Sunday, August 26, 2018

√ 7 Cara Simpel Terbukti Sukses Mempercepat Kinerja Hp Android Yang Lelet

Cara Mempercepat Kinerja HP Android Yang Lelet √ 7 Cara Gampang Terbukti Sukses Mempercepat Kinerja HP Android Yang Lelet


Cara Mempercepat Kinerja HP Android Yang Lelet – Sangat disayangkan bila HP Android kesayangan Anda kinerjanya lelet serta cepat crash. Apalagi bila harga HP Android tersebut mencapai puluhan juta rupiah. Sebaiknya segera cari tahu penyebabnya apa. Tentunya sangat tidak nyaman bila HP Android sebentar-sebentar crash dan semakin lelet kinerjanya.


Baca Juga : HP Android Anda Lemot Kinerjanya? Inilah 10 Cara Mengatasi Android Lemot


Tentunya kinerja lelet ini akan muncul ketika HP Android sudah usang kita pakai/beli. Sangat jarang terjadi lelet kinerja Android pada ketika pertama kali dibeli. Setelah bertahun-tahun bahkan berbulan-bulan biasanya gres kinerjanya berkurang.


Jangan panik dulu, alasannya ialah biasanya kinerja lelet ini tidaklah permanen. Umumnya dilema ini sanggup diselesaikan dengan trik-trik tertentu. Penyakit lelet pada HP Android Anda sanggup disembuhkan dan kembali lancar menyerupai ketika pertama kali membelinya.


Berikut 7 Cara Mempercepat Kinerja HP Android Yang Lelet


Disini saya akan mencoba menawarkan 7 trik khusus untuk mengatasi kinerja Android yang lelet. Silakan Anda coba satu persatu, mungkin saja sanggup menjadi solusi yang tepat.


1. Rajin Update Operasi System


Mengupdate OS tampaknya salah satu kegiatan yang malas kita lakukan. Karena biasanya update OS ini akan memerlukan waktu yang lama. Padahal bersama-sama update OS ini sanggup dikatakan wajib. Ketika kita sudah mendapatkan notifikasi update OS dari vendor HP, maka segeralah kita lakukan update.


Memang benar kalau update OS akan memerlukan paket internet besar. Namun solusinya Anda sanggup memanfaatkan jaringan internet gratis menyerupai WiFi, Hotspot dari HP teman, dan sebagainya.


Lakukan update OS pada malam hari biar tidak mengganggu kegiatan memakai HP. Jika HP sudah terhubung ke internet, Anda sanggup membiarkannya. Karena nanti HP Android akan melaksanakan update OS secara otomatis.


Jika sudah terlanjur mengabaikan notifikasi update silakan masuk ke sajian Setting > About Device > Software update dan lakukan update. Update OS sangat penting alasannya ialah software akan memperbaiki kinerja HP. Kemudian biasanya update OS ini berisi fitur-fitur terbaru dari vendor HP. Hal yang sama juga meski Anda lakukan pada update aplikasi HP Android. Kaprikornus bukan hanya pada Operasi System saja.


2. Bersihkan Home Screen


Jika dibiarkan biasanya Home Screen atau layar utama seringkali dipenuhi dengan banyak sekali shortcut aplikasi, baik itu aplikasi yang sering digunakan atau gres saja dipasang. Dengan membiarkan begitu saja banyak sekali shortcut tidak penting di layar utama ini maka itu sama artinya membiarkannya HP Android kinerjanya menurun. Mulai kini cobalah untuk selalu membersihkan shortcut ini dari home screen.


Kemudian sebaiknya Anda menghilangkan wallpaper berjenis statis atau bergerak. Hal tersebut akan membebani ponsel Anda sehingga pada risikonya performa HP Android jelek.


3. Hapus atau Matikan Aplikasi Tidak Terpakai


Ketika Anda menemukan aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak diperlukan, maka sebaiknya Anda hapus saja aplikasi tersebut. Masalahnya dengan membiarkan Aplikasi tidak berkhasiat berarti Anda merelakan ruang pada HP Android menjadi sesak dan tidak bermanfaat. Ruang pemrosesan HP Android akan penuh apalagi bila Aplikasi aktif berjalan di background.


