Friday, August 24, 2018

√ Pola Format Buku Mutasi Penduduk Berbasis Excel

Masih membahas mengenai adminisrasi dan format memakai Ms. Excel kalo terdahulu aku membahas bagaimana menciptakan format buku induk penduduk dan kali ini aku akan mencoba bagaimana format buku mutasi penduduk desa. Buku Mutasi Penduduk merupakan buku manajemen desa ihwal kependudukan dimana buku ini akan memuat data mutasi keluar masuk penduduk desa.

Format buku mutasi penduduk desa ini akan memperlihatkan info siapa penduduk yang tiba dan siapa penduduk yang keluar dari desa yang bersangkutan. Buku mutasi penduduk ini juga akan mensugesti database penduduk desa dan juga tentunya buku induk penduduk desa.

Silakan Baca:
Format Buku Induk Penduduk


Contoh Format Buku Mutasi Penduduk Desa berbasis Ms. Excel


Buku mutasi penduduk desa mempunyai dua unsur yaitu penduduk yang tiba dan ini akan mensugesti jumlah lantaran ada penambahan penduduk gres ke desa tersebut. Sedangkan untuk penduduk yang pindah alamat ke luar desa baik dalam kabupaten atau luar kabupaten (propinsi) atau bahkan antar provinsi dan kalau ini terjadi juga akan mensugesti jumlah penduduk dan adanya pengurangan database penduduk desa.

Yang harus diperhatikan juga yakni waktu pendah atau tiba penduduk yang bersangkutan sehingga dalam format buku ini harus mencantumkan kapan waktu pindahnya artinya Anda harus mencantumkan tanggal pindah pada format buku tersebut.

Buku mutasi penduduk harus mempunyai rekap sehingga kepala desa akan mengetahui perkembangan penduduk dalam hal jumlah. Hal ini penting dan buku induk penduduk juga harus mengetahui kepala desa yang ditandatangani oleh sekretaris desa. Database yang ada di Disdukcapil sebaiknya harus fundamental pada database penduduk secara real di desa alasannya yakni kalau tidak sesuai hal ini akan mensugesti database yang real mengenai kependudukan di Indonesia.

Demikian, biar bermanfaat.
Download Buku Mutasi Penduduk
Sumber http://www.excel-id.com/