Saturday, January 27, 2018

√ Pengertian Dan Pola Latar Belakang Dilema Penelitian

Pengertian dan Contoh Latar Belakang Masalah Penelitian - Latar belakang problem ialah informasi-informasi terkait dengan problem yang akan diteliti dan tersusun secara sistematis. Di dalam latar belakang masalah, pembaca akan diarahkan ke alasan besar lengan berkuasa mengapa suatu problem akan diteliti dan mengapa suatu metode penelitian digunakan. 

Misalkan, sebuah skripsi akan meneliti mengenai meningkatkan kualitas membaca siswa memakai teknik skimming dan scanning. Maka, di dalam latar belakang masalah, akan diberikan klarifikasi mengapa peneliti harus meningkatkan kualitas membaca siswa dan apa alasannya teknik skimming serta scanning harus digunakan.

Poin-poin atau isi latar belakang problem secara lebih spesifik ialah sebagai berikut:

1. Alasan rasional dan esensial menurut data, fakta, dan referensi. Alasan tersebut dipakai sebagai contoh ketertarikan peneliti.

2. Gejala-gejala yang ada di lapangan sehingga memunculkan permasalahan untuk lalu diteliti secara lebih lanjut.

3. Permasalahan-permasalahan kompleks dan pelik yang akan muncul apabila dibiarkan begitu saja dan tidak segera dicari solusinya.

4. Pendekatan yang ditinjau dari segi teoritis serta ditujukan untuk mengatasi masalah. 

Advertisement

Contoh Latar Belakang Masalah Penelitian


Bahasa ialah alat yang begitu penting bagi setiap sendi kehidupan. Perannya sebagai alat komunikasi, tentu tidak bisa dilepaskan dalam setiap detik hidup kita. Bahkan, saat berpikir sekalipun, kita masih memakai bahasa.

Di dalam sebuah bahasa, khususnya bahasa Indonesia, terdapat empat kemampuan pokok yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Diantara empat kemampuan berbahasa tersebut, kemampuan menulis merupakan kemampuan paling sulit dimana membutuhkan kemampuan-kemampuan lain untuk mencapai tingkat mahir. Untuk bisa menulis secara sistematis, Anda harus menjadi pendengar, pembicara, dan pembaca yang juga sistematis. 

Di tingkat sekolah menengah atas, salah satu aspek keterampilan menulis yang harus dikuasai siswa dengan baik ialah menulis teks laporan observasi. Ini ialah teks yang dihasilkan dari aktivitas-aktivitas pengamatan dan lalu disusun memakai bahasa-bahasa yang sistematis sehingga menjadi sebuah laporan kegiatan. 

Kemampuan menulis teks laporan observasi merupakan hal yang penting alasannya ialah dengan adanya pemahaman penulisan, maka siswa bisa secara peka melaksanakan pengamatan terhadap apa yang ada di sekelilingnya, serta lalu mempublikasikan dalam bentuk karya memakai susunan bahasa serta bab-bab dengan kaidah yang baik. 

Kendati demikian, kemampuan siswa Sekolah Menengan Atas dalam hal menulis teks tersebut dirasa masih sangat kurang. Ini ditandai dengan banyaknya kebingungan ihwal bagaimana cara melaporkan kegiatan observasi dengan baik. Pemahaman yang berbeda dalam hal struktur-struktur laporan observasi, menciptakan siswa belum menemukan contoh niscaya dalam pembuatan laporan. Selain hal teknis tersebut, terdapat problem lain dimana siswa memang belum bisa menemukan konsep ihwal bagaimana mengkonversi hasil observasi ke dalam bahasa-bahasa teks laporan observasi. 

Jika problem ini berlangsung secara terus-menerus, dikhawatirkan siswa menjadi insan-insan akademik yang tidak memiliki dasar dalam meneliti. Padahal, di masa depan mereka diharuskan menemukan solusi-solusi terhadap permasalahan publik, mereka akan menjadi ilmuwan yang seharusnya memiliki dasar ilmu penelitian yang baik. 

Inilah yang menciptakan penulis mengangkat tema Kajian Teks Laporan Observasi.

Sumber http://www.kelasindonesia.com