Sunday, August 26, 2018

√ 5 Pola Teks Biografi Beserta Struktur, Jenis Dan Cirinya

Contoh Biografi – Teks biografi merupakan salah satu teks yang berisi ihwal dongeng atau kisah-kisah tokoh populer yang dijadikan sebagai teladan bagi para pembacanya. Tokoh-tokoh yang dimuat dalam teks biografi biasanya bervariasi. Tak hanya tokoh-tokoh satria saja, banyak sekali tokoh isnpiratif lainnya ibarat tokoh olahraga, tokoh pemerintahan, dan public figure pun sanggup dibentuk menjadi biografi. Terdapat jenis teks biografi singkat, ada juga biografi yang cukup panjang ibarat novel.


Terdapat jenis-jenis teks biografi yaitu dilihat menurut sisi penulis, menurut isinya, menurut penerbit, dan menurut problem yang dibahas. Penjelasan lebih detailnya akan dibahas berikut ini. Selain jenis, ciri, maupun struktur teks biografi, melalui artikel ini akan kami ulas juga kumpulan pola biografi yang sanggup anda simak. Entah itu pola biografi satria , pola biografi diri sendiri , pola biografi teman, pola biografi guru, dan juga contoh biografi orang tua. Berikut ulasan lengkapnya.


Teks biografi merupakan salah satu teks yang berisi ihwal dongeng atau kisah √ 5 Contoh Teks Biografi Beserta Struktur, Jenis dan Cirinya


 Jenis-jenis Teks Biografi


Seperti yang dibahas sebelumnya, terdapat beberapa jenis teks biografi diantaranya sebagai berikut:



  • Berdasarkan sisi penulis


Teks biografi menurut sisi penulisnya terbagi menjadi dua. Yang pertama yaitu autobiografi, dimana naskahnya ditulis oleh tokoh itu sendiri. Dan yang kedua yaitu teks biografi yang ditulis oleh olah lain. Isi teksnya sanggup memuat ihwal pengalaman hidup tokoh, kelebihan, kekurangan, dan hal-hal lainnya yang sanggup menginspirasi banyak orang.



  • Berdasarkan isinya


Jenis teks biografi menurut isinya terbagi menjadi dua yaitu, biografi perjalanan hidup dan biografi perjalanan karir. Dalam biografi perjalanan hidup, isi teksnya memuat ihwal kisah tokoh yang diceritakan yang dianggap mempunyai kesan lebih dan bernilai. Sedangkan dalam biografi perjalanan karir, isinya memuat ihwal perjalanan karir tokoh mulai dari awal sampai sukses. Contoh teks biografi jenis ini misalnya ibarat biografi dari tokoh-tokoh pengusaha populer yang merintis karirnya dari nol.



  • Berdasarkan problem yang dibahas


Jenis biografi menurut problem yang dibahas terbagi menjadi 3 yaitu biografi politik, biografi intelektual, dan biografi jurnalistik. Biografi politik biasanya memuat dongeng suatu tokoh yang dilihat dari sudut pandang politik. Contoh teks biografi politik biasanya menceritakan tokoh-tokoh yang mempunyai keterlibatan dalam hal politik pemerintahan. Contoh teks biografi singkat dari biografi ini hampir sama dengan jenis biografi intelektual. Yang membedakannya yaitu biografi intelektual memerlukan penelitian dan riset.



  • Berdasarkan penerbit


Jenis biografi menurut penerbit dibagi menjadi 2 yaitu buku sendiri dan buku subsidi. Buku sendiri yaitu biografi yang dibentuk dan didanai oleh penerbit itu sendiri. Tujuan dari dibentuk biografi jenis ini yaitu untuk menerima perhatian public sehingga cepat laris dijual. Sedangkan buku subsidi, penulisan tokoh biografinya ditanggung oleh pihak sponsor.


Ciri Ciri Teks Biografi


Untuk dikatakan sebagai biografi, suatu naskah harus mempunyai ciri-ciri yang harus ada dalam teks biografi. Beberapa ciri-ciri dari teks biografi di antaranya yaitu harus memuat gosip yang menurut fakta dari tokoh itu sendiri. Ciri yang lainnya yaitu harus memuat dongeng yang bersumber dari pengalaman hidup tokoh yang bersifat inspiratif dan sanggup menjadi teladan.


