Belajar Komputer (Input Devices) | Perangkat input memungkinkan pengguna untuk mengirim data, informasi atau mengontrol sinyal ke komputer. Unit pemrosesan sentra komputer mendapatkan input dan memprosesnya untuk menghasilkan output.
Beberapa perangkat input pada komputer yang populer adalah:
- Keyboard
- Mouse
- Scanner
- Joystick
- Pena Cahaya
- Trackball (Lacak bola)
- Digitizer
- Mikropon
- Pengenalan Karakter Tinta Magnetik (MICR)
- Pembaca Karakter Optik (OCR)
Keyboard
Keyboard komputer ialah perangkat input yang dipakai untuk memasukkan karakter dan fungsi ke dalam sistem komputer dengan menekan tombol. Ini ialah perangkat utama yang dipakai untuk memasukkan teks. Keyboard biasanya berisi kunci untuk masing-masing huruf, angka dan karakter khusus, serta tombol untuk fungsi-fungsi tertentu. Keyboard terhubung ke sistem komputer memakai kabel atau koneksi nirkabel.
Mouse
Mouse ialah perangkat input kecil genggam yang mengontrol kursor atau penunjuk layar komputer dalam hubungannya dengan cara digerakkan pada permukaan yang datar. Nama istilah tikus berasal dari keserupaannya dengan perangkat kecil berbentuk tali dan elips yang terlihat ibarat ekor tikus. Beberapa perangkat mouse mempunyai fitur terintegrasi, ibarat tombol embel-embel yang sanggup diprogram dan ditetapkan dengan perintah yang berbeda.
Karena mouse mengurangi penggunaan keyboard, penemuannya dan penemuan berkelanjutan dianggap sebagai salah satu terobosan paling penting dalam ergonomi komputer.
Scanner
Prinsip dasar pemindai ialah menganalisis gambar dan mereproduksinya ke digital memakai teknik pengenalan karakter optik.
Fitur yang menonjol dari scanner termasuk:
- Reliabilitas - Tidak ibarat bentuk transmisi data tertentu, pemindaian hanya melibatkan pengalihan gambar keras ke bentuk digital. Peran pengguna simpulan terbatas dalam hal pemindaian. Dan sebab mereka tidak bergantung pada komunikasi dua arah, mereka juga sanggup membantu dalam menyimpan informasi penting atau mentransmisikan informasi penting.
- Efisiensi - Pemindai modern dibangun untuk efisiensi dan kecepatan. Dan itu tiba dengan fasilitas penggunaan serta kenyamanan.
- Kualitas - Pemindaian memastikan resolusi terbaik untuk gambar digital. Dibandingkan dengan mesin faks, yang mungkin merasa sulit untuk mereproduksi rincian akurat, pemindai sanggup mereproduksi gambar dengan resolusi tinggi dan presisi. Mereka sangat berkhasiat untuk arena fotografi dan teknik.
- Penghematan biaya - Salah satu laba terbesar dari pemindaian ialah penggantian file fisik / formulir dengan yang digital. Seiring dengan penghematan ruang fisik, yang harus dipakai untuk penyimpanan, ada juga manfaat lingkungan dengan memakai pemindai.
Joystick
Joystick banyak dipakai saat ada kebutuhan untuk melaksanakan penunjukan pribadi atau saat fungsi yang sempurna diperlukan. Ada aneka macam jenis joystick ibarat joystick pengganti, joystick yang dioperasikan dengan tangan, joystick yang dioperasikan jari, joystick yang dioperasikan dengan jari / jari tangan, joystick isometrik yang dioperasikan dengan tangan, dll.
Mirip dengan mouse dalam gerakan dan penggunaan, joystick juga menyertakan tombol, adakala dikenal sebagai pemicu. Perbedaan antara mouse dan joystick sebagian besar didasarkan pada fakta bahwa kursor / kursor meneruskan gerakan ke arah joystick kecuali dijaga tetap tegak, sedangkan mouse mencegah kursor dari gerakan lebih lanjut hingga dipindahkan.
