Friday, March 9, 2018

√ Iman Kepada Allah: Pengertian, Teladan Sikap Beriman, Pesan Yang Tersirat Beriman Kepada Allah

 yang pertama dan memang sudah seharusnya  √ IMAN KEPADA ALLAH: Pengertian, Contoh Perilaku Beriman, Hikmah Beriman Kepada Allah

Iman kepada Allah SWT - merupakan rukun iman yang pertama dan memang sudah seharusnya 6 rukun keyakinan wajib kita ketahui serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

InsyaAllah akan ada pembahasan mengenai 6 rukun iman secara lengkap di faktakah.com

Baca:



Kita harus yakin bahwa Allah ialah pemilik segala sesuatu, hanya Allah satu-satunya pencipta, hanya Allah lah yang berhak kita sembah, tidak ada sekutu bagi Allah. Untuk itu penting kalau kita harus tahu perihal pengertian, hikmah, dan rujukan sikap beriman kepada Allah.

Nah apa pengertian keyakinan kepada allah swt dan sifat-sifatnya? jadi sebutkan keyakinan kepada Allah:

Pengertian Iman Kepada Allah

Pengertian iman. Definisi Iman secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan). Secara istilah berarti “Keyakinan dalam hati, perkataan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan melaksanakan ketaatan kepada Allah dan maksiat berkurang”.

Hal tersebut berdasarkan para ulama salaf ialah unsur keimanan. Iman sanggup berkurang dan bertambah, sebagaimana amal juga berkurang dan bertambah.

Lima huruf iman:

  1. Keyakinan hati
  2. Perkataan lisan
  3. Amal perbuatan
  4. Bisa bertambah dan,
  5. Bisa berkurang
Dalil keyakinan kepada allah:

“Agar bertambah keimanan mereka di atas keimanan mereka yang sudah ada.” – QS. Al Fath [48] : 4

Iman kepada Allah meliputi 4 perkara, yaitu:

  1. Iman perihal keberadaan (wujud) Allah.
  2. Iman perihal keesaan Allah dalam rubuiyah
  3. Iman perihal keesaan Allah dalam uluhiyah
  4. Iman terhadap asma’(nama) dan sifat-Nya


Barangsiapa yang tidak beriman kepada salah satu dari 4 masalah diatas maka beliau bukan seorang mukmin.

Contoh keyakinan kepada Allah

Contoh sikap bentuk keimanan kepada Allah SWT sebenarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita sadar atau tidak. Berikut rujukan cara beriman kepada allah
:




  1. Menjaga dan Melaksanakan Sholat
  2. Memberi kepada orang lain sebagian rejeki yang diperoleh
  3. Bersedekah di kala lapang maupun sempit
  4. Tidak gampang marah
  5. Mudah memaafkan kesalahan orang lain
  6. Berhenti melaksanakan perbuatan keji dan bertaubat
  7. Mempercayai 6 rukun iman, beriman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, Hari Kiamat, Qodo dan Qodar.

Sifat Sifat Allah

Dengan mengetahui sifat-sifat wajib dan sifat tidak mungkin bagi Allah SWT., insyaAllah sanggup menambah tingkat keyakinan kita terhadap sifat tepat Allah yang tak terhingga.

Kita wajib mempercayai sifat kesempurnaan Allah, juga harus percaya terhadap sifat yang tidak mungkin bagi Allah SWT. Kamu sanggup melihat sifat-sifat wajib dan tidak mungkin bagi Allah secara lengkap di wikipedia.

Hikmah Beriman Kepada Allah

Berikut hikmah beriman kepada Allah (makna keyakinan kepada Allah):

1. Hati Menjadi Tenang

Salah satu pesan yang tersirat beriman kepada Allah ialah damai nya hati, hati menjadi tidak gampang goyah oleh usul nafsu jahat atau orang yang menyesatkan.
Dalil keyakinan kepada allah: (Lihat Surah Ar Ra’d ayat 28)

2. Mendapat Bimbingan dari Allah SWT

Orang yang beriman kepada Allah SWT akan mendapat bimbingan dari-Nya, sehingga insyaAllah apa yang dilakukan oleh orang beriman tersebut ialah banyak sekali macam perbuatan terpuji dan baik.

3. Mempunyai Rasa Kasih Sayang Yang Tinggi

Hikmah beriman kepada Allah sanggup membuat diri mengingat orang lain, menyerupai anak yatim, fakir miskin, dan menghargai sesama muslim dan orang lain. Alhasil sikap, kasih sayang, jiwa sosial orang yang beriman kepada Allah sangat tinggi.

Dikarenakan orang beriman akan memiliki jiwa rendah hati, sering melaksanakan amal saleh, mencintai semua makhluk ciptaan Allah SWT, alasannya ialah tidak ada satupun ciptaan-Nya yang sia-sia.

4. Diampuni Dosanya dan Mendapat Pahala Besar

Orang-orang dijamin akan diampuni dosanya dan memperoleh pahala yang besar alasannya ialah ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah dan larangan Allah SWT dikala berada di dunia. (Lihat Surah Al Maidah Ayat 9)

5. Diberi Kemudahan Hidup

Orang beriman diberi fasilitas dalam mencapai tujuan hidup, terutama bagi orang yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan Hadist.

6. Tidak Akan Musyrik

Dengan mengetahui kebesaran dan keagungan Allah SWT, tidak mungkin seorang yang beriman akan berkembang menjadi musyrik. Kecuali Allah berkehendak.

7. Rasa Syukur Bertambah

Allah SWT yang membuat segalanya, memberi nikmat yang sangat besar kepada kita. Sudah sangat sepantasnya kalau kita terus dan semakin bersyukur atas segala karunia yang telah Allah berikan.

8. Ketaatan Kepada Allah Bertambah

Perintah dan larangan Allah SWT akan gampang dibedakan oleh seorang mukmin, dan apabila insan patuh maka jadinya hati akan selalu ingat kepada Allah.

9. Mendapat Kebahagiaan Sesungguhnya

Beriman dengan sungguh-sungguh kepada Sang Pencipta Segalanya membuat hati insan yang beriman kepada Allah tenteram dan membuat insan mencicipi kebahagiaan yang sesungguhnya. Berada lurus di jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Baca: Akibatnya Jika Kamu Meremehkan Ucapan Insya Allah


Nah itulah artikel rukun keyakinan kepada allah, supaya dengan adanya artikel beriman kepada Allah ini sanggup membuat keimanan kau bertambah. Jika ingin makalah keyakinan kepada allah, silahkan berkomentar.

Sumber http://www.faktakah.com