Wednesday, March 14, 2018

√ Susunan Program Ulang Tahun Anti Mainstream, Sederhana, Bermakna

Susunan Acara Ulang Tahun – Ulang tahun yaitu sebuah momen yang akan selalu menawarkan kesan tersendiri. Bermacam-macam pemaknaan diterapkan oleh setiap orang yang mengalaminya. Ada yang memaknai ulang tahun ini sebagai peringatan bahwa jatah umur tidak lagi banyak; ada pula yang menganggap ulang tahun ini sebagai bentuk syukur alasannya yaitu masih diperkenankan hidup hingga hari ini.


Yang mana pun tidak masalah, tetapi akan lebih baik bila program ulang tahun yang diselenggarakan tidak hanya menjadi kebahagiaan diri sendiri, tetapi juga orang lain.


Oleh alasannya yaitu itu penting kiranya untuk menciptakan susunan program ulang tahun yang tidak menjadi seremonial saja, tetapi juga menjadi program perenungan dan rasa syukur bagi semua orang yang menghadiri program tersebut.


Berikut susunan program ulang tahun yang baik,





Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Dewasa




 Ulang tahun yaitu sebuah momen yang akan selalu menawarkan kesan tersendiri √ Susunan Acara Ulang Tahun Anti Mainstream, Sederhana,  Bermakna
sigambar.com

Secara umum dan sederhana susunan program ulang tahun yang sanggup kita laksanakan yaitu sebagai berikut:



  1. Pembukaan oleh pembawa program / MC

  2. Doa dari ustadz / orang renta terhadap yang berulang tahun

  3. Games anti mainstream bermakna

  4. Makan-makan

  5. Hiburan

  6. Doa penutup


Susunan di atas masih sanggup dikembangkan di bab games anti mainstream bermakna. Ada banyak games-games yang melibatkan semua seruan ulang tahun yang hadir, hal ini sanggup memenuhi salah satu syarat ulang tahun yang baik tadi; yaitu tidak hanya sekadar seremonial, tapi juga ajang perbaikan diri, perenungan, dan bukti syukur.


Nah, masih bingung? Berikut klarifikasi mengenai susunan program ulang tahun di atas.




Penjelasan Susunan Acara Ulang Tahun Sweet Seventeen




 Ulang tahun yaitu sebuah momen yang akan selalu menawarkan kesan tersendiri √ Susunan Acara Ulang Tahun Anti Mainstream, Sederhana,  Bermakna
ummi-online.com

1. Pembukaan oleh Pembawa Acara / MC


Setiap kegiatan niscaya ada pembuka dan penutupnya, termasuk di program ulang tahun. MC di sini bertugas untuk membuka program secara umum sekaligus menjadi pengatur suasana. Kaprikornus dalam menentukan MC harus diperhatikan beberapa hal menyerupai kecakapannya berbicara dan menguasai ‘panggung’ biar program ulang tahun yang diselenggarakan tidak ‘garing’.


Sebagai referensi, ini ada pola teks MC semi formal pada program ulang tahun.


Assalaamu’alaykum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Sahabat-sahabat semua yang aku cintai, pada kesempatan yang berbahagia ini mari kita panjatkan segala puji dan syukur kepada Allah swt. yang telah memperkenankan kita semua bernafas hingga detik ini; dengan rahmatNya pula kita semua sanggup dipertemukan kembali di sebuah program ulang tahun sahabat kita semua, yaitu (nama).


Lihat wajah sahabat kita ini, umurnya sudah semakin tua, semoga semangatnya selalu muda, ya. Mari kita doakan biar (nama) menjadi orang yang berpengaruh dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup, berprestasi, dirindukan kehadirannya ketika tidak ada, mencairkan suasana jikalau ada. Juga biar sisa umurnya bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi ibu dan bapaknya. Aamiin.


Yang aku muliakan, Bpk. Ustadz, telah berkenan hadir di program ulang tahun ini, kami menghaturkan terima kasih sebanyak-banyaknya. Saya mewakili pihak keluarga memohon maaf apabila dalam jamuan tidak pas dan kurang berkenan.


