Saturday, August 25, 2018

√ Teladan Format Buku Agenda Surat Masuk Dan Keluar Dengan Excel

Administrasi tata surat harus benar-benar disusun secara rapih sehingga dokumen sanggup dilihat kapan saja saat dibutuhkan. Tata persuratan salah satunya merupakan manajemen yang sangat penting baik di kantor kedinasan maupun di kantor desa. Mungkin bagi desa Anda masih belum mempunyai sebuah buku jadwal surat masuk dan surat keluar jikalau jawabannya yakni ya maka Anda sanggup baca lebih lanjut perihal artekel ini.

Format buku jadwal surat masuk dan surat keluar memang tidaklah sulit alasannya Anda sanggup membuatnya secara mudah namun yang terpenting setiap surat yang dikeluarkan ataupun surat yang diterima selalu diagendakan dengan baik pada buku jadwal yang ada di kantor Anda.

Lahirnya Layanan digital Pesan Surat Singkat (SMS)/WA/Email
Nah, kalo berbicara dunia teknologi memang sangat pesat sekali perkembangannya hingga sampai informasi usul secara format sudah sanggup melalui media umum ataupun SMS, Email, WA. Lalu bagaimana dengan surat manual yang diketikkan lewat komputer dan diprintout melalui mesin printer? Apakah harus dibuatkan juga?

Tentunya ini yang menjadi permasalahan berdasarkan saya, entah hingga hari ini belum menemukan hukum tertulis mengenai surat kedinasan apakah dianggap resmi contohnya usul dilakukan melalui SMS, WA, EMAIL? kemudian bagaimana pengarsipannya? Entahlah mungkin Anda harus membaca UU ITE atau peraturan lainnya yang dianggap resmi berdasarkan undang-udnang.



Baiklah, kembali ke pokok bahasan saya mengenai format surat buku agenda. Buku jadwal dalam format excel yang saya buat ini Anda tinggal pakai saja didak usah menciptakan dari nol lagi atau Anda cukup menambah atau mengurangi kolom yang sekiranya diperlukan saja. Format surat ini meliputi kolom tanggal penerimaan atau tanggal pengeluaran artinya untuk tanggal penerimaan berarti kapan atau tanggal berapa surat diterima dan ini merupakan termasuk kedalam surat masuk. Sementara untuk tanggal pengeluaran berarti kapan surat tersebut dikeluarkan atau dibentuk dari instansi Anda, maka Anda harus menuliskan pada kolom tersebut.

Di dalam format surat tersebut terdapat nomor surat, tanggal pengirim, nama pengirim dan uraian singkat mengenai isi surat. Pada kolom tersebut Anda juga harus menuliskannya. Untuk isi surat Anda cukup tuliskan uraian singkat perihal isi dari surat tersebut.

Oke, saya kira untuk menciptakan format surat tidaklah sulit memakai Ms. Excel silakan Anda d0wnl0ad secara gratis pada link di simpulan artikel ini.

Demikian agar bermanfaat.
Download Format Buku Agenda Format excel
Sumber http://www.excel-id.com/