Wednesday, August 29, 2018

√ Rumus Menghitung Jumlah Kolom, Baris Dan Cell

Selamat sore sobat Excel-ID, sembari mengisi waktu luang dunia offline hemm, aku akan aneka macam gimana seh caranya untuk menghitung berapa jumlah baris dalam sebuah range, berapa jumlah kolom dan berapa jumlah cell. Lho kenapa pake rumus segala bukannya bila dihitung manual juga bisa dan tidak ribet?

Betul sekali bila Anda menggunakan cara manual juga tidak duduk perkara sekiranya jumlah baris, kolom, dan cell masih sedikit namun bagaimana bila jumlahnya banyak? apakah Anda masih tetap menggunakan cara manual menghitung satu persatu? Saya kira tidak dan aku sarankan jangan alasannya ialah berapa usang waktu yang akan Anda habiskan hanya untuk menghitung baik jumlah baris, kolom maupun jumlah cell dalam Ms. Excel.

Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa ada cara cepat dan otomatis untuk menghitung jumlah kolom, baris maupun cell yaitu dengan menggunakan rumus. Lalu rumus atau formula apa yang digunakan untuk menuntaskan duduk perkara tersebut?

Rumus Row formulanya ialah =row(range)
Rumus Column formulanya ialah =column(range)
Rumua Perkalian Row dan Column formulanya ialah =row(range)*column(range)

Oke, itulah yang akan aku bahas tiga buah rumus yang tampaknya masih banyak yang belum memakainya namun jangan salah rumus tersebut banyak sekali manfaatnya. Baiklah mari kita coba dalam penggunakan dengan Ms. Excel pada spreadsheet.

Baca : Contoh rumus penggabungan di Excel

Pertama aku mempunyai data daftar nama barang beserta dengan jumlah itemnya secara sederhana menyerupai gambar berikut ini


Saya mempunyai data barang dengan range B4:C7 nah untuk menghitung berapa jumlah baris antara range B4:B7 maka silakan Anda buat rumus tersebut di kolom F4 contohnya maka hasilnya ialah 4 alasannya ialah jumlah baris dari range tersebut ialah 4. Lalu bagaimana bila Anda akan menghitung jumlah kolom?

Untuk menghitung jumlah kolom silakan gunakan rumus COLUMN(B4:C7) maka hasilnya ialah 2 alasannya ialah jumlah kolom antara range diatas ialah 2 dan bagaimana bila Anda akan menghitung berapa jumlah cell yang terdapat pada range tersebut. Anda bisa mengkalikan kedua rumus tersebut sehingga rumusnya akan menjadi =ROW(B4:B7)*COLUMN(B4:C7) hasilnya ialah 8

Penggunakan rumus ROW, COLUMN tersebut akan mempunyai kegunaan dikala Anda bisa dan bisa membaca logika alasannya ialah di dalam excel Anda bisa menggabungkan atau mengkolaborasikan rumus apapun sesuai dengan tujuan dan hasil akhirnya.

Simak juga:
Contoh Rumus Penggabungan VLOOKUP dengan rumus LEFT, RIGHT

Semoga bermanfaat dan selamat berakhir pekan.
Sumber http://www.excel-id.com/