Tuesday, August 21, 2018

√ Cara Menggabungkan 2 Rumus Vlookup # Contoh

Pernahkan Anda mengerjakan dengan memakai rumus VLOOKUP? Apakah Anda pernah mencoba untuk menggabungkannya? dan untuk keperluan apa?

Beberapa pertanyaan diatas memang tampaknya akan berbeda jawabannya, namun yang terang aku akan mencoba pada kesempatan kali ini membahas bagaimana menggabungkan 2 buah rumus VLOOKUP untuk menuntaskan atau menggabungkan kawasan lahir dan tanggal lahir.

Rumus VLOOKUP bersama-sama sudah pernah aku bahas dengan beberapa pola dan aku kira di blog-blog lain juga banyak yang membahasnya. Hemmm...

Berikut ini pola penggunaannya



Nah, rumus yang aku ketikkan diatas ialah =VLOOKUP(B1;Sheet1!A3:D9;3;TRUE)&", "&VLOOKUP(B1;Sheet1!A3:D9;4;TRUE) dan akan menghasilkan

Majalengka, 05 November 1962

Sebelumnya Anda tentunya mempunyai tabel database terlebih dahulu dan aku contohkan database disimpan pada sheet1 ibarat berikut ini


Jika rumus VLOOKUP(B1;Sheet1!A3:D9;3;TRUE)&", "&VLOOKUP(B1;Sheet1!A3:D9;4;TRUE) terlalu panjang bersama-sama Anda dapat menggantinya supaya lebih gampang dalam membaca databasenya yaitu dengan mengganti nama rangenya dengan memakai Define Name.

Materi Define Name Range sudah pernah aku bahas seblumnya silakan

Baca:
Membuat Nama Range Dinamis pada Excel

Intinya rumus apapun Anda  dapat menggabungkan dengan memakai huruf "&" bahkan bukan hanya rumus namun teks atau huruf lainpun dapat digabungkan tetapi untuk huruf Anda harus menambahkan tanda petik "" di sebelum dan setelah pada huruf tersebut.

Misalnya :
="Guru Mata Pelajaran "&VLOOKUP(KodeGuru;DatabaseProvinsi;19;TRUE)&" jam/minggu"

Data tersebut akan menghasilkan goresan pena Guru Mata Pelajaran 22 jam/minggu. Teks yang ditampilkan ialah "Guru Mata Pelajaran" dan ditambahkan rumus Vlookup kemudian setelah hasil dari pemanggilan rumus VLOOKUP tersebut akan ditambahkan kembali goresan pena "Jam/Minggu".

Oke, Itulah bagaimana cara menggabungkan 2 buah rumus VLOOKUP supaya bermanfaat dan selamat mencoba supaya berhasil.
Sumber http://www.excel-id.com/