Friday, January 20, 2017

Perbedaan Antara Mp3 M4a Dan Flac Mana Yang Lebih Baik

Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik  – Musik ketika ini merupakan sebuah hiburan yang dinikmati oleh banyak orang. Berbagai jenis musik banyak didengarkan pada zaman sekarang. Sebut saja pop, rock, jazz, country, sampai K-Pop. Musik-musik tersebut didengarkan dari banyak sekali media ibarat smartphone, PC, sampai melalui speaker-speaker. Dengan banyaknya musik yang ada ketika ini tentunya perkembangan musik secara digital sudah sangat berkembang. Ada banyak sekali jenis format musik atau audio digital yang sanggup kita jumpai. Dari beberapa format tersebut diantaranya ada MP3,M4A dan FLAC yang paling popular. Tapi pernahkah kalian mengetahui apa saja perbedaan diantara ketiganya? Maka dari itu Duosia kali ini akan menunjukkan artikel wacana Perbedaan Antara MP3,M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik.



Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC, Mana yang Lebih Baik Musik ketika ini merupakan sebuah hiburan yang dinikmati oleh banyak orang Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik


Saya asumsikan kalian yang membaca artikel ini yaitu orang yang suka dengan musik. Sebagai orang yang suka dengan musik atau audio niscaya bahagia menyimpan banyak sekali lagu di perangkatnya. Untuk menentukan format audio yang pas dengan kebutuhan kalian, wajib mengetahui perbedaan diantara MP3, M4a, dan FLAC. Langsung saja kita menuju artikel Perbedaan Antara MP3,M4A dan FLAC, Mana yang Lebih Baik.


1. MP3 (MPEG Layer 3) Musik ketika ini merupakan sebuah hiburan yang dinikmati oleh banyak orang Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik


Format audio file ini menjadi format paling terkenal dalam musik digital. Kepanjangan MP3 yaitu MPEG-1 Audio Layer 3. Format MP3 ini pertama kali dikembangkan oleh orang Jerman berjulukan Karlheinz Brandenburg, menggunakan pengodean Pulse Code Modulation (PCM). Prinsip yang dipergunakan oleh MP3 yaitu mengurangi jumlah bit yang untuk menghilangkan komponen-komponen bunyi yang tidak terdengar oleh insan . Format ini kemudian dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group (MPEG). Format file ini menggunakan Layer 3 kompresi audio yang umumnya dipakai untuk menyimpan file audio didalam harddrive. Bitrate MP3 berkisar antara 128, 160, 192, 256, dan 320 kbps. Semakin besar bitratenya tentu semakin manis kualitas audionya. Namun hal ini juga menciptakan ukuran file menjadi lebih besar.


2. M4A (MPEG 4 Audio) Musik ketika ini merupakan sebuah hiburan yang dinikmati oleh banyak orang Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik


M4A merupakan format audio dengan basis MPEG-4, sama dengan format MP4 tetapi MP4 berisi video.  M4A yaitu file MPEG dengan 4 lapis (Layer) yang berisi Audio. Format ini intinya yaitu untuk menyimpan file audio dan video yang sudah terkompres. M4A ini merupakan turunan dari AAC (Advanced Audio Coding).


File dengan format M4A dipopulerkan oleh perusahaan Apple.inc yang menggunakan format ini di semua lagu iTunes. Awalnya M4A ini dikenalkan untuk menggantikan format MP3 sebab ukurannya yang lebih kecil, apabila dibandingkan dengan bitrate yang sama. Selain itu format ini juga mempunyai kekayaan audio yang lebih luas atau loseless, dalam artian audionya sangat mendetail.


3. FLAC (Free Lossless Audio Codec) Musik ketika ini merupakan sebuah hiburan yang dinikmati oleh banyak orang Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik


FLAC merupakan format audio dengan kategori Lossless. Format ini sedikit ibarat dengan MP3, tetapi file dengan format FLAC ini dikompres tanpa mengurangi kualitasnya, atau sanggup dibilang hanya sedikit berkurang kualitasnya (lossless). Sebuah rekaman audio yang dikompres ke FLAC sanggup dikembalikan ke ukuran semula. Persentase kompresi dari format FLAC berkisar antara 53% dari ukuran aslinya. Kualitas audio dari FLAC sedikit berada diatas MP3.


Kesimpulan


Diantara ketiga file format audio diatas kita sanggup menarik kesimpulan mengenai mana yang lebih baik. Urutannya yaitu sebagai berikut :



  1. M4A

  2. FLAC

  3. MP3


Dari daftar teratas kenapa format audio terbaik yaitu M4A? Dari segi kualitas, M4A mempunyai kualitas yang sangat baik sehingga dipercaya oleh perusahaan sebesar Apple sebagai format lagu di iTunes. Dengan bitrate yang sama, antara ketiga format diatas M4A mempunyai ukuran file terkecil dengan kualitas audio yang tetap terjaga. Walaupun format MP3 merupakan format audio digital terpopuler ketika ini, tetapi format MP3 sudah dianggap tertinggal. Dan untuk FLAC, hasil kompresi memang sangat manis namun tetap mempunyai ukuran file yang cukup besar.


Sekian artikel dengan judul Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik. Maafkan apabila artikel tersebut kurang sempurna. Semoga artikel ini sanggup menunjukkan wawasan dan banyak manfaat yang berguna. Apabila ada koreksi dan saran sanggup menulis komentar pada kolom yang telah disediakan.


 


 


 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com