Download Kisi-kisi Soal US SD/MI Tahun 2017. Dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah (US) SD (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), sebaiknya Anda mempelajari Kisi-Kisi Soal US SD/MI Tahun 2017. Anda sanggup Download Kisi-kisi soal US SD/MI tahun 2017 pada link d0wnl0ad di artikel ini. File kisi-kisi soal US SD/MI tersebut sengaja kami bagikan dalam rangka ikut menyebar luaskan info yang bermanfaat bagi pendidikan khususnya jenjang SD/MI. Dengan mempelajari Kisi-kisi ini, Anda sanggup memetakan pokok-pokok materi pelajaran yang akan keluar pada dikala Ujian Sekolah tahun pedoman 2016/2017 ini.
Kisi-kisi Soal US SD/MI 2016/2017. Silahkan Download Kisi-Kisi Soal US/M SD/MI pada link d0wnl0ad yang tersedia di artikel ini. Namun, sebelumnya Anda juga sanggup mengetahui proses penyusunan kisi-kisi soal US SD/MI 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyusun kisi-kisi soal menurut kurikulum yang berlaku, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Mengidentifikasi materi yang sama pada muatan/mata pelajaran yang diujikan sesuai Permendiknas nomor 22 tahun 2006 wacana Standar isi untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud no.21 tahun 2006 wacana standar isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan permendikbud no 24 Tahun 2016 wacana Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah:
- Menyusun kisi-kisi soal US/M untuk muatan/mata pelajaran yang diujikan dengan melibatkan pendidik dan hebat peniliaan pendidikan;
- Melakukan validasi kisi-kisi soal US/M dengan melibatkan pendidikan hebat evaluasi pendidikan dan
- menetapkan kisi-kisi soal US/M Tahun pelajaran 2016/2017
SD/MI, SDLB:
1. Bahasa Indonesia 50 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
2. Matematika 40 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
3. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 40 Soal dengan alokasi waktu 120 menit
Adapun kisi-kisi Soal US/M SD/MI Tahun 2016/2017 yakni sebagai berikut:
1. Kisi-Kisi Soal US Bahasa Indonesia SD/MI
Materi yang akan diujikan adalah: Membaca Nonsastra
- Menentukan kalimat utama paragraf wacana makhluk hidup atau lingkungan
- Menentukan wangsit pokok paragraf
- Menentukan selesai paragraf
- Menentukan pernyataan sesuai isi paragraf
- Menentukan kalimat tanya sesuai isi paragraf
- Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- Memprediksi tragedi berkaitan dengan isi bacaan
- Mengambil info dari isi teks sederhana untuk melengkapi tabel
- Memaknai kata/istilah dalam paragraf
- Menentukan antonim/sinonim dalam kalimat
- Menentukan topik teks percakapan
- Menentukan kalimat sesuai isi iklan
- Menentukan isi paragraf laporan
- Menanggapi isi paragraf instruksi
- Menentukan makna kata dalam paragraf instruksi
- Menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf instruksi
- Menentukan pernyataan sesuai dengan isi teks klarifikasi (teks prosedur)
- Menentukan isi pidato
- Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf
- Menentukan nomor telepon ke suatu tujuan menurut beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon beberapa kota pada ilustrasi
- Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
Membaca Sastra
- Menentukan pesan pantun
- Menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- Menentukan susila tokoh cerita
- Menentukan amanat cerita
- Mentukan latar cerita
- Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
- Menentukan tema cerita
- Menentukan maksud pernyataan pada bab dongeng tertentu
- Menentukan keteladanan tokoh dongeng
- Menentukan pesan pantun
- Menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng dengan kata tanya: bagaimana, mengapa
- Menentukan susila tokoh cerita
- Menentukan amanat cerita
- Mentukan latar cerita
- Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
- Menentukan tema cerita
- Menentukan maksud pernyataan pada bab dongeng tertentu
- Menentukan keteladanan tokoh dongeng
2. Kisi-kisi Soal US Matematika SD/MI Tahun pedoman 2016/2017
Materi :
Operasi Hitung Bilangan
- Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan
- bilangan cacah (minimal tiga angka).
- Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
- Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan lingkaran (positif dan negatif)
- Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan lingkaran (positif dan negatif)
- Menyelesaikan problem kebijaksanaan budi yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.
- Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi.
- Menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka.
- Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan FPB atau KPK.
- Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
- Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
- Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
- Menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar
- Menyederhanakan pecahan
- Mengurutkan aneka macam bentuk pecahan
- Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
- Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
- Menyelesaikan problem kebijaksanaan budi yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
- Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
- Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan aneka macam bentuk pecahan.
- Menyelesaikan problem wacana perbandingan senilai dengan tema tertentu.
- Menyelesaikan soal wacana skala yang berkaitan dengan tema tertentu.
3. Kisi-kisi Soal US IPA SD/MI
Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
- Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu.
- Menjelaskan fungsi bentuk luar badan binatang yang merupakan ciri khusus dari binatang tersebut.
- Menentukan dasar pengelompokan hewan.
- Menggolongkan binatang menurut jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
- Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama binatang dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
- Mengidentifikasi rantai kuliner pada ekosistem tertentu .
- Menentukan organisme yang sanggup menduduki bab pada rantai kuliner yang tidak lengkap.
- Menentukan tugas organisme tertentu dalam suatu rantai kuliner yang disajikan dalam gambar.
- Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai kuliner punah atau berkembang dengan pesat.
- Memberikan pola hubungan yang bersahabat antarmakhluk hidup (simbiosis).
- Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem menurut gambaran pola yang diberikan.
- Memberikan pola tumbuhan yang sanggup dikembangbiakkan menurut ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan.
- Memberikan dua pola binatang yang berkembang biak dengan cara tertentu.
- Menentukan pasangan yang sempurna antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya.
- Mengidentifikasi cara binatang tertentu mengikuti keadaan terhadap lingkungannya menurut ilustrasi.
- Mennjelaskan tujuan hewan/tumbuhan mengikuti keadaan dengan cara tertentu.
- Menunjukkan pasangan yang sempurna antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
- Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentuberdasarkan kasus di suatu daerah.
- Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah.
- Menjelaskan tanggapan dari acara insan yang sanggup mensugesti keseimbangan lingkungan menurut gambaran yang disajikan.
- Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjirberdasarkan kasus yang disajikan.
Link Download:
Kisi-Kisi SOAL US SD/MI 2017
Kisi-Kisi SOAL US SD/MI 2017
Sumber http://www.arsipguru.web.id