Izinkan aku sebagai pembawa program membacakan secara singkat susunan program ulang tahun yang akan kita selenggarakan ini.



  1. Pembukaan

  2. Kata-kata dari orang tua

  3. Doa dari ustadz

  4. Games anti mainstream bermakna

  5. Makan-makan

  6. Hiburan

  7. Renungan

  8. Doa penutup


Semoga dengan terselenggaranya program ulang tahun ini hubungan silaturahim kita semua makin terjaga dan Allah mencatat ini sebagai sarana penyambung silaturahim, bukan yang lain. Aamiin.


Baik pribadi saja ke program …


2. Kata-kata dari orang tua


Pada sesi ini, MC menawarkan waktu dan tempatnya pada orang renta untuk menceritakan kehidupan anaknya yang ulang tahun dari kecil hingga pada hari ini. Dimulai dari kebandelan-kebandelannya, kelucuan-kelucuannya, yang menciptakan orang renta bangga, hingga impian orang renta untuk anaknya di hari-hari sesudah terselenggaranya program ulang tahun ini.


Bila kau orang renta yang sedang membaca goresan pena ini, ada acuan / kerangka sederhana tapi mengena yang sanggup digunakan pada sesi ini.


Alhamdulillah. Terima kasih atas waktu yang diberikan pada kami. Anak kami, (nama yang ulang tahun) yaitu anak yang sangat kami sayangi. Sehingga kebutuhannya lebih penting untuk terpenuhi daripada kebutuhan kami sendiri. Allah menitipkan (nama yang ulang tahun) yaitu untuk mewarnai hari-hari kami, kau permata hati / pendekar kami.


Sejak kau masih kecil, tertawa riangmulah yang mengobati kelelahan-kelelahan kami, sehingga kami merasa aib untuk mengeluh; kemudian melanjutkan bekerja keras. Kamu yaitu anak yang baik, semoga Allah senantiasa menjaga itu dan menjadikanmu lebih baik lagi.


Kami besar hati menjadi orang tuamu. Kami harap kau juga besar hati menjadi anak kami. Semoga di program ulang tahun ini kau mengambil pelajaran penting wacana waktu.


Sini … (panggil anaknya, peluk)


3. Doa dari Ustadz


Untuk doa, serahkan saja sepenuhnya pada ustadz yang lebih tahu. Tetapi baik juga untuk meminta ustadz mendoakan secara lebih spesifik, misalkan biar orang yang ulang tahun mendapat prestasi, menjadi orang yang disiplin, dan berbakti pada orang tua.


4. Games Acara Ulang Tahun


Untuk menambah nilai faktual dari program ulang tahun, alangkah baiknya diadakan games yang melibatkan semua orang; dalam artian games team building, sehingga suasa kekeluargaan dalam program ulang tahun tersebut lebih terasa.


Beberapa games ulang tahun yang sanggup diadakan antara lain,


Games Menumpuk Gelas



Permainan ini melatih kerjasama kelompok dan kebersamaan dalam langkah. Ada makna yang terselip dalam permanainan ini sehingga elok untuk dijadikan salah satu games pada program ulang tahun, yaitu sahabat yang saling mendukung satu sama lain hingga tujuan tercapai.


Games Pingpong Berjalan


 Ulang tahun yaitu sebuah momen yang akan selalu menawarkan kesan tersendiri √ Susunan Acara Ulang Tahun Anti Mainstream, Sederhana,  Bermakna
pinterest.com

Games ini juga membutuhkan kerjasama tim yang elok biar jarak yang ditempuh sanggup lebih jauh. Cara bermainnya yaitu setiap hadirin membawa paralon yang sudah dipotong setengah. Hal ini dimaksudkan biar kita, sebagai pemain sanggup dengan terang melihat perjalanan pingpong. Tujuan utama games ini yaitu mencari jarak terjauh yang sanggup ditempuh setiap kelompok dengan waktu yang sudah ditentukan.


