Sunday, August 26, 2018

√ Capaian Hasil Un Tingkat Sma/Smk/Ma/Sederajat


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA/sederajat, baik yang berbasis kertas dan pensil (UNKP) atau berbasis komputer (UNBK).

Berdasarkan data yang dihimpun Kemdikbud, penerima UN SMA/SMK/MA/sederajat sebanyak 3.247.027 siswa. Dari seluruh penerima tersebut, yang berhasil mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 630.530 siswa.

Data kelulusan UN tersebut selanjutnya diserahkan Kemdikbud kepada Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, berharap semoga pencapaian siswa dalam UN sanggup dimanfaatkan dalam menentukan calon mahasiswa terbaik yang akan meneruskan pendidikan di PTN.

"Sehingga seluruh prestasi dan pencapaian serta potensi mereka sanggup dipakai untuk mendapat calon mahasiswa terbaik menurut prinsip meritokratis, obyektif, transparan, dan berkeadilan," kata Anies di Bandung.

Di samping itu, Anies menekankan perlunya memperhatikan Indeks Integritas UN dalam seleksi masuk PTN.

"Sebab kita ingin mereka yang jujur dan berintegritas serta sekolah yang menjaga integritasnya lebih diutamakan dibandingkan dengan sekolah yang integritasnya kurang," tambah mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

UN tahun ini diikuti 18.665 SMA/SMK dengan 1.441.002 siswa dan 9.819 Sekolah Menengah kejuruan dengan 778.068 siswa, 5.542 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM )dengan 258.921 penerima didik, serta 462 Sekolah Menengan Atas Luar Biasa dengan 1.435 siswa.


Seluruh pekerjaan siswa penerima UN Kertas dan Pinsil (UNKP) telah selesai dipindai 37 PTN. Data hasil pemindaian terakhir masuk pada tanggal 23 April 2016. Data tersebut lalu digabung dengan hasil UNBK serta diproses penskorannya di Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.

Sumber http://www.pgrionline.com