Baca Juga :  6 Tips Penting Memilih Game 3D Untuk Android Agar Android Tidak Lemot


Jika Aplikasi tidak sanggup dihapus maka Anda sanggup mematikan Aplikasi tersebut sampai tidak berfungsi. Caranya sangat mudah, Anda tinggal masuk ke sajian Setting > Aplikasi. Pilihlah beberapa aplikasi yang tidak terpakai untuk dimatikan atau mungkin dibuang atau diuninstall.


4. Matikan Animasi


Matikan animasi atau setidaknya kurangi nilai durasi animasi dari bawaannya untuk meningkatkan kinerja HP Android Anda biar tidak lelet lagi. Caranya silakan Anda masuk ke menu Settings> About Phone lalu cari menu Device information atau Systems.


Kemudian dari sajian tersebut cari kolom yang menampilkan Build number. Caranya tap atau sentuh kolom tersebut sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan mode Developer. Setelahnya, di dalam sajian Settings, akan muncul pilihan Developer Option. Masuklah ke sana dan Anda akan menemukan kolom Window Animation Scale,Transition animation scale, serta Animation duration scale. Secara berurutan, kini Anda ubah angka yang tertera menjadi 0.5x atau silakan Anda pilih Animation off.


5. Bersihkan Cache Pada Aplikasi


Seperti halnya software atau aplikasi pada komputer maka pada Android-pun sama yaitu sifat aplikasi akan menyimpan data cached yang fungsinya biar sanggup dibuka lagi nanti dengan cepat. Memang ada keuntungannya data cached ini, namun bila dibiarkan secara terus menerus maka data cached akan menumpuk. Itu dalam satu aplikasi, apalagi bila data cached dari banyak sekali macam aplikasi.


Data cached ini akan terus tersimpan pada memori HP Android sehingga usang kelamaan kinerja HP Android akan melambat. Cobalah untuk meluangkan waktu menyerupai membersihkan cache aplikasi. Anda masuk ke sajian Settings > Aplikasi dan pilih aplikasi yang biasanya menyimpan terlalu banyak cache. Setelah ditemukan silakan pilih atau tap Clear Cache. Jika tidak mau repot untuk sekedar membersihkan cache, Anda sanggup memakai aplikasi pihak ketiga menyerupai aplikasi CC Cleaner atau Clean Master.


6. Matikan Fitur Auto-Sync


Banyak sekali aplikasi yang otomatis memasang fitur auto-sync didalamnya menyerupai aplikasi media sosial, e-mail, dan sebagainya. Dan memang fitur ini sangat berkhasiat menyerupai pada e-mail akan berfungsi untuk mendapatkan e-mail terbaru ketika ada e-mail masuk. Sifatnya auto-sync ini ialah biar aplikasi secara otomatis menarik data terbaru dalam durasi tertentu.


Faktanya fitur auto-sync ini akan menawarkan efek kinerja kecepatan HP Android menurun. Sebaiknya Anda matikan saja fitur auto-sync untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja. Atau Anda sanggup mematikan fitur auto-sync pada situsi-situasi tertentu saja.


7. Lakukan Factory Reset


Ini ialah langkah terakhir untuk memaksimalkan kembali kinerja HP Android Anda. Dengan melaksanakan Factory Reset maka ini akan mengembalikan kondisi software ponsel pada kondisi semula menyerupai ketika pertama kali Anda membelinya. Namun melaksanakan Factory Reset memiliki resiko besar yaitu semua data serta aplikasi Anda akan hilang. Nanti Anda meski melaksanakan d0wnl0ad ulang untuk memunculkannya kembali. Data penting sebaiknya Anda backup terlebih dahulu sebelum melaksanakan Factory Reset.


Baca Juga :  Cara Mengatasi Android Lemot Terbukti Bisa Membuat Android Lebih Kencang


Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mempercepat Kinerja HP Android Yang Lelet. Silakan selamat mencoba dan semoga artikel ini ada keuntungannya bagi siapapun yang membutuhkan. Sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya. Silakan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya atau memberikan pengalaman pribadinya perihal kinerja HP Android menurun pada kolom komentar.



Sumber https://info-menarik.net