Thursday, August 23, 2018

√ Mencari Jumlah Dengan Kriteria Tertentu Mengunakan Sum Dan Countifs Berikut Contohnya

Halo Sabagat Excel-id, selamat sore dan biar Anda masih tetap berguru Ms. Excel. Kali ini aku akan membahas bagaimana kerja sama penggabungan antara rumus SUM dengan COUNTIFS? Seperti yang telah diketahui bersama bahwa rumus SUM dipakai untuk menjumlahkan sedangkan rumus COUNTIFS dipakai untuk menghitung dengan kriteria.

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan mencoba bagaimana cara menggabungkan kedua rumus tersebut dan untuk apa fungsinya?. Mari aku jelaskan sebetulnya Anda dapat mencari data dengan rumus COUNT saja juga sudah dapat menghitungnya namun disini aku gunakan COUNTIFS sebab data yang akan dihitung bukan hanya satu kriteria. namun ada 2 kriteria. Anda juga dapat menghitung lebih dari 2 kriteria untuk penjumlahan unik tersebut.

Simak juga :
Rumus SUM dan SUMIFS

Syntax Penulisan rumus yakni :
=SUM(COUNTIFS(D4:D10;{"Kriteria1";"Kriteria2";"Kriteria3"}))

Mari aku contohkan berupa skrinshut Excel berikut ini


Perharikan tabel pola diatas ! Saya menuntaskan rumus di cell H3 untuk mencari berapa jumlah data terealisasi? maka aku tuliskan rumus atau formulanya adalah

=SUM(COUNTIFS(D4:D10;{"Terealisasi"}))

Untuk rumus di cell H4 yang dipakai mencari jumlah dengan kriteria Belum, maka aku tuliskan rumus :

=SUM(COUNTIFS(D4:D10;{"Belum"}))

Sedangkan untuk mencari rumus berapa jumlah Terealisasi dan berapa jumlah yang belum terlaksana maka aku tuliskan rumus

=SUM(COUNTIFS(D4:D10;{"Terealisasi";"Belum"}))

Sebenarnya dalam kasus pola diatas Anda dapat cukup menuliskan rumus SUM(H3:H4) itu sudah dapat menghasilkan angka 7 namun apabila data terlaksana dan data yang belum tidak dicantumkan maka Anda tidak dapat memakai rumus SUM tersebut melainkan harus memakai rumus penggabungan antar aSUM dengan COUNTIFS menyerupai pola diatas.

Baca :
Contoh Rumus SUMPRODUCT
Oke, itulah cara menggabungkan rumus SUM dengan COUNTIFS untuk mencari jumlah data menurut kriteria tertentu, biar bermanfaat dan selamat mencoba.
Sumber http://www.excel-id.com/