Wednesday, August 29, 2018

√ Di Tempat Ini Semua Guru Harus Ikuti Pembinaan Minimal 1 Tahun Sekali


Meski nilai rata-rata ketika uji kompetensi guru (UKG) yang dilaksanakan pada simpulan 2015 kemudian masih diatas rata-rata nasional. Namun kalau dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya. Nilai Blora berada di peringkat 32 dari 35 Kabupaten/Kota.

“Melihat hasil itu maka butuh langkah serius semoga kualitas guru di Blora semakin meningkat,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Blora Achmad Wardoyo melalui Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Sunaryo.

Saat ini menurutnya Dindikpora menciptakan planning strategis pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Agar semua guru di Blora dapat ikut pelatihan. Melihat ketika ini jumlah guru yang cukup besar maka sulit bagi guru tiap tahun ikut pembinaan peningkatan kompetensi.

“Saat ini sedang disiapkan nantinya guru wajib mengikuti pembinaan setahun sekali,” jelas Sunarnyo.



Dalam perencanaan itu Dindikpora akan didampingi oleh USAID Prioritas. Untuk melatih semua guru itu ketika ini memang terkenda dana. Jika mengandalkan APBD maka tidak cukup butuh waktu usang setiap guru ikut pelatihan. Nantinya sumber dana dapat dari BOS serta pertolongan profesi pendidik (TPP).


“Guru ideal yakni guru yang terus menerus mencar ilmu dan membuatkan diri di setiap ketika dan di manapun. Ketika seorang guru tetapkan untuk berhenti atau tidak mau belajar, maka pada ketika itu beliau berhenti menjadi guru atau pendidik,” jelas Sunaryo.


Sumber http://www.pgrionline.com