Tuesday, May 8, 2018

√ Ciri-Ciri Paragraf Deduktif Dan 4 Teladan Lengkap

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif dan 4 Contoh Lengkap - Paragraf deduktif yaitu paragraf yang gagasan utama atau topik utamanya terletak pada kalimat utama pada awal kalimat di dalam sebuah paragraf.

Paragraf ini dikembangkan dengan teladan umum khusus yaitu dengan memaparkan hal – hal umum terlebih dahulu yang merupakan gagasan utama dan kemudian dikembangkan dengan hal – hal khusus pada kalimat penjelas.

 

Ciri – Ciri Paragraf Deduktif


Berikut ini yaitu ciri – ciri paragraf deduktif!

1. Gagasan utama pada paragaf deduktif terletak pada kalimat utama yang berada di awal paragraf.
2. Paragraf ini mempunyai teladan pengembangan umum khusus.

Contoh:

Pak Rozak menjual barang – barang elektronik. (Umum)
Di tokonya tersedia lemari es dua pintu. (Khusus)
Dia juga menjual TV 21 Inchi. (Khusus)
Tak hanya itu, di sana juga tersedia mesin cuci. (Khusus)
Mesin basuh yang dijual tersedia dengan banyak sekali tipe. (Khusus)

Paragraf di atas diawali dengan menyajikan suatu hal yang umum yaitu, barang – barang elektronik. Kemudian gagasan tersebut dikembangkan dengan menyajikan hal – hal khusus menyerupai lemari es, TV, mesin cuci.

Penalaran deduktif biasanya dipakai dalam beberapa jenis teladan paragraf berikut ini:

1. Silogisme
2. Entimem

 

Contoh – Contoh Paragraf Deduktif


Contoh 1

Kemacetan di kota besar disebabkan oleh beberapa hal. Faktor pertama yaitu menjamurnya kendaraan – kendaraan bermotor di jalan raya. Hal ini dikarenakan mudahnya jalan masuk untu mendapat kendaraan bermotor. Hanya dengan uang sebesar 1 juta saja ketika ini telah sanggup mendapat sebuah sepeda motor dengan sistem kredit. Faktor selanjutnya yaitu tidak seimbangannya jumlah motor dengan pembangunan jalan yang ada. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor ini tidak diikuti dengan ekspansi jalan raya. Akibatnya, jalan semakin menyempit lantaran kendaraan yang membeludak. Faktor yang terakhir yaitu banyaknya lahan yang dialih fungsikan menyerupai trotoar yang dipakai sebagai pasar kaget, merebaknya pedagang kaki lima, dan lain – lain.

Contoh 2

Negeri Indonesia yaitu Negara kepulauan. Negeri ini disebut demikian lantaran mempunyai ribuan pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke. Hampir semua pulau – pulau tersebut telah mendapat nama dan berpenghuni. Namun, ada juga pulau yang belum mempunyai nama dan tidak berpenghuni. Ribuan pulau tersebut terdiri dari pulau – pulau kecil dan pulau besar. Indonesia mempunyai 5 pulau besar diantaranya yaitu pulau sumatera, pulau jawa, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, dan pulau irian jaya. Sedangkan untuk pulau kecil Indonesia kira – kira mempunyai ribuan pulau.
Advertisement

Contoh 3

Membuat mie goreng instan sangatlah simpel dan gampang. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memanaskan air. Air dipanaskan di dalam panci kira – kira lima belas menit sampai mendidih. Setelah mendidih, celupkan mie instan ke dalam air mendidih, kemudian aduk sampai mie menjadi lunak. Kemudian angkat mie dari panci kemudian tiriskan airnya sampai kering. Selagi menunggu mie menjadi agak hangat, siapakan bumbu – bumbu yang ada kemudian tuangkan ke dalam piring. Langkah selanjutnya yaitu tuangkan mie ke dalam piring yang telah dibumbui kemudian aduk sampai rata. Setelah semua bumbu tercampur, berikan embel-embel sesuai selera Anda contohnya bakso, sosis, daging ayam, dan lain – lain.

Contoh 4

Hari ini merupakan hari yang paling istimewa bagiku. Banyak sekali kebahagiaan yang saya dapatkan. Dimualai dari ayahku yang datang – datang mengetuk pintu kamarku dengan membawa hadiah pagi ini. Hadiah itu merupakan benda yang sangat saya inginkan dalam beberapa ahad terakhir ini. Kebahagiaan ku terus berlanjut sampai di sekolah. Hari ini hasil ujian matematika ku keluar dan saya mendapat nilai 9. Sungguh saya tak menyangka saya sanggup mendapat nilai sebesar itu, tetapi bagaimanapun juga saya harus bersyukur. Setelah pulang dari sekolah, saya mendapat kejutan dari sahabat – temanku. Mereka membawakan ku camilan anggun ulang tahun dan kado yang sangat banyak. Lalu pada malam harinya saya dan keluargaku merayakan ulang tahunku dengan mengadakan program makan malam di luar.

Contoh 5

Tekhnologi komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Pada awalnya insan mengirimkan kabar kepada koleganya yang jauh dengan memakai merpati. Setelah beberapa dekade, insan mulai menemukan cara gres yaitu dengan memakai surat. Penggunaan surat ini bertahan cukup lama, tetapi sesudah ditemukannya tekhnologi komputer dan satelit barulah tekhnologi komunikasi tercipta yaitu handphone. Penemuan ini memudahkan insan dalam hal berkomunikasi. Mereka sekarang sanggup mengirimkan kabar kepada koleganya kapanpun dan dimanapun.

Sumber http://www.kelasindonesia.com