Struktur Teks Biografi


Suatu naskah sanggup disebut sebagai biografi jikalau mempunyai struktur teks biografi yaitu orientasi, bencana dan masalah, dan reorientasi. Dalam orientasi, pola teks biografi akan menceritakan mengenai pengenalan awal tokoh. Sedangkan pada bencana dan masalah, berisi klarifikasi mengenai dongeng kehidupan tokoh mulai dari awal sampai akhir.


Ulas juga : Contoh teks anekdot


Cerita yang dimasukan biasanya berupa pengalaman hidup yang menyenangkan, menyedihkan, sampai yang menegangkan dan menciptakan pembacanya merasa ingin tau untuk terus membacanya sampai selesai. Dan pada tahap reorientasi, berisi pendapat penulis mengenai tokoh yang diceritakanya.


Teks biografi merupakan salah satu teks yang berisi ihwal dongeng atau kisah √ 5 Contoh Teks Biografi Beserta Struktur, Jenis dan Cirinya


Contoh Teks Biografi Pahlawan


Letnan Jenderal R. Suprapto


letnan Jenderal R. Suprapto Lahir di Jawa Tengah 20 Juni 1920 dan wafat di Lubang buaya tanggal 1 Oktober 1965 di umur 45 tahun. ia merupakan satria nasional Indonesia. Beliau juag korban dari G30SPKI kemudian dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.


Beliau lahir di purwokerto sanggup dibilang hampir seumuran dengan Panglima Besar Sudirman. Pendidikan formalnya tamat dari MULO setingka Sekolah Menengah Pertama dan AMS setingkan SMU bab B di Yogyakarta yang diselesaikan tahun 1941.


Kurang lebih tahun tersebut pemerintah hindia belanda mengumumkan milisi mengenai pecahnya perang dunia II. Saat itu ia masuk pendidikan militer di koninklijke militaire akademie di bandung. Pendidikan tidak terselesaikan alasannya yaitu pasukan jepang sudah mendarat.


Beliau ditawan dan dipenjara tetapi kemudian ia sanggup melarikan diri. Setelah melarikan diri ia mengikuti kursus sentra training pemuda, latihan keibodan, seinendan dan syuisyintai. Kemudian ia bekerja di kantor pendidikan masyarakat.


Contoh Biografi Diri Sendiri


Inilah Aku dengan Segala Kekuranganku


Namaku Arsyaka Firendra. Aku lahir di kota Bandung tepatnya tanggal 12 Januari 1990. Aku dilahirkan dari rahim sosok perempuan mahir berjulukan Virda Citra Lestari dan satria hidupku berjulukan Zakki Alfarezky. Saat saya menginjak usia 4 tahun, saya bersekolah di Taman Kanak-kanak Muslimat NU 2 Bandung.


2 tahun berada di Taman Kanak-kanak tersebut saya mencar ilmu banyak hal, mulai dari menggambar, menyanyi, alphabet, berhitung, sampai bahasa arab dan bahasa Inggris. Setelah lulus dari Taman Kanak-kanak Muslimat NU 2, saya melanjutkan studiku di SD Islam 1 Bandung. Disini saya bertemu dengan sahabat sahabat yang asik dan friendly banget.


Aku merasa nyaman sekali berada di sekolah ini. Disamping sahabat sahabat yang asuk, bapak ibu gurunya juga sabar dan penuh bakat dalam memberikan setiap mata pelajaran yang saya terima. Kini saya duduk dikelas 5 SD Islam 1 Bandung ini. Dan tahun depan saya akan beranjak ke kelas 6. Cayooo, doakan biar semua nilai rapot rapotku sanggup 9 semua ya kawan.


Baca juga : Contoh teks deskripsi


Untuk sanggup membedakan suatu teks termasuk ke dalam biografi atau bukan tentunya Anda perlu mengetahui isi teks biografi menurut ciri-ciri dan strukturnya. Demikian sekilas gosip mengenai pengertian autobiografi, contoh teks biografi, dan jenis-jenis biografi. Semoga bermanfaat.


Hasil Pencarian:

teks biografi,contoh biografi,1 teks biografi beserta identifikasi cirinya,contoh teks biografi beserta ciri teks biografi menurut isinya,contoh teks biografi beserta permasalahan nya,contoh teks biografi bagian,contoh reorientasi biografi guru,CONTOH BIOGRAFI ORIENTASI KEJADIAN PENTING REORIEMTASI,contoh bab reorientasi pada teks biografi,biografi


Sumber aciknadzirah.blogspot.com