Saturday, February 24, 2018

√ Teladan Percakapan Bahasa Inggris Lewat Telepon Di Kantor

Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari wacana Percakapan dalam Bahasa Inggris khususnya dalam percakapan melalui telepon di kantor. Percakapan ini banyak ditemui orang-orang dengan profesi sebagai sekretaris, customer service, resepsionis, dan lain sebagainya.


Penguasaan Bahasa Inggris sendiri merupakan hal yang penting dan sebagai faktor penunjang seseorang dalam berkomunikasi dengan lawan bicaranya, terutama kalau lawan bicaranya ialah orang asing.  Karena itu sangat penting untuk memahami tentang cara berguru speaking Bahasa Inggris dan cara cepat berguru conversation Bahasa Inggris. Selain itu pola percakapan dalam telepon ini juga banyak muncul dalam soal-soal toefl pada sesi listening comprehension.


Untuk memudahkan dalam belajar, berikut ialah contoh-contoh percakapan dalam Bahasa Inggris lewat telepon di kantor:


Sambutan si Penerima Telepon, contohnya:



  1. Ucapkan salam pembuka, misalnya:


Hello! (Halo!)



  1. Sebutkan nomor telepon, misalnya:


Zero eight eight five nine … (08859…)



  1. Sebutkan nama diri dan ucapkan salam, seperti;


Billy. Good morning. (Billy, selamat pagi)



  1. Sebutkn nama perusahaan, ucapkan salam dan tawarkan bantuan, seperti:

  2. Mayora. Good morning. Can I help you? (PT. Mayora. Selamat pagi, ada yang dapat dibantu?


Salam si Penelpon, contohnya:



  1. Beri salam, dan sebutkan nama diri, misalnya:


Good Morning, I’m Cristine. (Selamat pagi, aku Cristine)



  1. Pastikan nomor telepon yang dihubungi benar. misalnya:


Is that Zero eight eight five nine …? (apakah ini nomor 08859…)



  1. Mintalah tolong untuk dapat bicara dengan orang yang ingin dituju, sepeti:


Could I speak to Mr. Johnson, please? (bisakah aku bicara dengan Pak Johnson?)


May I speak to Mr. Johnson? I’m returning his call. (bisakah aku bicara dengan Pak Johnson? Tadi beliau menelpon dan aku diminta untuk menelpon kembali).


Menanyakan siapa si Penelpon, contohnya:



  1. Who is calling, please? (siapa ini yang menelpon?)

  2. Who is speaking, please? (siapa ini yang berbicara?)

  3. Could I have your name? (bolehkah aku tahu nama Anda?)

  4. What’s your name please? (Maaf, ini dengan siapa?)

  5. Secara informal, apabila sudah yakin pribadi menyebut nama akseptor telepon, misalnya: Is that Mr. Cole (apakah ini Pak. Cole)


Menanyakan atau Memastikan Nomor Si Penelpon, contohnya:



  1. What’s your number, please? (berapa nomor telepon Anda?)

  2. What’s your office number, please? (berapa nomor telepon kantor Anda?)

  3. What’s your home number, please? (berapa nomor telepon rumah Anda?)

  4. Could I have your telephone number, please? Boleh aku tahu nomor telepon Anda?)

  5. Could you give me your number, please? (bisakah Anda memberi aku nomor telepon Anda?)








Menanyakan Nomor Pesawat (Extension), contohnya:



  1. What’s your extension number, please? (berapa nomor pesawat Anda?)

  2. Could you give me your extension number, please? (apakah ANda dapat memberi aku nomor pesawat Anda?)

  3. Could I speak to Mr. Satria on extension 212, please? (Bisakah aku berbicara dengan Bapak Satria di pesawat 212?)


Meminta Orang yang Menelpon untuk Menunggu, contohnya:


Berikut ialah ungkapan untuk meminta penelepon menunggu,



  1. Just a moment, please (Mohon tunggu sebentar)

  2. Just a minute, please (Mohon tunggu sebentar)

  3. Can you hold on? (bisa ditunggu)

  4. Would you please wait a moment? (Bisa Anda tunggu sebentar?)


Nah, itu beliau contoh-contoh percakapan Bahasa Inggris melalui telepon di kantor. Jangan lupa untuk menambah bahan yang berkaitan dengan teori di atas menyerupai  contoh percakapan Bahasa Inggris dan contoh percakapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris. Silahkan di praktekkan ya.



Sumber https://azbahasainggris.com