Friday, July 6, 2018

√ Referensi Pidato Ihwal Kebersihan Lingkungan Sekolah

Contoh Teks Naskah Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah -  Salah satu hal yang harus terus diingatkan dari tatanan sekolah yaitu kebersihan. Pidato, sanggup dipakai sebagai salah satu cara untuk memperlihatkan teguran atau peringatan tersebut.

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi

Kepada yang terhormat kepala sekolah, Bapak H. Muhammad Shodiq M.Si
Yang terhormat wakil Kepala sekolah, Ibu Wulandari Astuti M.Pd
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff
Dan Siswa-siswi yang saya banggakan

Marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya yang telah beliau berikan sehingga kita semua sanggup berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan juga marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada nabi besar kita Nabi Muhammad saw beserta seluruh keluarga, teman dan seluruh umatnya semoga kita diberikan syafaatnya dan dipertemukan olehnya di yaumil simpulan kelak, Aminnn.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah pidato dengan tema pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah kita ini. Semoga apa yang akan saya sampaikan bermanfaat buat kita semua khususnya bagi seluruh penghuni sekolah ini.

Hadirin yang berbahagia,

Saat ini saya merasa khawatir sekaligus prihatin dengan apa yang telah terjadi di lingkungan sekolah kita ini. Banyak sampah berantakan dimana-mana di setiap sudut sekolah ini. Padahal, sudah banyak slogan-slogan wacana menjaga kebersihan yang ditempel-tempel di dinding sekolah tetapi semua itu tidak berguna. Mereka hanyalah menjadi penghias yang tidak dihiaraukan. Mengapa hal itu sanggup terjadi? hal ini dikarenakan hilangnya kesadaran akan hidup higienis di dalam diri siswa-siswi kita. Mereka tidak peduli lagi dengan kebersihan lingkungan dan seolah-olah para siswa tidak mengetahui akan ancaman lingkungan kotor di sekitar mereka. Apakah kalian tidak menyadari ancaman lingkungan kotor di sekolah kita? Apakah kalian tidak mengetahui bahwa apa yang menimpa teman kalian baru-baru ini merupakan akhir dari lingkungan kotor ini.

Teman kalian yang sedang di rawat di rumah sakit ketika ini terkena demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nayamuk yang bersarang di dalam kelas kalian. Hal ini menerangkan bahwa, sekolah kita sedang berada dalam bahaya. Oleh lantaran itu, saya menghimbau kepada seluruh penghuni sekolah ini untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sekolah ini.


Advertisement

Hadirin yang berbahagia,

Tahukah kalian apa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan? Lingkungan merupakan daerah dimana kita tinggal dan bayangkan kalau lingkungan daerah kita tinggal tersebut penuh dengan sampah, tentunya kita tidak akan nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Oleh lantaran itu, menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan lantaran sanggup membuat kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat. Menjaga kebersihan sanggup bermanfaat bagi kita semua diantaranya adalah:

Yang pertama yaitu terhindar dari aneka macam macam penyakit.

Lingkungan yang kotor merupakan sarang bagi penyakit untuk berkembang biak. Dan kalau kita membersihkan lingkungan kita, bibit-bibit penyakit ibarat kuman, nyamuk, bakteri, dan lain-lain akan mati sehingga kita terhindar dari aneka macam macam penyakit.
yang kedua yaitu lingkungan menjadi sejuk.

Dengan sejuknya lingkungan, niscaya kita semua akan merasa nyaman sehingga akan membuat penghuninya betah. Jika lingkungan kita sejuk, pastilah sekolah kita menjadi daerah yang nyaman untuk belajar.

Dan yang terakhir yaitu membuat kita damai dalam menjalankan acara sehari-hari.

Lingkungan yang higienis mempunyai berfungsi sebagai daerah rileksasi sehingga menghindari kita dari rasa jenuh atau stress akhir acara sehari-hari.

Hadirin yang berbahagia,

Apa yang telah saya sebutkan diatas yaitu sebagian manfaat dari menjaga lingkungan atau kebersihan sekolah kita. Lalu bagaimankah cara untuk mewujudkan itu semua? ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk membuat lingkungan yang higienis di sekolah kita diantaranya adalah:

Melakukan kerja bakti

Kerja bakti akan memudahkan kita mendapat lingkungan yang bersih. Ada banyak hal yang sanggup kita bersihkan di sekolah ini ibarat menyingkirkan sampah yang berserakan, membersihkan toilet dan melancarkan ajaran selokan.

Mengoptimalkan kembali jadwal piket

Piket kelas yaitu cara yang ampuh untuk menjaga kebersihan di sekolah. Bila perlu kita harus mengadakan eksekusi bagi setiap siswa yang tidak melaksanakan piket. Dengan piket kelas, sekolah kita khususnya ruang kelas akan menjadi higienis setiap harinya.
mengadakan jumat higienis setiap minggu

Piket saja tidak cukup untuk menjaga kebersihan sekolah. Kita perlu mengadakan kerja bakti setiap hari jumat sehingga sekolah kita akan selalu higienis dan nyaman sepanjang waktu.

Hadirin yang saya berbahagia,

Sekali lagi saya mengingatkan bahwa sekolah kita harus dibersihkan biar menjadi daerah yang nyaman untuk berguru dan mencegah wabah demam berdarah terus berlanjut. Oleh lantaran itu, marilah kita membersihkan lingkungan sekolah kita dengan cara-cara yang telah saya sebutkan di atas.

Demikianlah pidato singkat yang sanggup saya sampaikan. Terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri wassaalmuaiakum wr. Wb.

Sumber http://www.kelasindonesia.com