktu yang bersamaan.

#3. Pernikahan kelompok

Pernikahan ini terbukti sangat jarang terjadi, tetapi terbukti ada kelompok yang menggunakan cara misalnya ini. Pernikahan kelompok ialah kombinasi antara poligini dan poliandri.

Daftar agama yang memperbolehkan penganutnya berpoligami

Poligami dalam agama lain nyatanya bukan hanya Islam yang membolehkan poligami, berikut ini ialah beberapa agama yang memperbolehka poligami :

#1. Hindu Membolehkan Poligami

Pada zaman dahulu, praktek poligini dan poliandri diperbuat oleh masyarakat Hindu khususnya oleh raja pada kasta tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk membenahi meniru keturunan, atau seorang pewaris.

Tetapi intinya dalam kitab Hindu cocoknya Buku ke-3 pada Tritiyo 'dhayayah pasal 5, dimana disana disebutkan bahwa seorang gadis dan seorang laki-laki hanya bisa menentukan seorang laki-laki ataupun seorang gadis yang tidak memiliki kekerabatan darah dekat.

#2. Buddhisme Membolehkan Poligami

Dalam agama Budha, tidak ada aturan yang melarang penganutnya untuk memperistri lebih dari 1 dengan cara langsung. Tetapi sang Budha hanya membagikan nasihat mengenai bagaimana cara berumah tangga yang baik, dan bagaimana cara menjalankan kiprah seorang suami dan seorang istri.

Sang Budha juga dengan cara tegas membagikan klarifikasi bagaimana jadinya apabila seorang suami berangkat mendatangi perempuan lainnya yang bukan istrinya, niscaya itu bakal menyebabkan musibah tersendiri.

#3. Yudaisme Membolehkan Poligami

Ini ialah aliran agama Yahudi, pada kitab-kitab kuno agama Yahudi menyebutkan bahwa poligami bisa diperbuat oleh beberapa alasan. Tetapi pada kini ini Yahudi melarang poligami dengan beberapa pertimbangan.

#4. Kristiani Membolehkan Poligami


Gereja kristiani pada umumnya misalnya Kristen Protestan, Kristen bahkan kristen ortodoks, sangat melarang praktik poligami ini. Tetapi ada beberapa aliran kristen memperbolehkan poligami dengan merujuk pada kitab-kitab kuno Yahudi. Sedangkan gereja Kristen merevisi pandangan terebut pada tahun 1866, dengan merujuk pada kitab Alkitab Markus 10 ayat 1-12.

#5. Mormonisme Membolehkan Poligami

Pada tahun 1840 hingga kini ada yang disebut dengan penganut Mormonisme yang dipimpin oleh Joseph Smith yang berada di Amerika Serikat. Dalam ajarannya Mormonisme sangat memperbolehkan bahkan meharuskan poligami.

Pada tahun 1882 penganut ini sempat melaksanakan protes keras mengenai undang-undang anti poligami yang dibangun oleh Pemerintah Amerika Serikat. Praktek ini tidak digunakan kembali ketika Utah bergabung dengan Amerika Serikat. Tetapi sejumlah Mormonisme tetap tetap mempraktekkan aliran poligami ini hingga ketika ini.

Pandangan Beberapa Orang Mengenai Persoalan Poligami

Ada dua pandangan mengenai duduk perkara poligami ini, beberapa pihak menyebutkan memperbolehkan alasannya ialah beberapa alasan, dan ada juga yang melarang dengan beberapa alasan.

#1. Alasan Positif Poligami


Ada beberapa orang yang beropini bahwa poligami ialah sesuatu yang positif, alasannya ialah bisa mencegah perzinahan, mencegah pelacuran, mencegah kemiskinan, dan juga bisa menambah ekonomi keluarga.

#2. Alasan Negatif Poligami

Sedangkan banyak juga yang berasumsi bahwa poligami bakal menyakiti beberapa macam pihak, dan bisa memunculkan beberapa efek negatif. Adapun beberapa efek negatif yang ditimbulkan ialah efek psikologis untuk istri, ada juga akhir aturan bagi negara tertentu, akhir kesehatan, dan sebagainya.

Dengan beberapa macam persoalanan mengenai poligami ini maka kau bakal bisa andal kesimpulan. Kesimpulan yang diambil oleh setiap orang pastinya tidak sama-beda, dan tidak ada yang salah. Sebab semua kesimpulan berdasarkan pemikiran, dan acuan yang dimiliki oleh setiap orang.

Dengan dibahasnya artikel poligami ini maka kau mengenal bahwa nyatanya bukan hanya Islam yang membolehkan poligami, ada juga beberapa agama lain yang membolehkan poligami selain Islam. Dan tentu saja dampak poligami ini niscaya ada.

Baca Juga : Alasan ijab kabul sedarah di larang dalam Islam...!
Sumber http://www.faktakah.com