Saturday, May 5, 2018

√ Penggunaan Able Dalam Bahasa Inggris – Rumus – Teladan Kalimat

Teman-teman, menyerupai halnya dalam Bahasa Indonesia, dalam Bahasa Inggris pun terdapat berbagai sinonim atau persamaan kata. Kali ini kita akan berguru salah satu dari persamaan kata dalam Bahasa Inggris tersebut. Kali ini kita akan berguru mengenai penggunaan able dalam Bahasa Inggris.


Sebelum kita membahasa lebih dalam mengenai penggunaan able dalam Bahasa Inggris, ada baiknya kita mengerti apa yang disebut dengan ‘able’ itu? Mengetahui apa dan kegunaan kata able ini penting lho teman-teman untuk menambah pengetahuan kita terhadap vocabulary Bahasa Inggris kita sehingga kita makin hebat bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris layaknya anak Jaksel.


Jadi, sebelum membahas ihwal penggunaan able dalam Bahasa Inggris, terlebih dahulu kita akan mengupas ihwal apa arti dari kata ‘able’ itu sendiri. Pada dasarnya, ‘able’ mempunyai arti yang sama dengan kata ‘can’ dan ‘could’. ‘Can’ mempunyai arti bisa, atau mampu, atau dapat. Seperti yang kita tahu, ‘could’ merupakan bentuk past tense dari ‘can’ yang mana mempunyai arti yang sama yaitu bisa, atau mampu, atau dapat. Lalu, apa perbedaan dari ‘able’ dengan ‘can’ dan ‘could’?


Nah, pebedaannya ialah terletak pada penekanannya teman-teman. ‘Able’ dipakai untuk kalimat yang menyatakan kemampuan atau kebisaan yang khusus dan spesial. ‘Able’ pun dipakai untuk menyatakan kebisaan atau kemampuan yang lebih banyak didominasi kebanyakan orang tidak bisa melakukannya. Contohnya, tidak semua orang bisa memakan sepuluh mangkuk mie.


Untuk menambah pemfokusan bahwa tidak semua orang bisa memakan sepuluh mangkuk mie serta memakan sepuluh mangkuk mie ialah suatu kemampuan yang istimewa atau spesial, maka jangan gunakan kata ‘can’, tapi ‘able. Jika diterapkan dalam kalimat adalah:



  • Shinta can eat 10 bowls of noodles (Shinta bisa memakan 10 mangkuk mie)

  • Shinta is able to eat 10 bowls of noodles (Shinta bisa memakan 10 mangkuk mie)


Walaupun keduanya secara umum mempunyai arti yang sama, namun kalau dikupas lebih dalam lagi, kedua kalimat itu mempunyai pemaknaan yang berbeda. Kalimat yang memakai kata ‘able’ menunjukkan bahwa kemampuan memakan 10 mangkuk mie ialah kemampuan yang istimewa sehingga dibutuhkan lawan bicara akan terkagum-kagum dengan kemampuan tersebut.


Setelah mengerti ihwal arti kata’able’, kini kita akan masuk mengenai pembahasan penggunaan able dalam Bahasa Inggris. Kata ‘able’ kalau dipakai dalam kalimat harus diiringi dengan be dan to.


Rumus secara umum penggunaan able dalam Bahasa Inggris ialah sebagai berikut:


Be + able + to + Verb1


Be yang dimaksud dalam rumus di atas ialah to be. Teman-teman niscaya tahu apa itu to be bukan? Untuk present tense, to be terdiri dari tiga, yaitu ‘am’, ‘are’, dan ‘is’. Sedangkan untuk past tense, to be terdiri dari dua yaitu ‘was’ dan ‘were’.








Penggunaan able dalam Bahasa Inggris sanggup diterapkan kepada dua bentuk kalimat, yaitu present tense dan past tense. Perbedaan dari penerapannya ialah terletak pada to be-nya. Jika present tense, maka to be yang dipakai ialah ‘am’, ‘are’, dan ‘is’, sedangkan past tense, to be yang dipakai ialah ‘was’ dan ‘were’. Berikut ini pola singkatnya.


Simple Present Tense



  • I am able to write a poem (Aku bisa menulis puisi)

  • Dina is able to speak English fluently (Dina bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar)

  • We are able to finish this task together (Kita bisa menyelesaikan kiprah ini bersama)


Simple Past Tense



  • I was able to write a poem (Aku bisa menulis puisi)

  • Dina was able to speak English fluently (Dina bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar)

  • We were able to finish this task together (Kita bisa menyelesaikan kiprah ini bersama)


Untuk pola lebih lengkapnya, teman-teman bisa membaca Contoh Kalimat Bahasa Inggris “Be Able To”


Nah, begitulah klarifikasi ihwal penggunaan able dalam Bahasa  Inggris. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman ya..



Sumber https://azbahasainggris.com