Ok Brow Guru, Assalmualaikum dan salam sejahtera untuk kita semua
yuk untuk mewujudkan pembelajaran kala 21 dan HOTS, tentunya kita sebagai guru harus mempunyai keterampilan. Yaps ketrampilan yang diharapkan di kala 21 diantaranya yaitu ketrampilan proses yang baik dalam pembelajaran.
Apa sih ketrampilan Proses itu?
Keterampian proses sanggup diartikan sebagai keterampilan guru dalam menyajikan pembelajaran yang bisa menawarkan pengalaman mencar ilmu yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran berpusat kepada siswa (student center), dan merangsang siswa untuk menuntaskan masalah. Peran guru dalam PBM bukan hanya sebagai sumber belajar, tapi juga sebagai fasilitator.
yuk untuk mewujudkan pembelajaran kala 21 dan HOTS, tentunya kita sebagai guru harus mempunyai keterampilan. Yaps ketrampilan yang diharapkan di kala 21 diantaranya yaitu ketrampilan proses yang baik dalam pembelajaran.
Apa sih ketrampilan Proses itu?
Keterampian proses sanggup diartikan sebagai keterampilan guru dalam menyajikan pembelajaran yang bisa menawarkan pengalaman mencar ilmu yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran berpusat kepada siswa (student center), dan merangsang siswa untuk menuntaskan masalah. Peran guru dalam PBM bukan hanya sebagai sumber belajar, tapi juga sebagai fasilitator.
Nih saya kasih tahu pendapat para ahgli wacana ketrampilan proses seorang guru ya?
- Menurut Azhar, keterampilan proses merupakan kemampuan siswa untuk mengelola (memperoleh) yang didapat dalam aktivitas mencar ilmu mengajar (KBM) yang menawarkan kesempatan seluas-luasnya pada siswa untuk mengamati, menggolongkan, menafsirkan, meramalkan, menerapkan, merencanakan penelitian, mengkomunikasikan hasil perolehan tersebut.
- Menurut Conny Semiawan, pendekatan keterampilan proses yaitu pengembangan sistem mencar ilmu yang mengefektifkan siswa (CBSA) dengan cara membuatkan keterampilan memproses perolehan pengetahuan sehingga penerima didik akan menemukan, membuatkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan sikap dan nilai yang dituntut dalam tujuan pembelajaran khusus.
- Menurut Mulyasa, (2006:70-92) ada 8 (delapan) keterampilan yang harus dimiliki oleh guru untuk membuat pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, antara lain (1) keterampilan bertanya, (2) menawarkan penguatan, (3mengadakan variasi, (4) menjelaskan, (5) membuka dan menutup pelajaran, (6) membimbing diskusi kelompok kecil, (7) mengelola kelas, dan (8) mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Kemudian ketrampilan guru selanjutnya yaitu Keterampilan bertanya, antara lain keterampilan guru dalam memberikan pertanyaan kepada siswa. Tujuannya untuk melakuan menguji pengetahuan dan pemahaman terhadap bahan tertentu, melaksanakan pendalaman, penelusuran, mengklarifikasi, menguji kemampuan berpikir kritis siswa, serta kemampuan untuk menuntaskan masalah. Pertanyaan bisa disampaikan baik secara mulut ataupun tertulis.
Bagaimana sih cara bertanya yang baik kepada anak didik. ok untuk acuannya dan etikanya antara lain, pertanyaan yang disampaikan harus singkat, padat, dan jelas, redaksinya sanggup dipahami oleh siswa, dan bisa menarik perhatian siswa. Pertanyaan harus menyebar, semua siswa diberi hak yang sama untuk mendapatkan dan menjawab pertanyaan guru, jangan diberikan kepada siswa-siswa tertentu saja. Pertanyaan harus bersifat terbuka, jangan pribadi ditujukan kepada siswa tertentu, pastikan bahwa siswa siap menjawabnya, sebab kalau diberikan kepada siswa yang tidak atau belum siap, berpotensi akan mempermalukan siswa di hadapan teman-temannya. Pertanyaan juga bukan diberikan untuk menawarkan hukuman kepada siswa yang kurang memperhatikan bahan yang disampaikan oleh guru.
Ok brow guru ketrampilan selanjutnya ketrampilan guru dalam melaksanan proses mencar ilmu mengajar itu senfiri misalnua ketrampilan untuk menawarkan penguatan merupakan respon guru terhadap suatu sikap yang sanggup meningkatkan kemungkinan terulangnya kembali sikap tersebut. Keterampilan melaksanakan variasi bertujuan biar pembelajaran berjalan menyenangkan dan para siswa tetap memperhatikan penjelasan dari guru, dan biar tujuan pembelajaran. Kemampuan menjelaskan yaitu kemampuan guru dalam mendeskripsikan secara mulut wacana sebuah benda, keadaan, fakta, dan data sesuai dengan waktu dan hukum-hukum yang berlaku. dan Kemampuan membuka dan menutup pembelajaran akan terlihat mulai dari gaya dan sikap guru saat mengajar. Kemampuan ini akan besar lengan berkuasa terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
Ok Brow. Itu tadi yaitu Ketrampilan yang harus dimiliki Guru dalam Abad 21 ini ya. Yuks kita berlomba untuk menawarkan pembelajaran yang baik kepada anak dengan berbasis teknologi. semoga pendidikan kita semakin baik. anak didik kita juga semakin baik dengan diiringi perkembangan teknologi yang sangat begitu cepat.
Wallahu A'lam Bishawab Baca: Langkah-Langkah Pembelajaran Guru Abad 21
Terimakasih
Wassalamualikum wr.wb
Sumber http://dapodikterkini.blogspot.com