Seperti ini: Orang 1 >>> pingpong dialirkan di atas paralon ke >>> Orang 2 >>> pingpong dialirkan di atas paralon ke >>> Orang 3 (Orang 1 berlari ke samping Orang 3) >>> pingpong dialirkan di atas paralon ke >>> Orang 1 >>> Orang 2 >>> Orang 3 >>> Orang 1


Begitu seterusnya hingga batas waktu yang ditentukan habis. Pemenang ditentukan dari jarak tempuh bola pingpong.


Games Tebak Kata


 Ulang tahun yaitu sebuah momen yang akan selalu menawarkan kesan tersendiri √ Susunan Acara Ulang Tahun Anti Mainstream, Sederhana,  Bermakna
youtube.com

Kalau kalian suka nonton TV, mungkin game ini sudah familiar. Nah, tahu sendiri kan suasana ketika game ini sedang berlangsung bagaimana? Meriah! Rame! Kenapa tidak dicoba di program ulang tahun? Pasti seru.


Games Lempar Korek


 Ulang tahun yaitu sebuah momen yang akan selalu menawarkan kesan tersendiri √ Susunan Acara Ulang Tahun Anti Mainstream, Sederhana,  Bermakna
industri12adepriyono.blogspot.com

Games ini sudah lazim diadakan di setiap program ulang tahun dan hingga hari ini masih tetap ada. Cara bermainnya adalah, bungkus korek api dilempar-lempar sambil diputarkan lagu oleh MC. Terus dilempar-lempar saja hingga MC menghentikan lagu.


Nah, orang yang sedang memegang korek api di ketika lagu sudah mati diharuskan untuk maju ke depan dan mendapat eksekusi (nyanyi / joget).


Sebenarnya masih terdapat games yang sanggup dimainkan, mungkin di postingan selanjutnya.


5. Makan-makan


Setelah final bermain games anti mainstream bermakna, selanjutnya kita arahkan tamu dan hadirin yang ada untuk menyantap makanan. Boleh itu dari masakan ringan manis ulang tahun yang kita buat / tumpeng. Atau masakan lainnya.


6. Hiburan


Di sesi hiburan, sanggup diisi oleh sulap, stand up comedy, atau kata-kata dari teman-teman / hadirin pada yang sedang ulang tahun.


7. Renungan


Mungkin ini yang menciptakan program ulang tahun yang kita buat sedikit berbeda, yakni adanya sesi renungan. Sesi ini sangat perlu sekali biar program ulang tahun yang sudah disusun tidak hanya menjadi seremonial saja, tetapi lebih dari itu sebagai bentuk syukur pada Allah swt.




Contoh Rundown Acara Ulang Tahun Ke-17




 Ulang tahun yaitu sebuah momen yang akan selalu menawarkan kesan tersendiri √ Susunan Acara Ulang Tahun Anti Mainstream, Sederhana,  Bermakna
indahdekorasibalon.blogspot.com

Setelah terang segala sesuatunya, berikut ini yaitu pola rundown atau alur berjalannya program ulang tahun menurut waktu dan kegiatannya.










































Pukul



Kegiatan



08:30


Memutar musik-musik ulang tahun atau instrumen yang ceria dengan volume secukupnya. Hal ini dimaksudkan biar suasana tidak terlalu tenang ketika tamu mulai berdatangan.
09:00Pembukaan oleh MC sekaligus mengucapkan selamat tiba pada para hadirin.
09:10Kata-kata dari Orang renta wacana anaknya.
09:30Doa dari Ustadz untuk yang sedang berulang tahun.
09:40Games anti mainstream bermakna.
10:40Hiburan (kalau ada) / Renungan.
11:00Kata-kata dari hadirin terhadap yang sedang berulang tahun.
11:20Doa, tutup.



Itulah ide susunan program ulang tahun yang sanggup kau jadikan acuan bila ingin mengadakan pesta atau syukuran ulang tahun di rumah. Susunan program ulang tahun di atas sanggup digunakan untuk siapa saja. Maksudnya sanggup untuk program ulang tahun anak 5 hingga 10 tahun, ataupun untuk cukup umur sweet seventeen. Semoga bermanfaat.



Sumber https://satriabajahitam.com