Salah satu keunggulan joystick yang terlihat ialah kemampuannya untuk menyediakan interaksi cepat, yang sangat dibutuhkan dalam aplikasi game. Joystick menyediakan pengalaman bermain yang sangat dibutuhkan, yang lebih baik dalam kualitas dibandingkan dengan yang disediakan oleh perangkat input lainnya. Ini mempunyai desain yang sederhana dan gampang dipelajari dan digunakan. Seringkali murah.
Joystick, bagaimanapun, tidak gampang ditangani saat menentukan opsi dari layar dan bukan perangkat input yang disukai dalam perkara ibarat itu. Beberapa joystick membatasi arah gerakan ke depan, kiri, kanan dan belakang, dan tidak mengatakan gerakan diagonal atau lateral. Sekali lagi, joystick tidak sekuat perangkat input lainnya, dan, terkadang, pengguna merasa sulit untuk mengontrol dibandingkan dengan perangkat input lainnya ibarat mouse.
Light pen (Pena Cahaya)
Light Pen sanggup dianggap sebagai awal mula untuk teknologi layar sentuh dan pertama kali diciptakan pada tahun 1955 sebagai potongan dari Proyek Lusuh Universitas Massachusetts Teknologi (MIT), sebuah komputer militer tabung hampa Perang Dingin. Pena memungkinkan pengguna untuk secara sempurna menentukan piksel individu di layar dan untuk menggambar dan berinteraksi dengan elemen sajian dengan cara yang sama ibarat pengguna berinteraksi dengan layar sentuh. Pena cahaya menjadi umum pada 1960-an pada terminal grafis ibarat IBM 2250 dan juga tersedia untuk terminal teks saja. Ini juga menjadi terkenal selama tahun 1980 untuk komputer rumah ibarat Atari dan Commodore 8-bit komputer. Namun, konsep pengoperasian pena cahaya tidak kompatibel dengan layar LCD modern dan, akibatnya, perangkat input akhirnya mati.
Pena cahaya bekerja dengan mendeteksi perubahan kecerahan piksel di dekatnya, yang memperlihatkan bahwa sinar elektron CRT ialah pemindaian di kawasan itu; lalu mengirimkan waktu jadwal ini ke komputer, yang lalu membandingkan informasi ini dengan stempel waktu pemindaian terakhir oleh berkas elektron, memungkinkan komputer untuk menyimpulkan lokasi pena yang tepat.
Trackball (Lacak bola)
Trackball ialah perangkat input yang terdiri dari bola menonjol yang terbuka yang dipegang oleh soket yang mempunyai sensor untuk mendeteksi rotasi bola.
Biasanya ada satu atau dua tombol yang disediakan dengan trackball yang mempunyai kemampuan yang sama ibarat tombol klik pada mouse. Tidak ibarat perangkat input lain yang membutuhkan gerakan ibarat mouse, trackball tidak bergerak dan tidak memerlukan banyak ruang. Ia juga sanggup bekerja pada sebagian besar permukaan yang merupakan laba besar dibandingkan dengan perangkat input lainnya.
Digitizer
Tablet digitizer (juga dikenal sebagai digitizer atau tablet grafis) ialah alat yang dipakai untuk mengkonversi gambar yang digambar dengan tangan ke dalam format yang cocok untuk pemrosesan komputer. Gambar biasanya ditarik ke permukaan datar dengan stylus dan lalu muncul di monitor atau layar komputer. Tablet Digitizer juga sanggup dipakai sebagai perangkat input, mendapatkan informasi yang direpresentasikan dalam gambar dan mengirim output ke aplikasi CAD (Computer Aided Design) dan perangkat lunak berbasis PC ibarat AutoCAD.
Digitizers sering dipakai bersama dengan perangkat lunak lepas landas sebab mereka sanggup dengan cepat mengukur, mentransfer dan jumlah toko dilihat pada cetak biru. Manfaat embel-embel ditemukan dalam fitur ibarat daftar dimensi, yang sanggup disimpan dan dipakai untuk taksiran di masa mendatang.
