BAB 14
KEGIATAN POKOK EKONOMI
Produksi
Nilai guna barang
1. Nilai guna dasar (elementary utility)
Contohnya ialah padi, jagung
2. Nilai guna kawasan (place utility)
3. Nilai guna kepemilikian (own utility)
4. Nilai guna jasa (service utility)
5. Nilai guna waktu (time utility)
Bidang produksi
1. Eksploitasi secara langsung/ produksi ekstraktif
2. Kegiatan mengolah alam/ produksi agraris
3. Kegiatan mengolah barang jadi menjadi barang setengah jadi
4. Industri manufaktur
Faktor produksi
1. Sumber alam (tanah, air, iklim, barang tambang)
2. Tenaga kerja insan (kerja fisik maupun psikis)
Tenaga kerja dibagi menjadi :
- Terdidik/ skilled labour
- Terlatih/ trained labour
- Pekerja berangasan yang tidak terdidik/ unskilled labour
3. Modal (uang, peralatan, perlengkapan)
Modal tetap : dipakai lebih dari sekali dalam aktivitas produksi
Modal lancar : modal yang dipakai dalam sekali produksi
4. Pengusaha/ wirausahawan
Kemampuan wirausaha dibagi mejadi :
- Kemampuan manajerial : kemampuan untuk mengelola faktor-faktor produksi dengan berbekal ilmu dan pengalaman
- Kemampuan teknis : kemampuan untuk memakai teknik atau cara produksi yang sempurna dan mendukung terciptanya efiseinsi dan efektifitas usaha
- Kemampuan organisasi : kemampuan untuk mengorganisasikan seluruh aktivitas produksi baik internal maupun eksternal
Distribusi
Proses penyaluran barang dari produsen hingga ke tangan pemakai atau konsumen
Distributor : orang atau forum yang melaksanakan aktivitas distribusi
Dengan adanya distribusi makan nilai jual suatu barang akan semakin tinggi. Karena dengan adanya distribusi maka barang dari produsen sanggup hingga ke konsumen sehingga siap untuk memenuhi kebutuhan.
Distribusi langsung : penyaluran barang yang bersifat langsung. Misalnya : bakso, nasi goreng
Distribusi tidak langsung : penyaluran barang mealui pedagang atau age. Misalnya : baju, tas, sepatu
Lembaga-lembaga distribusi
- Perantara dagang (merchant middleman) : orang atau tubuh yang membeli barang dari produsen untuk lalu menjualnya lagi kepada konsumen
a. Pedagang besar/ grosir : pedagang yang melaksanakan jual beli dalam jumlah besar dengan membeli pribadi dari produsen lalu menjual kembali barang tersebut dalam jumlah besar pula ke pedagang eceran
b. Pedagang kecil/ eceran/ retailer : pedagang yang melaksanakan pembelian barang dagangan dalam jumlah besar kepada pedagang besar lalu menjual kembali kepada pedagang yang lebih kecil dalam bentuk eceran
- Perantara khusus : mediator yang membantu menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen alasannya ada alasan khusus
a. Agen/ dealer : seseorang atau forum yang melaksanakan perdagangan sebagai wakil dari produsen yang bertanggung jawab atas penjualan produk tetapi mereka tidak mempunyai hak untuk mempunyai barang yang diperdagangkan
b. Makelar : oragn atau organisasi yang bertindak sebagai mediator yang kegiatannya menjualkan atau membelikan atas nama orang lain. Upah yang diterima oleh seorang makelar disebut kurtasi
c. Komisioner : oragn atau tubuh yang bertindak sebagai mediator dalam perdagangan yang menjual atau membeli barang untuk orang lain tetapi atas nama sendiri. Komisioner menguasai atau mempunyai barangnya dan tidak hanya mempertemukan penjual dan pembeli. Upah yang diterimanya disebut komisi
- Eksportir/ importir : pelaku perdagangan yang melaksanakan aktivitas antar negara
a. Importir : individu atau organisai mediator perdagangan yang mendatangkan barang dari laur negri ke dalam negri
b. Eksportir : individu atau organisasi sebagai mediator yang melaksanakan aktivitas pengiriman barang ke negara lain yang membutuhkan
Konsumsi
Berbagai aktivitas menggunakan/ memanfaatkan/ mengamati barang/ jasa untuk memnuhi kebutuhan
Konsumen : orang yang melaksanakan aktivitas konsumsi
Faktor yang menghipnotis konsumsi
1. Perbedaan kekayaan
2. Selera
3. Perbedaan cauca dan iklim
4. Perbedaan pendidikan
Sumber http://lauraerawardani.blogspot.com