Wednesday, August 22, 2018

√ Cara Menjumlahkan Subtotal Dengan Sumif

Excel-id.com # Berbagai hambatan yang dialami saat Anda memakai Ms. Excel baik itu di kantor maupun Anda sebagai mahasiswa yang mengerjakan tugas, ya sebab Excel memang kompleks untuk menuntaskan perhitungan angka dibanding dengan agenda lainnya.

Kali ini aku akan membuatkan tutorial bagaimana cara menjumlahkan total dan subtotal dalam sebuah database penjumalan menurut umur. Cara ini aku memakai dengan rumus SUMIF artinya rumus ini akan menjumlahkan dengan kondisi tertentu dan dalam hal ini sanggup dikatakan menjumlahkan subtotal.

Rumus SUMIF juga sudah pernah aku bahas sebelumnya di blog excel ini jikalau Anda lupa silakan sanggup baca-baca

Cara Menggunakan Rumus SUMIF disertai contoh

Untuk menuntaskan atau mencari subtotal aku mempunyai sebuah rujukan tabel database penjualan disertai dengan umur sebagai berikut :


Saya akan menjumlahkan pendapatan yang dengan kriteria kurang atau sama dengan umur 25 (<=25) dan menjumlahkan data dengan umur yang mempunyai usia lebih besar dari 25 (>25)

Jika kita hitung manual tentunya hal ini akan menghabiskan waktu yang cukup usang Anda harus menentukan satu per satu data yang sesuai dengan kriteria diatas dan menjumlahkan kembali, namun dengan memakai rumus SUMIF maka hal ini sudah tidak akan menjadi problem lagi.

Baca:
Penjumlahan dengan Kelompok Data pada Excel

Ok, pribadi saja untuk menjumlahkan total Anda silakan ketikkan rumus pada cell F21 =SUM(F5:F20) maka risikonya yaitu 3.398.000

Lalu bagaimana jikalau aku akan menjumlahkan subtotal dengan kondisi atau kriteria <=25? Silakan tuliskan atau ketikkan rumus =SUMIF(E5:E19;H5;F5:F19) maka risikonya yaitu 1.858.000 kemudian jikalau Anda akan menjumlahkan berapa total pendapatan untuk yang mempunyai usia lebih atau diatas 25 tahun?

Silakan tuliskan rumus =SUMIF(E5:E19;H6;F5:F19) maka risikonya yaitu 1.540.000

Untuk memudahkan membaca rumus bahu-membahu Anda sanggup memberi nama range terlebih dahulu biar saat penulisan rumus akan lebih gampang dipahami. Untuk cara memberi nama range juga sudah pernah aku bahas sebelumnya silakan lihat-lihat kembali ya.

Jika Anda telah mengganti dengan namarange yang diubahsuaikan dengan cita-cita Anda maka aku sanggup contohkan rumus berubah menjadi

=SUMIF(umur;H5;pendapatan)

Oke, aku kira cukup sederhana dan gampang bagaimana cara menciptakan jumlah sub total memakai rumus SUMIF semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Sumber http://www.excel-id.com/