Mikropon
Mikrofon ialah perangkat yang menerjemahkan getaran bunyi di udara menjadi sinyal elektronik atau menuliskannya ke media perekam. Mikrofon memungkinkan banyak jenis perangkat perekam audio untuk tujuan termasuk komunikasi dari aneka macam jenis, serta musik dan rekaman pidato.
Sering, mikrofon dirancang untuk tujuan tertentu. Salah satu pertimbangan utama, selain dari jenis perangkat, ialah apa yang sedang direkam. Directionality of microphones ialah salah satu pertimbangan dalam desain mikrofon. Mikrofon omnidirectional cocok untuk merekam semua bunyi di suatu kawasan tetapi miskin untuk fokus pada satu subjek di antara kebisingan latar belakang. Mikrofon directional, bidirectional, dan shotgun cocok untuk wawancara. Namun, efek yang sama sering dicapai dengan dua perangkat searah, ibarat mikrofon cardioid.
Pengenalan Karakter Tinta Magnetik (MICR)
Magnetic Ink Character Recognition ialah sistem pengenalan karakter yang memakai tinta dan karakter khusus. Ketika sebuah dokumen yang berisi tinta ini perlu dibaca, ia melewati sebuah mesin, yang menarik tinta dan lalu menerjemahkan informasi magnetik ke dalam karakter.
Teknologi MICR dipakai oleh bank. Angka dan karakter yang ditemukan di potongan bawah cek (biasanya berisi nomor cek, nomor urut, dan nomor akun) dicetak memakai Tinta Magnetik. Untuk mencetak kebutuhan Tinta Magnetik, Anda memerlukan printer laser yang mendapatkan toner MICR.
MICR menyediakan metode pemindaian dan pemrosesan informasi berkecepatan tinggi yang aman.
OCR (Pembaca Karakter Optik)
Singkatan dari "Optical Character Recognition" OCR ialah teknologi yang mengenali teks dalam gambar digital. Ini biasanya dipakai untuk mengenali teks dalam dokumen yang dipindai, tetapi juga melayani banyak tujuan lain.
Perangkat lunak OCR memproses gambar digital dengan menempatkan dan mengenali karakter, ibarat huruf, angka, dan simbol. Beberapa perangkat lunak OCR hanya akan mengekspor teks, sementara jadwal lain sanggup mengonversi karakter ke teks yang sanggup diedit pribadi di dalam gambar. Perangkat lunak OCR tingkat lanjut sanggup mengekspor ukuran dan format teks serta tata letak teks yang ditemukan di halaman.
Teknologi OCR sanggup dipakai untuk mengonversi hard copy dokumen menjadi versi elektronik (atau soft copy. Misalnya, kalau Anda memindai dokumen multi halaman menjadi gambar digital, ibarat file TIFF, Anda sanggup memuat dokumen ke OCR program, yang akan mengenali teks dan mengkonversi dokumen ke file teks yang sanggup diedit. Beberapa jadwal OCR memungkinkan Anda untuk memindai dokumen dan mengubahnya menjadi dokumen pengolah kata dalam satu langkah.
Meskipun teknologi OCR awalnya dirancang untuk mengenali teks tercetak, teknologi ini sanggup dipakai untuk mengenali dan memverifikasi teks goresan pena tangan juga. Misalnya, layanan pos ibarat USPS memakai perangkat lunak OCR untuk memproses surat dan paket secara otomatis menurut alamat. Algoritma mengusut informasi yang dipindai terhadap basis data dari alamat yang ada untuk mengkonfirmasi alamat surat. Aplikasi Google Terjemahan menyertakan teknologi OCR yang berfungsi dengan kamera perangkat Anda. Ini memungkinkan Anda menangkap teks dari dokumen, majalah, tanda, dan objek lain dan menerjemahkannya ke bahasa lain secara real-time.