Tuesday, August 28, 2018

√ Rumus Menghitung Nilai Unik Dengan Kriteria Tertentu Pada Ms. Excel

Selamat siang sahabat Excel-ID, masih tetap semangat berguru Excel? Ya kalau Anda masih tetap serius untuk berguru Ms. Excel hingga hebat mari kita lanjutkan untuk membaca artikel aku kali ini. Artikel kali ini aku akan membahas bagaimana cara mencari dan menghitung berapa jumlah data unik yang ada pada sebuah range di Ms. Excel.

Untuk menghitung data unik dengan cara yang akan aku bahas kali ini yaitu bagaimana mengkolaborasikan beberapa rumus yang dapat dimanfaatkan di Ms. Excel. Rumus yang akan aku pakai yaitu SUM, FREQUENCY, IF, MATCH, dan ROW.

Sepertinya rumus diatas sudah pernah aku bahas satu persatu dan saatnya kita akan mencoba mengkolaborasikan atau menggabungkan beberapa rumus untuk menuntaskan sebuah permasalahan yang dapat dipecahkan memakai Ms. Excel.

Syntax Penulisan rumus
{=SUM(--(FREQUENCY(IF(criteria;MATCH(values;values;0));ROW(values)-ROW(values.cell pertama)+1)>0))}

Oke deh, kalau Anda sudah membaca syntax nya mari kita coba terapkan kedalam rumus Excelnya. Misalnya aku mempunyai data tabel berikut ini



Saya mempunyai entri data pelanggan yang membeli barang dengan kriteria type pelanggan ada 2 yaitu GOLD dan PERAK. Anda dapat mencari berapa jumlah pelanggan yang telah memberi barang Anda yang mempunyai type pelanggan Gold?

Nah, dari problem diatas Anda dapat memakai rumus menyerupai pada cell G5 maka Anda silakan tuliskan rumusnya :

=SUM(--(FREQUENCY(IF(C5:C10=F5;MATCH(B5:B10;B5:B10;0));ROW(B5:B10)-ROW(B5)+1)>0))

Kemudian Anda tekan CTRL+SHIFT+ENTER secara bersamaan atau lebih familier dengan CSE maka akhirnya yaitu 3. Apabila Anda hanya menekan enter tanpa CSE akhirnya akan menjadi 1

Makara disini Anda sudah mendapat berapa jumlah pelanggan unik yang mempunyai type GOLD yang memberi barang dagangan Anda.

Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.excel-id.com/